Sukses

7 Tujuan Kewirausahaan dalam Kehidupan Sehari-hari, Ketahui Prinsip-Prinsipnya

Tujuan kewirausahaan yang paling utama adalah mampu menciptakan lapangan kerja dan banyak membuat inovasi.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan kewirausahaan cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan, kewirausahaan mampu membantu perekonomian warga sekitar menjadi lebih baik dengan terciptanya lapangan pekerjaan baru.

Tak hanya bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru, namun juga masih banyak tujuan kewirausahaan yang dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat baik suatu negara maupun individunya.

Kewirausahaan adalah di mulai dengan mengumpulkan modal dan tenaga kerja untuk menghasilkan barang atau jasa agar bisa mendapatkan keuntungan. Menghasilkan kekayaan ekonomi, pertumbuhan, dan inovasi.

Lantas, apa saja sih tujuan kewirausahaan? Berikut ini penjelasan mengenai tujuan kewirausahaan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (27/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Kewirausahaan adalah merupakan proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Namun ada pendapat lain dari para ahli mengenai pengertian kewirausahaan, diantaranya:

Robert D. Hisrich

Menurutnya kewirausahaan ialah proses yang dinamis untuk menciptakan tambahan kekayaan yang dibuat oleh individu yang berani untuk mengambil resiko utama. Tentu saja dengan berbagai syarat di antaranya, syarat kewajaran, waktu serta komitmen karier ataupun penyedia nilai untuk berbagai barang dan jasa produk. Jasa produk yang diberikan tak selalu baru ataupun unik, akan tetapi nilai dari barang tersebut yang akan memberikan berbagai peluang bagi pelaku usaha.

Drs. Joko Untoro

Menurut Joko Untoro, kewirausahaan ialah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya demi memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang atas dasar kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya atupun orang lain.

John J. Kao

Berkewirausahaan ialah usaha untuk menciptakan nilai melalui pengenalan kesempatan bisnis, manajemen pengambilan resiko yang tepat dan melalui keterampilan komunikasi untuk memobilisasi seseorang, uang dan bahan baku ataupun sumber daya lainnya yang diperlukan.

Ahmad Sanusi

Menurutnya kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dapat diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tujuan dan kiat serta proses yang dilakukan agar menghasilkan suatu bisnis atau usaha.

Dan secara umum kewirausahaan dapat diartikan proses kegiatan yang melibatkan segala kreativitas serta inovasi dan ide untuk memberikan sebuah manfaat dan juga memiliki nilai lebih serta mencapai tujuan kewirausahaan yang dituju.

J. Leach Ronald Melicher

Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai atau harga. Kesempatan yang diciptakan tentunya dengan usaha-usaha yang dilakukan oleh para pelaku usaha, agar mendapatkan nilai lebih.

3 dari 4 halaman

Tujuan Kewirausahaan

Ada beberapa tujuan kewirausahaan  bagi kehidupan sehari-hari, diantaranya:

1. Meningkatkan Jumlah Wirausahawan yang Berkualitas

Tujuan kewirausahaan yang pertama ialah mampu meningkatkan jumlah wirausahawan yang berkualitas. Hal ini dikarenakan saat seorang pebisnis membuka sebuah usaha maka ia akan membutuhkan banyak sumber daya manusia lain untuk membantunya. Dengan melakukan bimbingan yang tepat, maka sumber daya manusia tersebut tidak hanya bisa diberdayakan kemampuannya saja. Melainkan juga bisa dilatih agar menjadi calon wirausahawan yang lebih berkualitas berdasarkan pengalamannya. Dengan itu diharapkan nantinya akan semakin banyak wirausahawan yang juga akan membantu menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk membantu perekonomian masyarakat.

2. Mensejahterakan Masyarakat

Tujuan kewirausahaan yang selanjutnya adalah mensejahterakan masyarakat. Makin majunya suatu bisnis maka akan semakin membutuhkan sumber daya manusia yang semakin banyak. Dengan berkembangnya suatu usaha, berarti kian banyak lapangan pekerjaan yang akan dibuka untuk masyarakat. Dengan berkurangnya jumlah pengangguran yang ada di masyarakat, berarti suatu bisnis sudah berhasil dalam mewujudkan tujuan kewirausahaan, dalam memajukan dan ikut serta menyejahterakan masyarakatnya.

3. Menanamkan Semangat Wirausaha di dalam Masyarakat

Tujuan kewirausahaan yang selanjutnya adalah menanamkan semangat wirausaha di dalam masyarakat. Seorang wirausahawan biasanya identik memiliki semangat dan jiwa yang tangguh, kompetitif, kreatif, inovatif, dan pandai mencari peluang. Alangkah lebih baiknya jika semangat tersebut bisa ditularkan ke masyarakat sekitar. Semangat tangguh dan pantang menyerah tersebut sebaiknya mampu ditularkan ke orang lain terutama anak muda agar mampu membangun semangat kewirausahaan.

4. Menyebarkan Semangat Berinovasi

Tujuan kewirausahaan yang selanjutnya adalah menyebarkan semangat berinovasi. Seorang wirausahawan yang cerdas biasanya pandai menginovasikan sesuatu hal yang sedang tren di kalangan masyarakat menjadi suatu hal yang baru.

5. Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat akan Kewirausahaan

Tujuan kewirausahaan selanjutnya ialah menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kewirausahaan yang bisa membantu menciptakan lapangan pekerjaan baru.  Kebanyakan dari mereka tidak mau berwirausaha dikarenakan takut gagal atau merugi. Dengan itulah, adanya peran penting kewirausahaan, yang bisa ikut serta membantu dalam menyadarkan masyarakat Indonesia tentang manfaat wirausaha.

6. Mendukung Munculnya Usaha-usaha Kecil

Suatu kegiatan kewirausahaan yang muncul, pasti melibatkan banyak orang untuk mendukung berjalannya suatu usaha. Keterlibatan sumber daya manusia ini, boleh diakui secara langsung atau tidak, akan membentuk karakter-karakter baru sebagai pelaku usaha. Di masa pandemi ini, banyak sektor ekonomi berhenti, akibatnya banyak sumber daya manusia kehilangan sumber pendapatan. Saat ini, yang dibutuhkan adalah sebuah kegiatan kewirausahaan yang berpihak pada ekonomi kerakyatan. Jika kegiatan ekonomi kerakyatan ini didukung penuh, maka lapangan pekerjaan baru akan terbuka, dan perekonomian masyarakat juga terbantu.

7. Mensosialisasikan tentang Kewirausahaan kepada Masyarakat

Saat seseorang mulai menjalani wirausaha dan sukses, maka muncullah kesadaran masyarakat untuk ikut berwirausaha. Masyarakat akan tergerak untuk mencari tahu tips dan trik sukses berwiraswasta dan belajar menjadi pribadi yang tangguh dan ulet dalam membangun usaha.

4 dari 4 halaman

Prinsip-prinsip Kewirausahaan

Berikut ini beberapa prinsip-prinsip kewirausahaan yang penting untuk diketahui, diantaranya:

1. Percaya diri

Kepercayaan diri merupakan sikap dan keyakinan yang harusdimiliki seorang wirausaha dalam menghadapi tugas dan pekerjaan. Di dalam sikap percaya diri terkandung nilai-nilai keyakinan, optimisme, individualisme, dan ketidaktergantungan serta yakin akan kemampuannya untuk mencapai keberhasilan.

2. Berorientasi pada tugas dan hasil

Seorang wirausaha yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengedepankan nilai-nilai motif berprestasi, ketekunan, tekad, kerja keras, energik, dan mempunyai dorongan kuat dalam meraih tujuan atau sasaran bisnis. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, seorang wirausaha harus berinisiatif, disiplin diri, berpikir kritis, tanggap, dan semangat berprestasi.

3. Berani mengambil risiko

Keberanian dan kemampuan mengambil risiko merupakan nilai utama dalam kewirausahaan. Misalnya, seorang wirausaha yang takut mengambil risiko bisnis, akan menyebabkan wirausahawan tersebut akan megalami kesulitan dalam berinisiatif. Tentu pengambilan risiko ini dilaksanakan setelah melalui pemikiran, analisis, perhitungan serta pertimbangan yang matang.

4. Kepemimpinan

Seorang wirausaha yang sukses tidak terlepas dari sifatkepemimpinannya, kepeloporannya, keteladanannya dalam mengendalikan usaha bisnisnya. Selain hal tersebut, pemimpindalam menjalankan usahanya secara transparan dan jujur dengan tujuan tidak hanya mencari laba saja, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan para karyawannya.

5. Berorientasi ke masa depan

Seorang wirausaha haruslah berwawasan ke masa depan, mempunyai visi ke depan, dan mengetahui kemana kegiatan bisnisnya tersebut akan dibawa, apa yang ingin dicapai? Strategi-strategi apa saja yang harus ia lakukan agar kegiatan dan kelangsungan hidup usahanya dapat terus terjami? Jadi, dalam hal ini diharapkan perusahaan dapat berkembang dan tetap terjamin kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang.

6. Kreatif dan inovatif

Seorang wirausaha harus memiliki sikap kreatif, yaitu kemampuan menciptakan gagasan dan menemukan cara baru dalam melihat permasalahan dan peluang yang ada.

7. Sifat kemandirian

Yang dimaksud sifat kemandirian yang dimiliki seorang wirausaha menunjukkan bahwa ia selalu mengembalikan perbuatannya sebagai tanggung jawab pribadi. Keberhasilan dan kegagalan merupakan konsekuensi pribadi wirausaha. Dalam hal ini, seorang wirausaha bertindak dapat mengambil keputusan dan memiliki berbagai kegiatan dalam mencapai tujuan.

8. Memiliki tanggung jawab

Ide, perilaku, dan implementasi dari aktivitas yang dijalankna seorang wirausaha tidak terlepas dari tuntutan dan tanggung jawab. Oleh karena itu, komitmen sangat diperlukan dalam pekerjaan sehingga mampu melahirkan tanggung jawab.

9. Selau mencari peluang usaha

Seorang wirausaha biasanya mampu melakukan beberapa hal dalam satu waktu. Kemampuan inilah yang membuatnya ia bisa menangani berbagai persoalan yang dihadapi oleh perusahaan.

10. Memiliki kemampuan personal

Semua orang yang berkehidupan sebagai wirausaha harus terus mau belajar berbagai pengetahuan, misalnya melali membaca buku atau rajin menghadiri seminar, lokakarya, terutama di bidang bisnis. Dengan demikian wawasan dan kompetensi para wirausaha akan meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini