Sukses

Niat Jamak Takhir Maghrib Isya, Ketahui Juga Tata Cara Sholat Jamak Qasar

Mengetahui niat jamak takhir maghrib isya sangat penting, karena niat adalah hal yang membedakan suatu bentuk ibadah dengan ibadah yang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Mengerjakan sholat fardhu secara jamak takhir merupakan salah satu bentuk rukhsah atau keringanan dalam menjalankan suatu ibadah dalam agama Islam. Sebagai contoh, ketika dalam perjalanan selepas ashar, dan baru sampai di tujuan pada waktu isya, kita diperbolehkan untuk menjalankan sholat jamak takhir maghrib isya.

Salah satu hal terpenting untuk dapat menjalankan kedua sholat tersebut di waktu isya adalah dengan mengetahui bacaan niat jamak takhir maghrib isya. Mengetahui niat jamak takhir maghrib isya sangat penting, karena niat adalah hal yang membedakan suatu bentuk ibadah dengan ibadah yang lainnya.

Di samping memahami niat jamak takhir maghrib isya, kita juga perlu mengetahui tata cara menjalankan sholat jamak takhir maghrib isya. Selain dapat dijamak, bentuk keringanan lain dalam ibadah adalah qasar, Qasar sendiri adalah bentuk rukhsah dalam agama Islam yang memperbolehkan untuk meringkas sholat dengan jumlah empat rakaat menjadi dua rakaat.

Untuk memahami bagaimana niat jamak takhir maghrib isya, serta bagaimana tata cara jika dengan qasar, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (17/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Niat Jamak Takhir Maghrib Isya

Niat merupakan hal yang penting dalam berbagai bentuk ibadah dalam agama Islam. Sebab, niat adalah sesuatu yang membedakan suatu perbuatan bernilai ibadah atau tidak. Niat pula yang membedakan suatu jenis ibadah dengan ibadah lainnya.

Jika kita ingin mengerjakan sholat jamak takhir maghrib isya, tentu penting bagi kita untuk membaca niat jamak takhir maghrib isya. Selain untuk membedakan sholat tersebut dengan sholat lainnya, niat juga merupakan salah satu rukun dari sholat. Tanpa niat, sholat tidak akan sah.

Adapun bacaan niat jamak takhir maghrib isya adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مَجْمُوْعًا بِالعِشَاءِ جَمْعَ تأخِيْرٍلِلهِ تَعَالَى  

Ushollii fardlozh maghribi salasa raka'aatin majmuu'an bingis 'isyaa'i Jam'a ta-khiirinin lillaahi ta'aalaa.

Artinya: “Saya niat shalat fardhu Maghrib tiga rakaat dijamak bersama Isya dengan jamak takhir karena Allah Ta’ala.”

3 dari 5 halaman

Niat Jamak Takhir Qasar Maghrib Isya

Selain bisa dijamak, sholat maghrib dan isya bisa juga dilakukan dengan cara jamak dan qasar. Sholat jamak takhir sendiri merupakan bentuk keringanan dalam menjalankan ibadah dalam Islam dengan cara menggabungkan salat yang waktunya sudah terlewat dengan salat yang sedang masuk waktunya.

Sedangkan qasar adalah bentuk keringanan dengan cara meringkas sholat yang berjumlah empat rakaat menjadi dua rakaat. Lalu jika melaksanakan sholat masghrib dan isya secara jamak dan qasar, makan bisa dilakukan dengan cara melaksanakan sholat tetap dengan tiga rakaat, dan sholat isya cukup dengan dua rakaat.

Adapun bacaan niat jamak takhir qasar maghrib isya adalah sebagai berikut,

أُصَلِّيْ فَرْضَ الْعِشَاءِ رَكَعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَجْمُوْعًا بِالْمَغْرِبِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ قَصْرَا للهِ تَعَالَى

'usaliy fard aleisha' rakaeatayn mustaqbil alqiblat majmuean bialmaghrib jame takhir qasra llh taealaa

Artinya: “Sengaja aku shalat ‘isya empat raka’at menghadap kiblat, dijamak takhir qashar dengan maghrib karena Allah Ta’ala.”

4 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Jamak Takhir Maghrib Isya

Setelah membaca niat jamak takhir maghrib isya, langsung saja melaksanakan sholat maghirb di waktu isya sebanyak tiga rakaat. Setelah salam, langsung dilanjutkan dengan melaksanakan sholat isya.

Namun sebelum itu membaca niat terlebhi dahulu. Adapun bacaan niatnya adalah sebagai berikut:

“Ushollii fardlozh ‘isyaa’i arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al magribi Jam’a ta-khiirinin adaa-an lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: Aku berniat sholat isya’ empat rakaat yang dijama’ dengan maghrib, dengan jama’ takhir, fardhu karena Allah Ta’aala.

Tata Cara Jamak Takhir Qasar Maghrib Isya

Sedangkan tata cara untuk melaksanakan jamak takhir qasar, kita bisa melaksanakan sholat maghrib tiga rakaat di waktu sholat isya sebanyak tiga rakaat. Baru setelah salam dilanjutkan dengan sholat isya sebanyak dua rakaat.

Namun sebelum itu membaca niat sholat isya secara qasar. Adapun bacaan niat sholat qasar isya adalah sebagai berikut,

"Ushallii fardhal 'isyaai rak'ataini qasran majmuu'an illa maghribi lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Saya niat sholat fardhu Isya dua rakaat secara qashar dikumpulkan pada sholat Maghrib karena Allah."

5 dari 5 halaman

Syarat Sholat Jamak Qasar

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jamak dan qasar merupakan salah satu bentuk keringanan atau rukhsah dalam menjalankan ibadah dalam agama Islam. Oleh karenanya untuk dapat menjalankan sholat dengan cara jamak dan qasar, harus memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  1. Melakukan perjalanan jauh minimal 81 kilometer (sesuai kesepakatan para ulama)
  2. Perjalanan tidak bertujuan untuk hal negatif atau berbuat dosa
  3. Sedang dalam keadaan bahaya; hujan lebat disertai angin kencang, perang atau bencana lainnya.

Demikian adalah bacaan niat jamak takhir maghrib isya. Selain dapat dilakukan secara jamak, sholat maghrib isya juga bisa dilakukan dengan jamak qasar. Akan tetapi dalam hal ini, hanya sholat isya saja yang dapat diringkas menjadi dua rakaat. Sedangkan sholat maghrib tetap dilaksanakan sebanyak tiga rakaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.