Sukses

Bacaan Sholat Idul Fitri saat Takbir 7 Kali Lengkap Tulisan Arab, Latin, Beserta Artinya

Bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali mungkin kerap kali terlupa bagi sebagian muslim.

Liputan6.com, Jakarta Bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali mungkin kerap kali terlupa bagi sebagian muslim. Bagaimana tidak, sholat Idul Fitri memang hanya dilakukan dalam sekali dalam setahun saja. Selain itu, bacaan sholat tersebut hanya dibacakan ketika sholat Idul Adha yang juga dilaksanakan hanya sekali dalam setahun.

Sholat Idul Fitri merupakan ibadah sunah yang biasanya dilakukan secara berjemaah di masjid ataupun di lapangan. Sholat Idul Fitri di tanah lapang lebih dianjurkan, seperti terdapat dalam hadis:

“Rasulullah saw biasa keluar pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha menuju tanah lapang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bahkan para ulama menyebutkan sholat ini sangat dianjurkan (sunah muakkadah) untuk dilaksanakan berjemaah. Imam Syafi'i menjelaskan hukum sholat Idul Fitri berjemaah:

"Sholat sunah terbagi dua, yakni yang dilaksanakan berjemaah dan yang sendiri-sendiri. Adapun sholat sunah yang sangat dianjurkan berjemaah tidak diperkenankan untuk meninggalkannya bagi yang mampu melaksanakannya, yaitu sholat dua hari raya, gerhana matahari dan bulan, serta sholat Istisqa."

Bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali sangat mudah dihafalkan karena pendek saja. Selain itu, bacaan sholat Idul Fitri pada rakaat kedua dengan 5 kali takbir juga sama saja. Selain itu, tata cara sholat Idul Fitri tidak jauh berbeda dengan sholat fardu yang biasa kamu laksanakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/4/2023) tentang bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bacaan Sholat Idul Fitri saat Takbir 7 Kali

Bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali merupakan pembeda sholat sunah ini dengan sholat lainnya. Berikut bacaan sholat Idul Fitri tulisan Arab, latin, beserta artinya:

Bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali tulisan Arab:

سُبْحَانَ اللهِ وَالحَمْدُ لِلهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاَللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ

Bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali Latin:

“Subhânallâh, walhamdulillâh, walâ ilâha illallâh, wallâhu akbar, wa lâ haula walâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil azhîm.”

Arti bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali:

“Maha suci Allah, segala puji bagi-Nya, tiada tuhan selain Dia, Allah maha besar, dan tiada daya serta upaya selain berkat pertolongan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.”

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Idul Fitri

Setelah mengenali bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali, kamu tentunya perlu memahami tata cara sholat Idul Fitri secara keseluruhan.

Berikut tata cara shalat Idul Fitri rakaat pertama:

1. Membaca niat sholat Idul Fitri

"Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini makmuuman lillahi ta’ala."

Artinya: “Aku niat shalat sunat Idul Fitri dua rakaat menjadi makmum karena Allah Ta’ala.”

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca Doa Iftitah

“Allaahu Akbaru kabiiraa-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-waashiila. Wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.”

4. Takbir Sebanyak 7 Kali (Rakaat Pertama)

Setelah membaca doa iftitah, takbir sebanyak 7 kali, diikuti dengan tasbih setiap kali selesai takbir. Bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali ini bisa kamu baca seperti yang telah tercantum di atas.

5. Setelah itu baca Al-Fatihah, diikuti surat pendek Al-Quran seperti biasa.

6. Gerakan dan bacaan selanjutnya hingga rakaat pertama selesai sama dengan sholat fardu biasanya.

 

Berikut tata cara shalat Idul Fitri rakaat kedua:

1. Tata cara sholat Idul Fitri rakaat kedua seperti rakaat pertama, dimulai dengan Takbiratul Ihram, setelah itu takbir lagi. Namun kali ini takbir hanya 5 kali. Setiap kali selesai takbir, membaca tasbih seperti pada rakaat pertama. Jadi, bacaan sholat Idul Fitri saat takbir 7 kali sama dengan takbir 5 kali di rakaat kedua

2. Setelah itu baca Al-Fatihah, diikuti surat pendek Al-Quran seperti biasa.

3. Gerakan dan bacaan selanjutnya hingga rakaat pertama selesai sama dengan sholat fardu biasanya,  lalu diakhiri dengan salam.

4 dari 5 halaman

Khutbah Sholat Idul Fitri

Usai sholat Idul Fitri, khatib melaksanakan khutbah dengan mengikuti beberapa ketentuan, yaitu sebagai berikut:

Khutbah Pertama Sholat Idul Fitri

1. Disunakan untuk memulai khutbah pertama dengan takbir sebanyak 9 kali.

2. Memuji Allah SWT dengan membaca Alhamdulillah

3. Membaca sholawat nabi "Allahumma solli 'ala Sayyidina Muhammad wa 'ala ali Sayyidina Muhammad"

4. Berpesan untuk keluarga sendiri agar terus bertakwa dan lebih meningkatkan ibadah kepada Allah SWT

5. Akhiri khutbah pertama sholat Idul Fitri di rumah dengan membaca ayat suci Al-Quran. Surat 3 Qul sudah cukup (Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas)

 

Khutbah Kedua Sholat Idul Fitri

1. Saat akan memulai khutbah salat Id kedua, disunnatkan untuk memulai khutbah kedua dengan takbir sebanyak 7 kali.

2. Tata cara khutbah sholat Idul Fitri kedua sama seperti khutbah pertama, cuma ada penambahan bacaan doa di akhir khutbah.

3. Untuk bacaan doa di akhir khutbah sifatnya bebas. Untuk keselamatan keluarga maupun seluruh umat Islam di seluruh dunia.

5 dari 5 halaman

Sunah Sebelum Sholat Idul Fitri

1. Mandi dan memotong kuku

Mandi adalah salah satu sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah)

2. Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian

Sebelum sholat Idul Fitri, disunahkan untuk memakai pakaian terbaik. Hal ini disampaikan dalam salah satu hadis:

"Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

3. Makan sebelum sholat

Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Rasulullah bersabda:

"Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia sholat dulu." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

4. Mengumandangkan takbir hingga menjelang sholat Idul Fitri

Salah satu sunah Nabi Muhammad SAW sebelum sholat Idul Fitri adalah mengucapkan takbir. Bahkan dimulai sejak malam sebelum Idul Fitri, atau biasa disebut malam takbiran.

 

Sunah Setelah Sholat Idul Fitri

1. Melewati jalan yang berbeda antara pergi dan pulang sholat Idul Fitri

Tujuan dari amalan sunah ini adalah agar dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain di tempat yang berbeda. Mengambil jalan yang berbeda, tentunya akan bertemu dengan orang yang berbeda pula. Sehingga semakin banyak kebahagiaan yang dapat disebarkan melalui sapa dan senyuman.

Mengambil jalan yang berbeda saat pergi dan pulang dianjurkan sesuai dengan Hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya:

"Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya)." (HR. Bukhari)

2. Saling mengucapkan selamat (tahniah al-id) seperti Taqabbalallahu Minna Waminkum

Amalan sunah lainnya yaitu saling mengucapkan selamat saat bertemu sanak saudara. Ucapannya berupa doa seperti "Taqabbalallahu minna wa minkum" yang artinya semoga Allah menerima amalan kami dan kalian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.