Sukses

Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadhan, Ini Cara Khatam 30 Juz

Salah satu cara untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT adalah dengan membaca Alquran di bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT adalah dengan membaca Alquran di bulan Ramadhan. Ini tidak lain karena di bulan Ramadhan ada banyak waktu yang mustajab untuk berdoa.

Selain itu, di bulan Ramadhan juga terdapat satu malam yang kebaikannya setara dengan seribu bulan. Malam tersebut adalah malam Lailatul Qadar. Memperbanyak ibadah termasuk membaca Alquran di bulan Ramadhan, tepatnya di malam Lailatul Qadar dapat mendatangkan banyak keberkahan dari Allah SWT.

Selain pahala yang berlipat ganda, ada beberapa keutamaan lain dari membaca Alquran di bulan Ramadhan. Bahkan, rumah seseorang yang rajin membaca Alquran di bulan Ramadhan akan sering didatangi oleh malaikat.

Adapun rumah yang sering didatangi malaikat akan membuat penghuni rumah tersebut merasa tenang dan nyaman tinggal di sana. Lalu apa saja keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com, Selasa (29/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pahala Berlipat Ganda

Salah satu dari banyaknya keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Pahala yang berlipat ganda ini tentu sangat kita butuhkan sebagai bekal di akhirat kelak.

Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

2. Diangkat Derajatnya

Keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan berikutnya adalah seseorang yang istiqomah membacanya akan diangkat derajatnya di hadapan Allah SWT.

Dari Umar bin Khattab ra. Rasulullah saw. bersabda,: “Sesungguhnya Allah SWT. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim).

3 dari 6 halaman

3. Memperoleh Ketenangan Batin

Selain diangkat derajatnya, keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan adalah diberikan ketenangan batin. Tidak hanya mendapatkan ketenangan batin, membaca Alquran di bulan Ramadhan juga akan membuat seseorang dilimpahi rahmat Allah SWt dan dikelilingi oleh malaikat.

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: “Rasulullah SAW. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), untuk membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan mereka dilingkupi rahmat Allah, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan makhluk-Nya yang berada didekat-Nya (para malaikat).” (HR. Muslim)

4. Penolong di Hari Kiamat

Keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan juga dapat menjadi penolong di hari kiamat kelak. Rasulullah SAW akan memberikan syafaat bagi hamba-Nya yang senantiasa memperbanyak bacaan kitab suci Al-Qur’an khususnya di bulan ramadhan. Lakukan amalan yang baik agar kelak dimudahkan untuk menghadap Allah SWT di hari kiamat.

Seperti yang diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Alquran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya".

4 dari 6 halaman

5. Keutamaan Membaca Alquran untuk Orang yang Masih Belajar

Keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan tidak hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang sudah lancar membaca Alquran saja, melainkan juga kepada orang yang baru belajar. Sebab, orang yang mempelajari dan mengajarkan Alquran merupakan sebaik-baik manusia.

Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)

Jika seseorang yang sudah lancar membaca Alquran secara tartil akan dikelilingi malaikat. Makan bagi orang yang belum mahir dan sedang belajar tetap akan mendapatkan dua kebaikan.

Rasulullah bersabda, “Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim)

5 dari 6 halaman

Cara Khatam Alquran di Bulan Ramadhan

Ketika membaca Alquran di bulan Ramadhan, hendaknya kita bisa membacanya sampai khatam 30 juz. Untuk bisa khatam 30 juz, yakni dengan dibagi tiga puluh. Artinya, dalam satu hari kita menargetkan untuk dapat menyelesaikan satu juz.

Satu juz tersebut kemudian dibagi dalam sholat lima waktu. Kemudian dibagi dua, yakni menjadi sebelum dan setelah shalat. Jika strategi ini dilakukan secara istiqomah, maka di akhir Ramadhan insyaallah dapat mengkhatamkan tiga puluh juz Alquran.

6 dari 6 halaman

Amalan Lain untuk Meningkatkan Pahala di Bulan Ramadhan

Selain membaca Alquran di bulan Ramadhan, ada amalan lain bisa kita lakukan untuk menambah pahala, yakni meningkatkan shalat, serta memperbanyak infaq dan sedekah.

Meningkatkan Shalat

Yang dimaksud dengan meningkatkan shalat adalah, jika sebelumnya kita hanya melaksanakan shalat wajib saja, maka di bulan Ramadhan, hendaknya kita juga menambah shalat sunnah.

Salat sunah merupakan salat yang dapat dikerjakan di luar salat fardu. Salah satunya adalah salat sunah rawatib, yaitu salat yang melekat dengan salat fardu yang dapat dilakukan sebelum maupun setelah salat fardu.

Shalat rawatib terdiri dari dua belas rakaat, di antaranya dua rakaat sebelum Subuh, empat rakaat sebelum Zuhur, dua rakaat setelah Zuhur, dua rakaat setelah Maghrib, dan dua rakaat setelah Isya. Khusus untuk shalat sunnah rawatib sebelum Zuhur.

Jika dua belas rakaat dari shalat sunnah rawatib ini konsisten dilakukan, maka akan dibangunkan baginya satu rumah di surga. Dari Ummu Habibah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak 12 rakaat, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga.” (HR. Muslim, no. 728)

Infaq dan Sedekah

Selain meningkatkan shalat, kita juga dapat memperbanyak infaq dan sedekah di bulan Ramadhan. Infaq dan sedekah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya yaitu berupa 700 kali lipat dikali sepuluh. Selain itu, infak dan bersedekah dapat membantu banyak orang yang membutuhkan apalagi di masa pandemi saat ini.

Dalam hadis Ibnu Abbas r.a. disebutkan:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadhan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadhan untuk mudarosah (mempelajari) Al-Qur’an” (HR. Al-Bukhari).

Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa bersedekah di bulan Ramadhan tidak harus dalam bentuk uang, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.