Sukses

Pengertian Modal adalah Harta untuk Menghasilkan Keuntungan, Begini Cara Mendapatkannya

Pengertian modal adalah harta benda yang bisa digunakan untuk menghasilkan sesuatu dan bisa menambah kekayaan.

Liputan6.com, Jakarta Memahami pengertian modal adalah sekumpulan harta untuk melakukan produksi dan mampu meningkatkan kekayaan dari keuntungan yang dihasilkan. Modal adalah berupa benda, uang, dan lain sebagainya. Sederhananya, pengertian modal adalah harta benda yang bisa digunakan untuk menghasilkan sesuatu dan bisa menambah kekayaan.

Ahli dalam bidang ini, Prof. Bakker menjelaskan pengertian modal adalah berupa barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang terdapat dalam neraca sebelah debet maupun berupa biaya daya beli/nilai tukar dari barang-barang itu yang tercatat disebelah kredit. Sementara Bambang Riyanto menegaskannya sebagai hasil produksi yang digunakan untuk memroduksi lebih lanjut.

Pengertian modal adalah kekayaan yang dimiliki untuk bisa menciptakan kekayaan baru. Para ahli merumuskan sumber modal adalah berasal dari internal dan eksternal. Ching F Lee dan Joseph E. Finnerty dalam bukunya “Corporate, Theory, Method, and Aplications” menjelaskan modal internal berasal dari penghasilan dan penyusutan beban. Sementara modal eksternal berasal dari luar perusahaan.

Tujuan dari keberadaan modal adalah memeroleh keuntungan yang nilainya lebih dari barang atau uang awal yang digunakan. Berikut Liputan6.com ulas tentang pengertian modal adalah harta kekayaan untuk menghasilkan keuntungan lebih dalam, Senin (22/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Modal Menurut Para Ahli

1. Pengertian Modal Menurut Munawir (2006: 19)

Pengertian modal adalah hak atau bagian. Pengertian modal adalah kekayaan perusahaan yang terdiri atas kekayaan yang disetor atau yang berasal dari luar perusahaan dan kekayaan itu hasil aktivitas usaha itu sendiri.

2. Pengertian Modal Menurut Naiggolan (2004: 3)

Pengertian modal adalah kelompok yang berisi dari pemilik terhadap perusahaan.

3. Pengertian Modal Menurut Prof. Bakker

Pengertian modal adalah, baik yang berupa barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang terdapat dalam neraca sebelahd debet maupun berupa biaya daya beli/nilai tukar dari barang-barang itu yang tercatat disebelah kredit.

4. Pengertian Modal Menurut Moekijat

Pengertian modal adalah seluruh hal yang dimiliki oleh pihak perusahaan yang meliputi uang tunai, kredit, hak dalam membuat, dan menjual sesuatu dalam bentuk paten, berbagai mesin, dan properti.

5. Pengertian Modal Menurut Atmaja (2008: 155)

Pengertian modal adalah dana yang digunakan untuk membaca pengadaan aktiva dan koperasi perusahaan.

6. Pengertian Modal Menurut Bambang Riyanto (1998: 10) 

Pengertian modal adalah hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya kemudian modal adalah ditekankan pada nilai, daya beli atau kekuasaan memakai atau menggunakan yang terkandung dalam barang-barang modal.

7. Pengertian Modal Menurut Prof. Polak

Pengertian modal adalah sebagai kekuasaan untuk menggunakan barang modal, sehingga modal terdapat dalam neraca kredit. Adapun barang yang dimaksud dengan barang modal adalah barang yang ada dalam perusahaan yang belum digunakan, jadi terdapat di neraca sebelah kredit.

8. Pengertian Modal Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian modal adalah adalah berupa uang, barang, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk berdagang, melepas uang, dan lain sebagainya.

9. Pengertian Modal Menurut Lawrence J. Gitman

Pengertian modal adalah bentuk pinjaman dalam jangka waktu tertentu yang dimiliki oleh perusahaan, atau semua hal yang ada di bagian kanan neraca perusahaan selain kewajiban saat ini.

10. Pengertian Modal Menurut Andrew Mayo

Pengertian modal adalah berbagai instrumen utang untuk memanfaatkan dana investor yang membeli sekuritas hutang. Ada dua jenis saham; saham preferen dan saham biasa.

11. Pengertian Modal Menurut Jacob Louis Meij

Pengertian modal adalah kolektivitas dari barang-barang modal, yaitu semua barang yang ada dalam rumah tangga perusahaan dalam fungsi produktif-nya untuk membentuk pendapatan yang terdapat dalam neraca sebelah debit, dan kekayaan, yaitu daya beli yang terdapat dalam barang-barang modal yang ada di neraca sebelah kredit.

 

3 dari 4 halaman

Sumber Modal

Modal Sendiri

Modal sendiri untuk menjalankan sebuah usaha berasal dari pemilik usaha. Modal ini tertanam di perusahaan untuk waktu yang tidak diketahui dapat bertahan berapa lama.

Sumber utama dari modal sendiri adalah internal. Modal ini biasanya dihasilkan dari produksi yang sudah pernah dilakukan atau kekayaan dari pemilik perusahaan yang menjalankan usaha.

Macam-macam modal sendiri adalah laba ditahan, cadangan, dan modal saham. Untuk bisa mengandalkan modal sendiri, biasanya sebuah perusahaan harus menahannya dari keuntungan atau lainnya dalam jangka waktu tidak sebentar.

Kelebihan dari modal milik sendiri adalah tidak ada biaya untuk bungan dan keperluan administrasi seperti pinjaman. Pemilik modal tidak perlu bergantung dengan pihak yang lain dan berhubungan dengan syarat rumit. Paling penting, pemilik modal tidak memiliki kewajiban mengembalikannya.

Akan tetapi, modal asing lebih fleksibel jumlahnya atau bisa lebih banyak dari modal sendiri. Usaha yang berasal dari modal asing biasanya lebih semangat dijalankan daripada modal yang berasal dari internal. Begitu juga modal sendiri lebih sulit diperoleh daripada modal asing.

Pinjaman atau Utang

Hal ini dijelaskan Bambang Riyanto (1998: 227), bahwa pinjaman adalah modal yang berasal dari luar perusahaan yang sifatnya sementara bekerja didalam perusahaan, dan bagi perusahaan yang bersangkutan modal tersebut merupakan utang yang pada saatnya harus dibayar kembali.

Pinjaman yang dapat digunakan sebagai modal adalah terdiri dari beberapa macam, berikut ini rinciannya:

1. Pinjaman jangka pendek, terdiri dari: rekening koran, kredit dari penjual, kredit dari pembeli, dan kredit wesel.

2. Pinjaman jangka menengah, terdiri dari: term loan dan leasing.

3. Pinjaman jangka panjang, terdiri dari: pinjaman obligasi dan pinjaman hipotek.

4 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Modal

1. Tabungan

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank yang pertama sebenarnya cara yang paling mudah untuk dilakukan. Selain itu, menggunakan cara ini juga memperkecil risiko yang akan ditanggung apabila usaha yang dijalankan mengalami masalah di depan nanti.

Memang untuk menggunakan cara ini dibutuhkan kesabaran yang cukup besar. Namun bukan tidak mungkin akan tercapai, terutama jika sudah bekerja dan mendapatkan pemasukan tambahan untuk mengumpulkan modal usaha.

2. Jual Aset Pribadi

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank yaitu dengan menjual aset pribadi yang dimiliki. Aset yang dimaksud bisa berupa motor, mobil, rumah, gadget yang tidak terpakai, barang elektronik, tabungan emas, dan lain sebagainya.

Tapi memang, cara ini perlu kerelaan hati dan keyakinan bahwa aset yang dijual tidak akan berakhir sia-sia tanpa usaha yang tidak menuai hasil maksimal. Setidaknya hal ini bisa memacu untuk selalu fokus dan konsisten dalam menjalankan usaha.

3. Gadaikan Aset Pribadi

Mungkin masih banyak dari Anda yang belum rela untuk melepas aset pribadi untuk dijual dan dijadikan modal usaha. Tak apa, mungkin Anda bisa mencoba cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank dengan menggadaikan aset pribadi.

4. Patungan Bersama

Jika berbagai cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank sebelumnya masih saja cukup berat untuk dilakukan, maka Anda bisa menggunakan sistem patungan bersama. Tapi jika ingin membuka usaha dengan cara patungan bersama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan berbagai masalah di depan nanti, yaitu:

- Usahakan patungan ini dijalankan maksimal dua orang. Hal ini untuk menghindari terlalu rumitnya proses komunikasi dan pembagian keuntungan.

- Usahakan partner usaha merupakan orang yang memiliki visi yang sama dan memang berkompeten serta professional dalam menjalankan usaha.

- Akan lebih aman apabila membuat perjanjian kerjasama di atas kertas agar tidak terjadi hal yang mungkin tidak diinginkan dan bisa saja terbawa hingga ke ranah hukum.

5. Investor

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank ini juga cukup efektif untuk dilakukan. Namun diperlukan konsep usaha yang jelas. Selain itu, keseriusan dalam membangun sebuah usaha juga menjadi penilaian investor. Semakin baik konsep serta detail dari usaha yang akan dibangung, maka bisa semakin besar pula nominal yang akan diberikan oleh investor.

6. Mengandalkan Hibah

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank ini sudah cukup banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, minat penduduk Indonesia untuk membuka usaha sendiri cukup tinggi.

Berbagai jenis dana hibah yang diberikan tersebut bisa digunakan bagi Anda yang sudah menjalankan usaha maupun yang baru akan menjalankan usaha, tentunya dalam skala usaha yang masih kecil.

7. Lomba Bisnis

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank bisa memanfaatkan berbagai kompetisi bisnis. Tapi, agar dapat mengikuti lomba bisnis tersebut, Anda wajib membuat sebuah proposal bisnis yang sangat detail dan proposal tersebut akan dipresentasikan.

Apabila Anda terpilih dan sukses menjuarai lomba tersebut, biasanya akan ada hadiah utama berupa modal usaha gratis, lalu ada pendampingan dari mentor handal hingga bisns Anda benar-benar terwujud.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.