Sukses

7 Perkara yang Membatalkan Puasa, Lengkap dengan Dalil-Dalilnya

informasi seputar hal-hal yang membatalkan puasa, beserta dengan dalil-dalilnya

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam, dan ini diamati oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai waktu puasa, doa, dan refleksi spiritual. Selama bulan ini, umat Islam menahan diri dari makan, minum, dan melakukan aktivitas tertentu dari fajar hingga matahari terbenam. Puasa dianggap sebagai salah satu dari Lima Rukun Islam, dan wajib bagi semua Muslim dewasa yang berbadan sehat untuk berpuasa selama bulan ini.

Sementara tindakan puasa mungkin tampak mudah, ada hal-hal tertentu yang dapat membatalkan puasa dan membatalkannya. Ini termasuk makan atau minum apa saja, muntah dengan sengaja, melakukan aktivitas seksual, mengalami menstruasi atau pendarahan pasca melahirkan, dan dengan sengaja menghirup asap. Memahami apa yang membatalkan puasa sangat penting bagi umat Islam yang ingin menjalankan Ramadhan dengan benar.

Al-Qur'an memberikan panduan tentang aturan puasa selama Ramadhan, dan sangat penting untuk mengikuti panduan ini dengan ketat. Muslim didorong untuk terlibat dalam refleksi spiritual, doa, dan tindakan amal selama bulan ini. Berbuka puasa dengan tidak sengaja atau karena kondisi medis tidak membatalkannya, dan seseorang dapat mengganti puasa di lain waktu.

Menjelang Ramadhan, penting bagi umat Islam untuk menyegarkan kembali pengetahuan mereka tentang apa yang membatalkan puasa dan apa yang tidak. Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber informasi seputar hal-hal yang membatalkan puasa, pada Senin (20/3/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengapa Umat Islam Berpuasa Saat Ramadhan?

Allah SWT dalam Al-Quran berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 183) Puasa membantu seseorang mengembangkan kekuatan spiritual, termasuk menahan godaan, meningkatkan doa, memperoleh ilmu dan kesaksian spiritual, dan membantu yang membutuhkan.

Utsman bin Abu Al-Aas meriwayatkan : “Rasulullah SAW bersabda: 'Puasa adalah perisai dari Api Neraka seperti perisai salah satu dari kalian dalam pertempuran.'” (Sunan Ibnu Majah, 1639)

Dengan kata lain, puasa membantu melindungi jiwa seseorang dari melakukan perbuatan dosa dan dengan demikian membantu membangun pengendalian diri. Jadi, puasa dengan benar memberi pahala bagi seorang Muslim dengan keselamatan di akhirat, melindungi mereka dari api neraka dan memberi mereka masuk ke surga. 

 
3 dari 6 halaman

Daftar Perkara yang Membatalkan Puasa Dalam Islam

Menurut Islam, ada daftar hal-hal yang benar yang dapat membatalkan atau membatalkan puasa Anda . Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Barangsiapa berbuka puasa di bulan Ramadhan tanpa tunjangan atau penyakit, maka jika dia berpuasa sepanjang waktu , puasanya tidak akan menggantikannya.” (Jami at-Tirmidzi 273) Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menghindari perbuatan-perbuatan berikut saat berpuasa : 

1. Makan, Minum dan Merokok 

Merokok, minum, dan makan dengan sengaja berada di urutan teratas daftar hal-hal yang membatalkan puasa Anda . Namun , perhatikan bahwa jika Anda benar-benar lupa bahwa Anda sedang berpuasa dan makan atau minum sesuatu karena kesalahan, puasa Anda tidak akan batal. 

Nabi Muhammad SAWbersabda, “Jika seseorang makan sesuatu yang terlupa saat dia berpuasa, maka dia harus menyelesaikan puasanya , karena Allah SWT telah membuatnya makan dan minum.” (Sahih al-Bukhari 6669)

Abu Hurairah (RA) meriwayatkan , “Seseorang mendatangi tuan kami Nabi dan berkata , 'Wahai Rasulullah, aku hancur.' Guru kami, Nabi Muhammad SAW bertanya apa yang terjadi. Dia mengatakan bahwa dia telah membatalkan puasa Ramadhan dengan sengaja.

Tuan kami, Nabi Muhammad SAW, menyuruhnya untuk membebaskan orang yang diperbudak . Ketika dia mengatakan dia tidak memiliki budak, dia memerintahkannya untuk berpuasa selama dua bulan tanpa henti. Ketika dia mengatakan bahwa dia tidak dapat melakukannya, dia menyuruhnya untuk memberi makan orang miskin.”

2. Berbohong, Mengutuk, Berperilaku Buruk, Mendengarkan Musik dan Menyalahkan

Sebagai manusia, kita sering berbohong, mengutuk, atau berperilaku buruk tanpa disadari. Demikian pula, mendengarkan musik adalah mekanisme koping utama kita. Namun , apakah seseorang berpuasa atau tidak, seorang Muslim dikutuk keras untuk tindakan ini. Ahmad Mufti, seorang Ulama Islam, berkata, “Mereka tidak membatalkan puasa , tetapi melakukan perilaku seperti itu menghilangkan pahala dan pengampunan Tuhan. Puasa bukan hanya tentang menahan diri dari makan dan minum.”

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan dusta dan mengamalkannya, maka Allah tidak membutuhkannya untuk meninggalkan makan dan minumnya.” ( Al-Bukhaari, 1903, 6075) Rasulullah SAW juga mengatakan, “Jika ada di antara kalian yang sedang berpuasa , janganlah dia mengucapkan kata-kata kotor atau bertindak bodoh, dan jika ada yang menghinanya atau ingin melawannya, biarkan dia mengatakannya. , saya sedang berpuasa .”

4 dari 6 halaman

3. Muntah dengan Sengaja

Menurut riwayat Islam, muntah dengan sengaja dapat membatalkan puasa, sedangkan muntah yang tidak disengaja tidak membatalkan puasa. Seseorang dapat dengan sengaja muntah dengan memasukkan jari ke tenggorokan atau dengan menekan perutnya. Selain itu, seseorang juga bisa merasa mual atau muntah saat menonton video mesum atau karena mencium sesuatu yang aneh. 

Abu Hurairah (RA) melaporkan bahwa Rasulullah SAW Allah SWT bersabda, "Jika seseorang tiba-tiba muntah saat puasa , tidak diperlukan penebusan dosa darinya, tetapi jika dia muntah dengan sengaja, dia harus melakukan penebusan." (Sahih (Al-Albani) Sunan Abu Dawud 2380)

4. Hubungan Seksual

Entah itu mengakibatkan ejakulasi atau tidak, aktif secara seksual dengan pasangan saat berpuasa juga bisa mengakibatkan batalnya puasa. Jika sudah terlanjur beramal maka harus memohon ampunan kepada Allah SWT dan menyempurnakan hari tanpa minum dan makan hingga matahari terbenam. 

Allah SWT dalam Al-Quran berfirman, “Dihalalkan bagimu pada malam sebelum puasa untuk pergi ke istrimu [untuk hubungan seksual]. Mereka adalah pakaian untukmu, dan kamu adalah pakaian untuk mereka. Allah mengetahui bahwa kamu dulu menipu dirimu sendiri, maka Dia menerima tobatmu dan memaafkanmu.

Maka sekarang, jalinlah hubungan dengan mereka dan carilah apa yang telah Allah tetapkan untukmu. Dan makan dan minumlah hingga jelas bagimu benang putih fajar dari benang hitam [malam].” (Al Quran Al Baqarah ayat 187)

Abu Hurairah (RA) meriwayatkan bahwa, “Seorang pria datang kepada Nabi Muhammad (SAW) dan berkata: 'Saya dibatalkan.' Dia bertanya kepadanya: 'Apa yang telah terjadi padamu?' Dia berkata: 'Saya bersetubuh dengan istri saya di bulan Ramadhan (saat saya sedang berpuasa).' Dia bertanya: 'Bisakah Anda membebaskan seorang budak?' Dia berkata : 'Tidak.' Dia kembali bertanya: 'Bisakah kamu berpuasa selama dua bulan berturut-turut?' Dia berkata: 'Tidak.' Dia bertanya: 'Bisakah Anda menyediakan makanan untuk enam puluh orang miskin?' Dia berkata: 'Tidak.' Dia berkata: 'Duduklah.' Kemudian keranjang besar berisi kurma ('araq) dibawa ke Nabi Muhammad (SAW). Dia kemudian berkata kepadanya: 'Berikan sebagai sedekah.' (yakni sedekah). Dia berkata: 'Rasulullah (SAW), tidak ada keluarga yang lebih miskin dari saya di antara dua dataran lahar itu (Madinah).' Rasulullah (SAW) tertawa sehingga gigi matanya (gigi taring) menjadi terlihat dan berkata: 'Berikan pada keluargamu untuk dimakan.'” Musaddad berkata di tempat lain: “gigi taringnya.” (Sahih (Al-Albani) Sunan Abi Dawud 2390)

5 dari 6 halaman

5. Hijama (Bekam) dan Transfusi Darah

Hijama (bekam) adalah metode medis dengan menyayat atau menggaruk punggung, bahu atau leher pasien untuk mengeluarkan sel-sel mati (darah busuk). Meskipun merupakan pendekatan medis yang sangat terkenal, namun jika dikaitkan dengan mazhab Islam, ada perselisihan mengenai apakah bekam atau donor darah membatalkan puasa seseorang atau tidak. Namun, menurut mayoritas, melakukan salah satu tindakan (Hijamah atau Donor Darah) dapat membatalkan puasa Anda . 

Rasulullah (SAW) Allah SWT bersabda , “Orang yang berbekam dan orang yang berbekam sama-sama berbuka puasa .” (Sunan Ibnu Majah 1679)

Ketika seseorang berpuasa dan mendapat transfusi darah, maka diketahui juga bahwa puasanya batal karena darah adalah salah satu bentuk nutrisi (makanan dan air). Selain itu, mendapatkan perawatan nutrisi melalui jarum dan infus juga bisa membatalkan puasa .

6. Onani 

Masturbasi berarti melepaskan diri secara seksual dengan menggunakan tangan dan juga masuk dalam kategori nafsu. Oleh karena itu, hal tersebut dapat mengakibatkan Anda membatalkan puasa. Jika seseorang telah melakukan kesalahan ini, mereka harus bertaubat kepada Allah SWT dan melarang diri dari makan dan minum di sisa hari itu. 

“Dia meninggalkan makan dan minumnya dan bernafsu demi Aku.” ( HR . al-Bukhari, 1894; Muslim , 1151)

Sedangkan mimpi basah tidak membatalkan puasa. “ Barangsiapa mengalami mimpi basah ketika sedang berpuasa atau dalam keadaan ihram untuk haji atau umrah, maka tidak ada dosa baginya, dan dia tidak wajib melakukan kafaarah. Itu tidak mempengaruhi puasanya , tetapi dia harus mandi untuk membersihkan dirinya dari janabah (najis) jika maniy (air mani) keluar. (Fataawa al-Lajnah al-Daa'imah, vol. 10, hal. 274)

6 dari 6 halaman

7. Perdarahan dan Menstruasi Pasca Kelahiran 

Jika seorang wanita mendapat haid sebelum matahari terbenam, puasanya menjadi batal. Malik ditanya apa yang harus dia lakukan tentang puasa dan shalatnya, dan dia berkata , “Darah ini seperti darah haid. Ketika dia melihatnya, dia harus berbuka , dan kemudian mengqadha hari-hari yang dia lewatkan. Kemudian, ketika darahnya benar-benar berhenti, dia harus mandi dan berpuasa .” (Muwatta Malik Buku 18, Hadits 49)

Selain itu, dalam Sahih Al Bukhari 304 disebutkan, “Seorang wanita tidak boleh shalat dan tidak berpuasa selama haid.”

Hal-Hal Yang Tidak Membatalkan Puasa Anda

- Tidak sengaja minum atau makan.

- Menyikat gigi tanpa sengaja. 

- Mandi.

- Menelan air liur Anda .

- Muntah secara tidak sengaja.

- Penyisipan instrumen medis.

- Gas anestesi atau oksigen selama itu tidak memberi anda nutrisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.