Sukses

14 Wisata Bandungan Populer di Semarang, dari Alam sampai Kuliner

Bandungan dikenal dengan kesejukan alam pegunungannya.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bandungan merupakan destinasi menarik di Kabupaten Semarang. Bandungan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang yang berada di kaki Gunung Ungaran. Wisata Bandungan Semarang dikenal dengan kesejukan alam pegunungannya.

Wisata Bandungan Semarang termasuk wisata populer bagi warga Semarang, Ungaran, Salatiga, dan Ambarawa. Di lokasi wisata Bandungan terdapat beragam destinasi yang menarik dikunjungi. Lokasi wisata Bandungan juga relatif mudah dijangkau.

Selain panorama alam, wisata Bandungan juga menyajikan kuliner khas dan wisata belanja yang tak boleh dilewatkan. Berikut wisata Bandungan Semarang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/07/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Bandungan Semarang

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia merupakan wisata Bandungan yang sangat populer. Taman Bunga Celosia berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo, tepatnya di Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Taman bunga celosia merupakan satu tempat wisata baru di Bandungan, Semarang. Tak hanya menawarkan hamparan bungan Celosia, tempat ini juga memiliki replika landmark terkenal dari berbagai negara.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi yang berada di desa Candi, kecamatan Bandungan. Candi ini berjarak 9 Km dari Kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran. Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke-8 (tahun 927 Masehi).

Berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, membuat destinasi ini terasa sejuk dan menyegarkan. Selain berwisata sejarah, Anda juga dapat menikmati fasilitas pemandian air panas, area perkemahan, dan wisata berkuda. Di sekitar lokasi juga terdapat penginapan dan hotel.

3 dari 7 halaman

Wisata Bandungan Semarang

Kebun Krisan Bandungan

Kebun Krisan Bandungan atau Kampung Krisan Gemah Ripah merupakan perkebunan bunga krisan beragam varietas. Setidaknya ada 20 varietas yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Gemah Ripah. Di sini ada 6,5 hektar kebun krisan yang khusus untuk kunjungan wisatawan. Di sini pengunjung bisa berfoto, belajar bercocok tanam, mengenal varietas krisan, hingga memetik bunga.

Wisata Alam Legok Madu Bandungan

Wisata Alam Legok Madu Bandungan berada di ngipik, Kaliwinong, Candi, Kec. Bandungan, Semarang. Wisata Bandungan satu ini termasuk wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan. Di sini terdapat hamparan taman bunga yang indah. Terdapat pula spot-spot foto yang akan memanjakan pengunjung.

4 dari 7 halaman

Wisata Bandungan Semarang

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort dahulu dikenal sebagai Hotel PJKA. Tempat ini oleh pemerintah setempat sudah dikembangkan sebagai sebuah tempat wisata dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan cocok untuk keluarga.

Bandungan Indah Waterpark berlokasi di jantung Bandungan dengan luas lebih dari 3 Ha. Tempat wisata ini memiliki berbagai fasilitas seperti family resort, convention hall, waterpark, gardening, playground, kidcastle, pemancingan, out bond, sanctuary butterfly, café, dan live music.

Camp Mawar

Camp Mawar menawarkan sebuah perjalanan wisata yang sangat berbeda dari biasanya. Seusai dengan namanya, tempat ini adalah tempat untuk camping sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya. Camp Mawar berada di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian 2.050 mdpl. Camp Mawar biasa dipakai sebagai pos pertama pendakian ke gunung Ungaran yang melewati trek Jimbaran atau Umbul Sidomukti. Lokasi ini kerap dijadikan tempat camping para wisatawan.

5 dari 7 halaman

Wisata Bandungan Semarang

I AMpelgading Homeland

I AMpelgading Homeland merupakan sebuah tempat rekreasi yang berlokasi di Dusun ampelgading, Kenteng, Bandungan, Semarang. Sama seperti wisata Bandungan lainnya, I AMpelgading Homeland menawarkan kesejukan Gunung Ungaran yang menenangkan. Di sini terdapat spot foto, gardu pandang, hingga tempat berkemah.

Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo merupakan wisata Bandungan dengan beragam spot kekinian. Lokasi wisata Bandungan berada sangat dekat dengan Candi Gedong Songo. Di sini terdapat kurang lebih 35 spot kekinian yang cocok digunakan untuk berfoto Instagramable.

6 dari 7 halaman

Wisata Bandungan Semarang

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti berlokasi di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Di sini pengunjung juga dapat menikmati ikan bakar di salah satu resto yang dapat menampung kapasitas besar, menginap di pondok wisata dan menikmati panorama alam pegunungan yang asri.

Kawasan wisata Umbul Sidomukti merupakan salah satu wisata alam pegunungan yang didukung fasilitas yang lengkap. Kawasan wisata ini dengan didukung fasiltas seperti Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room.

Pondok Kopi

Pondok Kopi berada di Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Bandungan, Semarang. Wisata Bandungan berada satu lokasi dengan Umbul Sidomukti. Pondok Kopi menawarkan berbagai minuman olahan kopi. Pondok Kopi biasanya digunakan untuk kalangan anak muda untuk sekedar nongkrong, ngopi, sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Gua Tirta Mulya

Gua Tirta Mulya juga berada di kawasan Umbul Sidomukti. Gua ini merupakan gua buatan dengan panjang 135 meter. Di ujung gua terdapat pemandangan yang sangat indah dan terdapat spot untuk foto yang menarik.

7 dari 7 halaman

Wisata Bandungan Semarang

Pasar Bandungan

Pasar Bandungan merupakan pasar wisata yang selalu jadi tujuan wisatawan untuk berbelanja. Di sini tersedia sayur, buah, dan tanaman hias khas pegunungan Ungaran. Ragam kuliner juga bisa ditemukan di pasar ini seperti kerupuk opak, tahu, susu kedelai dan torakur.

Tahu Serasi

Tak cuma wisata alam, Bandungan juga memiliki wisata kuliner yang khas. Jika berkunjung ke daerah ini tak lengkap jika tidak mencicipi tahu serasi. Tahu ini merupakan tahu khas dari daerah Bandungan dan Ambarawa. Tahu Serasi berwana putih bersih dan sangat padat serta rasanya sangat enak dan gurih.

Keistimewaan dari tahu serasi buatan Bandungan adalah tidak mengunakan pengawet sama sekali. Biasanya untuk menikmati tahu serasi, tahu digoreng terlebih dahulu dan dinikmati bersama sambal kecap yang dibuat dengan bawang goreng dan irisan cabai yang dicampur dengan kecap manis.

Torakur

Selain tahu serasi, wisata kuliner Bandungan yang tak kalah terkenal adalah torakur. Torakur adalah singkatan dari tomat rasa kurma. Kuliner satu ini terbuat dari tomat yang diolah menjadi manisan sehingga rasanya menyerupai kurma yang manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.