Sukses

10 Manfaat Masker Tomat untuk Kulit dan Cara Membuatnya

Masker tomat sangat baik untuk kulit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker tomat sangat baik untuk kulit. Tomat merupakan makanan sehat yang mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya. Manfaat masker tomat didapat dari kandungan beta karoten, lutein, likopen, kalium, magnesium, vitamin A, B, dan C.

Manfaat masker tomat untuk kulit berkaitan dengan eksfoliasi, melawan kerusakan sel, melembapkan kulit, dan mengurangi risiko sengatan matahari. Manfaat masker tomat juga dapat dengan mudah dibuat.

Dari kulit kusam dan bintik hitam hingga jerawat, makanan super kaya nutrisi dari dapur ini bisa membantu menyelesaikan beragam masalah kulit. Manfaat masker tomat dapat mendukung kulit yang bersih dan bercahaya.

Kamu dapat menuai manfaat masker tomat ini dengan menyiapkan masker wajah sederhana. Berikut manfaat masker tomat untuk kulit dan cara membuatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (16/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat masker tomat

Kaya antioksidan

Tomat kaya akan asam fenolik dan flavonoid, karotenoid, seperti likopen, alfa, dan beta-karoten, asam askorbat, dan vitamin A, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Antioksidan ini dapat memerangi radikal bebas yang dilepaskan karena stres oksidatif dari matahari dan polusi.

Tomat juga mengandung likopen yang melindungi kulit dari kerusakan kulit akibat sinar matahari. Aktivitas antioksidan dan anti-kolagenase dapat membantu menunda penuaan dini.

Bantu eksfoliasi kulit

Eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah. Pektin dan flavonoid dalam tomat memiliki bahan pembersih dan antioksidan yang dapat melengkapi tekstur kulit. Tomat bisa dijadikan scrub rutin untuk mengangkat sel kulit mati.

3 dari 8 halaman

Manfaat masker tomat

Melawan kerusakan sel

Antioksidan dalam tomat seperti vitamin C dan likopen dapat membantu melawan radikal bebas. Ini semua membantu melawan kerusakan sel penyebab penuaan dini. Vitamin C juga dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan ikat baru, yang juga dapat membantu memperbaiki luka dan mempercepat proses penyembuhan.

Melembapkan kulit

Tomat mengandung kalium yang dapat membantu mengatasi kulit kering. Mengoleskan tomat langsung ke kulit membantu mengatasi masalah kulit kering. ulit kering yang tidak dirawat dapat menyebabkan gatal, pecah-pecah, dan pengelupasan. Tomat bisa menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan.

4 dari 8 halaman

Manfaat masker tomat

Lindungi kulit dari sinar matahari

Tomat mengandung likopen yang bisa meberi perlindungan dari sinar matahari. Saat dioleskan ke kulit, senyawa anti-inflamasi dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan iritasi kulit atau sengatan matahari.

Meskipun tomat dapat mengurangi risiko kerusakan akibat sinar matahari, selalu gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi dari sengatan matahari dan kanker kulit.

Cerahkan kulit

Mengoleskan tomat di wajah membuat kulit lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam, dan flek hitam. Ini berkat banyaknya antioksidan dan vitamin C yang memiliki efek pencerah.

5 dari 8 halaman

Manfaat masker tomat

Kecilkan pori-pori

Tomat membantu mengecilkan pori-pori terbuka dan komedo. Tomat bekerja sebagai astringent alami, sehingga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori dan komedo yang terbuka. Efek ini juga bisa membantu mengurangi munculnya jerawat.

Kurangi minyak berlebih

Asam yang ada dalam tomat juga membantu menyerap minyak berlebih. Tomat tidak hanya sangat baik untuk mengurangi sifat berminyak, tetapi juga membantu menjaga kulit lebih bersih dan kencang.

6 dari 8 halaman

Manfaat masker tomat

Tenangkan kulit yang teriritasi

Saat dioleskan ke kulit, senyawa anti-inflamasi pada tomat dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan iritasi kulit atau sengatan matahari.

Merangsang produksi kolagen

Tomat adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Selain meningkatkan sistem kekebalan, vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen. Jika dioleskan secara topikal, vitamin C dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit.

7 dari 8 halaman

Cara membuat masker tomat

Masker tomat sederhana

Cuci bersih tomat dan potong agar menjadi dua bagian. Oleskan irisan tomat tersebut secara merata pada wajah dan tunggu selamat sekitar 15 menit. Bilas dengan air bersih. Agar mendapatkan hasil maksimal, masker ini bisa kamu gunakan rutin setiap malam sebelum tidur.

Masker tomat halus

Haluskan hingga lembut kedua tomat setelah dicuci bersih. Oleskan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

Masker tomat dan madu

Masker wajah ini menjadikan kulit lembut dan kenyal. Madu adalah humektan alami yang membantu melembapkan kulit. Campur 1 sendok teh madu dan 2 sendok makan bubur tomat untuk membentuk pasta yang halus. Oleskan pasta ini ke wajah. Biarkan selama 15 menit atau sampai mengering. Bilas dengan air hangat.

8 dari 8 halaman

Cara membuat masker tomat

Masker tomat dan minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari stres oksidatif dan memperbaiki sel yang rusak. Campur 1 sendok teh minyak zaitun dan jus setengah buah tomat hingga merata. Oleskan campuran ini ke wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bersihkan.

Masker tomat dan lidah buaya

Lidah buaya mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang membantu melembapkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Campur 1 sendok teh jus tomat dan beberapa tetes gel lidah buaya. Oleskan campuran ini ke wajah. Biarkan mengering selama 10 menit sebelum dibilas.

Masker tomat dan pepaya

Pepaya kaya akan likopen dan vitamin A. Bahan-bahan ini membantu menunda penuaan dini karena aktivitas antioksidannya yang kuat. Campur masing-masing 2 sendok makan pepaya dan bubur tomat hingga membentuk pasta kental. Oleskan pasta ini ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit, cuci bersih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini