Sukses

Penyakit Rabies Sebabkan Anak 4 Tahun Meninggal, Ini Gejala Dan Cara Mencegahnya

Informasi seputar penyakit rabies, seperti pengertian, gejala, penyebab, pengobatan hingga pencegahannya.

Liputan6.com, Jakarta Kasus rabies menjadi sorotan baru-baru ini setelah anak berusia 4 tahun meninggal diduga setelah tergigit anjing gila. Keluarga bocah yang diketahui berlokasi di NTT itu melaporkan bahwa dia sedang bermain di luar ketika anjing itu mendekat dan menggigitnya. Meski mendapat perawatan medis, kondisi bocah itu semakin memburuk dan akhirnya meninggal dunia.

Insiden ini menjadi pengingat pentingnya mewaspadai penyakit rabies yang mungkin mengincar. Rabies adalah penyakit virus yang mempengaruhi sistem saraf mamalia, termasuk manusia. Biasanya ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi. Begitu gejala muncul, penyakit ini hampir selalu berakibat fatal.

Penular dari penyakit rabies adalah anjing sebagai sumber penular utama. Rabies juga bisa ditularkan dari kucing dan kera. Pada manusia, gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, dan kesemutan atau rasa terbakar di tempat gigitan. Seiring perkembangan penyakit, gejala dapat meningkat termasuk kecemasan, kebingungan, halusinasi, dan kelumpuhan.

Penyakit rabies bisa menjadi penyakit yang sangat mematikan, untungnya penyakit rabies ini dapat dicegah dengan langkah-langkah yang tepat. Salah satunya adalah penyakit rabies dapat dicegah melalui vaksinasi pada hewan peliharaan dan manusia. Kasus tragis di Sikka menyoroti pentingnya pencegahan rabies dan perlunya upaya berkelanjutan untuk melindungi manusia dan hewan dari virus mematikan ini.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (10/5/2023) Informasi seputar penyakit rabies, seperti pengertian, gejala, penyebab, pengobatan hingga pencegahannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa Itu Penyakit Rabies?

Rabies adalah penyakit yang didapatkan dari infeksi virus RABV. Ini menyebabkan gejala seperti kejang, halusinasi dan kelumpuhan. Cara paling umum untuk tertular rabies adalah melalui gigitan kelelawar atau gigitan anjing. Rabies dapat dicegah jika Anda divaksinasi dengan cepat setelah terpapar. Karena  begitu gejalanya muncul, rabies dapat berakibat fatal.

Virus rabies (RABV) ditularkan melalui kontak langsung, seperti melalui kulit yang rusak atau selaput lendir di mata, hidung, atau mulut Anda, dengan air liur atau otak/jaringan sistem saraf dari hewan yang terinfeksi. Rabies berakibat fatal tetapi dapat dicegah. Itu dapat menyebar ke orang dan hewan peliharaan jika mereka digigit atau dicakar oleh hewan rabies.

Virus rabies masuk ke tubuh Anda saat air liur (ludah) hewan yang terinfeksi masuk ke luka terbuka (biasanya dari gigitan). Ini bergerak sangat lambat di sepanjang saraf ke sistem saraf pusat Anda (otak dan sumsum tulang belakang). Saat mencapai otak Anda, kerusakan menyebabkan gejala neurologis. Dari sana, rabies menyebabkan koma dan kematian.

3 dari 6 halaman

Cara Virus Rabies Mempengaruhi tubuh 

Rabies berpindah dari luka yang terinfeksi ke otak Anda seiring waktu. Ada beberapa fase yang dilalui kebanyakan orang: inkubasi, fase prodromal, fase neurologis akut dan koma.

1. Inkubasi

Virus rabies dapat menghabiskan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu di tubuh Anda sebelum masuk ke sistem saraf Anda (inkubasi). Anda tidak memiliki gejala apapun selama ini. Jika Anda menerima pengobatan di awal masa inkubasi, Anda tidak akan terkena rabies.

2. Fase prodromal

RABV berjalan melalui sel-sel saraf Anda ke otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan kerusakan saraf seiring berjalannya waktu. Fase prodromal dimulai ketika virus rabies telah memasuki sistem saraf Anda. Sistem kekebalan Anda mencoba melawan, menyebabkan gejala mirip flu. Kerusakan saraf dapat menyebabkan kesemutan, nyeri, atau mati rasa di tempat Anda digigit. Ini berlangsung dua hingga 10 hari. Tidak ada pengobatan yang efektif saat rabies mencapai fase ini.

3. Fase neurologis akut

Pada fase ini, virus rabies mulai merusak otak dan sumsum tulang belakang Anda. Sekitar dua pertiga orang menderita rabies ganas, dengan gejala seperti agresi, kejang, dan delirium. Yang lain menderita rabies lumpuh, dengan kelemahan dan kelumpuhan yang berkembang dari luka gigitan ke seluruh tubuh mereka. Rabies ganas dapat berlangsung beberapa hari hingga seminggu. Rabies paralitik dapat bertahan hingga satu bulan.

4. Koma

Banyak orang mengalami koma pada tahap akhir infeksi rabies. Rabies akhirnya menyebabkan kematian.

4 dari 6 halaman

Gejala Rabies Pada Manusia

Anda biasanya tidak memiliki gejala rabies selama beberapa minggu setelah masuk ke tubuh Anda. Ketika rabies mencapai sistem saraf pusat (fase prodromal), Anda mengalami gejala seperti flu. Dan pada tahap akhir, Anda memiliki gejala neurologis (otak).

1. Gejala prodromal rabies

Demam.

Kelelahan (fatigue).

Luka gigitan terbakar, gatal, kesemutan, nyeri atau mati rasa.

Batuk.

Sakit tenggorokan.

Nyeri otot.

Mual dan muntah.

Diare.

2. Gejala neurologis akut rabies

Gejala neurologis rabies adalah ganas atau lumpuh. Gejala rabies ganas dapat datang dan pergi dengan periode tenang di antaranya (episode ganas).

a. Gejala rabies yang ganas

- Agitasi dan agresi.

- Kegelisahan.

- Kejang.

- Halusinasi .

- Kedutan otot (fasikulasi).

- Demam.

- Jantung berdebar (takikardia).

- Pernapasan cepat (hiperventilasi).

- Air liur berlebihan.

- Dua pupil dengan ukuran berbeda (anisocoria).

- Kelumpuhan wajah (facial palsy).

- Takut pada air/minum (hidrofobia).

- Takut udara bertiup ke wajah/konsep (aerofobia).

- Igauan.

b. Gejala rabies paralitik

- Demam.

- Sakit kepala.

- Leher kaku.

- Kelemahan, terutama mulai dari bagian tubuh yang digigit dan berlanjut ke bagian tubuh lainnya.

- Kesemutan, “kesemutan” atau sensasi aneh lainnya.

- Kelumpuhan.

- Koma.

 

Penyebab Rabies Pada Manusia

Penyebab utama adalah infeksi Virus RABV, Virus RABV menyebabkan rabies pada manusia dan hewan. Virus ini bergerak di dalam tubuh melalui saraf, menyebabkan kerusakan saraf. Itu bersembunyi dari sistem kekebalan sampai ke otak, di mana itu menyebabkan kerusakan otak dan akhirnya menyebabkan kematian.

Rabies dibawa oleh hewan berdarah panas (mamalia) dan terkumpul di air liurnya (ludah). Seseorang biasanya terkena rabies melalui gigitan hewan yang terinfeksi. Rabies paling sering ditemukan pada kelelawar, sigung, rakun, dan rubah, tetapi hewan lain, termasuk anjing atau kucing peliharaan juga dapat terinfeksi. Jika luka di kulit bersentuhan dengan ludah hewan yang terinfeksi, seseorang bisa terkena rabies.

5 dari 6 halaman

Pengobatan Penyakit Rabies

Tidak ada pengobatan yang disetujui untuk rabies begitu memiliki gejala. Jika terkena rabies (digigit atau bersentuhan dengan hewan yang terinfeksi), hubungi penyedia layanan kesehatan sesegera mungkin. Bersihkan luka dengan lembut tapi menyeluruh dengan sabun dan air. Mintalah petunjuk tambahan dari penyedia kesehatan untuk membersihkan luka.

Penyedia kesehatan akan memberi serangkaian suntikan (vaksinasi) untuk mencegah virus menyebabkan rabies. Mereka juga akan memberi Anda pengobatan antibodi langsung pada luka jika belum pernah divaksinasi sebelumnya.

Jika digigit atau dicakar binatang buas, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah rabies. Obat-obatan mencegah infeksi menyebar ke otak jika pernah terpapar rabies (profilaksis pasca pajanan/PEP). Obat-obatan ini sering digabungkan:

  1. Vaksin rabies. Penyedia layanan kesehatan akan memberi empat suntikan selama 14 hari. Jika sudah divaksinasi sebelum terpapar, pasien hanya memerlukan dua suntikan. Vaksin mengajarkan tubuh untuk menghancurkan virus rabies sebelum masuk ke otak.
  2. Human rabies immune globulin (HRIG). Penyedia layanan kesehatan akan memberi suntikan di sekitar luka. HRIG memberi antibodi (molekul yang melawan infeksi) yang akan menghancurkan virus di dekat luka hingga tubuh mengambil alih. Seseorang seharusnya tidak mendapatkan HRIG jika telah divaksinasi sebelum terpapar.

Efek samping pengobatan rabies:

Penderita mungkin mengalami efek samping ringan dari vaksin rabies, termasuk:

  1. Nyeri, gatal, atau bengkak di tempat Anda menerima suntikan.
  2. Mual.
  3. Sakit kepala.
  4. Nyeri otot.
  5. Pusing.

Jika memiliki efek samping yang parah, hubungi penyedia layanan kesehatan.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Rabies

Rabies dapat dicegah. Menjaga hewan peliharaan tetap aman dan menjauh dari hewan liar akan membantu mencegah Anda terkena rabies. Dan jika terpapar, seseorang bisa mendapatkan vaksin untuk mencegah rabies sebelum gejalanya muncul.

Pastikan juga vaksinasi hewan peliharaan mutakhir. Ini termasuk anjing, kucing, dan musang. Jangan biarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas tanpa pengawasan. Jangan dekati satwa liar. Jangan menyentuh hewan yang terluka atau mencoba menangkap hewan sendiri.

Jika menemukan kelelawar di ruangan tempat seseorang sedang tidur, anggaplah mereka telah digigit. Gigitan kelelawar berukuran kecil dan memudar dengan cepat, jadi mungkin tidak menyadarinya. Hubungi penyedia layanan kesehatan segera.

Jika digigit atau dicakar oleh hewan liar atau terkena rabies dengan cara lain, hubungi penyedia layanan kesehatan sesegera mungkin. Jika berisiko tinggi terkena rabies, seseorang disarankan untuk mendapatkan vaksinasi secara teratur (pre-exposure prophylaxis/PREP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.