Sukses

12 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan dan Kesehatan, Kaya Air dan Serat

Bengkoang memiliki rasa manis yang kaya air dan serat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bengkoang sangat baik untuk kesehatan. Bengkoang merupakan jenis umbi yang sama dengan wortel dan lobak. Bengkoang memiliki rasa manis yang kaya air dan serat.

Manfaat bengkoang yang paling terkenal adalah penggunaannya untuk kecantikan. Bengkoang dikenal luas sebagai pencerah dan penyegar kulit. Produk bengkoang yang kerap ditemui adalah masker, lulur, toner, hingga sabun. Manfaat bengkoang untuk kecantikan bahkan sudah terkenal hingga turun temurun.

Selain untuk kecantikan, manfaat bengkoang juga ternyata baik untuk kesehatan. Manfaat bengkoang didapat berkat kandungan nutrisinya. Bengkoang mengandung vitamin B1, B2, B5, B6, C yang cukup banyak, serta seng, tembaga, kalsium, dan fosfor.

Manfaat bengkoang dapat dinikmati dengan mudah. Bengkoang bisa dikonsumsi secara langsung, dimasukkan ke dalam salad, atau dijus.

Berikut manfaat bengkoang untuk kecantikan dan kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(1/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat bengkoang untuk kecantikan

Cerahkan wajah

Bengkoang kaya akan vitamin C. Vitamin ini memiliki peran penting untuk mencerahkan wajah. Vitamin C dapat membantu memudarkan penggelapan kulit. Vitamin C juga berguna untuk menghaluskan permukaan kulit untuk mengurangi kulit kusam. Manfaat masker bengkoang bisa membuat kulit nampak cerah.

Cegah penuaan dini

Selain mencerahkan kulit, kandungan vitamin C dalam bengkoang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Selain itu, antioksidan meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap lembab dan elastis. Selanjutnya, vitamin C membantu mengurangi stres oksidatif penyebab penuaan.

3 dari 7 halaman

Manfaat bengkoang untuk kecantikan

Bantu sembuhkan jerawat dan bekasnya

Manfaat bengkoang banyak digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Efek mencerahkannya juga mampu membantu menyamarkan bekas jerawat. Vitamin C dalam bengkoang juga mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegah peradangan.

Lembutkan dan segarkan kulit

Bengkuang mengandung banyak air yang membantu menghidrasi kulit. Kandungan air ini membantu melembapkan kulit dan menjadikannya terasa lembut. Air dalam bengkoang juga membantu menyegarkan dan mendinginkan kulit.

4 dari 7 halaman

Manfaat bengkoang untuk kesehatan

Kaya antioksidan

Bengkoang kaya akan vitamin C, E, selenium dan beta-karoten yang merupakan antioksidan penting bagi tubuh. Serat dalam bengkoang juga memiliki efek perlindungan terhadap kanker usus besar. Antioksidan ini membantu melindungi terhadap kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit kronis termasuk kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan penurunan kognitif.

Sumber prebiotik

Bengkoang merupakan sumber prebiotik yang disebut inulin. Prebiotik sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Probiotik adalah bakteri dan ragi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Probiotik dapat membantu mengembalikan keseimbangan alami bakteri di usus.

5 dari 7 halaman

Manfaat bengkoang untuk kesehatan

Hidrasi tubuh

Bengkoang terdiri dari 85% air. Ini tentunya sangat baik untuk menghidrasi tubuh. Makan bengkoang bisa membantu menjaga hidrasi tubuh.

Dukung kesehatan jantung

Bengkoang memiliki banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Bengkoang mengandung sejumlah besar serat makanan larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, serta mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol.

Bengkoang juga mengandung kalium, yang membantu menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah. Selain itu, bengkoang dapat meningkatkan sirkulasi karena mengandung zat besi dan tembaga. Keduanya diperlukan untuk sel darah merah yang sehat.

6 dari 7 halaman

Manfaat bengkoang untuk kesehatan

Atasi sembelit

Bengkoang adalah sumber serat yang baik. 130 gram bengkoang mengandung 6,4 g serat makanan. Serat makanan dapat mencegah atau mengobati sembelit. Serat makanan membantu melancarkan tinja. Ini membantunya bergerak lebih lancar melalui saluran pencernaan. Bengkoang kaya akan air, yang dapat membantu meringankan sembelit. Makanan dengan kadar air tinggi seperti bengkoang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian.

Sehatkan pencernaan

Serat, air, dan prebiotik dari bengkoang sangat bermanfaat untuk pencernaan. Serat adalah bahan bakar yang digunakan sel-sel usus besar untuk menjaganya tetap sehat. Serat juga membantu menjaga saluran pencernaan tetap mengalir, dengan menjaga gerakan usus tetap lembut dan teratur.

7 dari 7 halaman

Manfaat bengkoang untuk kesehatan

Bantu penurunan berat badan

Manfaat bengkoang juga baik untuk penurunan berat badan. Serat dalam bengkoang dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil. Serat memperlambat pencernaan, yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Baik untuk penderita diabetes

Bengkoang memiliki indeks glikemik sangat rendah. Pasien yang menderita diabetes sering direkomendasikan untuk makan makanan yang memiliki kadar nilai indeks glikemik rendah. Kalium pada bengkoang sangat membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Memiliki sistem kekebalan yang baik sangat penting bagi penderita diabetes yang memiliki kekebalan rendah. Vitamin C pada bengkoang juga dapat mencegah sejumlah komplikasi yang biasanya dihadapi pasien diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.