Sukses

12 Penyebab Kiamat Menurut Sains

Penyebab kiamat menurut sains hasil penelitian para ilmuwan dari Future of Humanity Institute Oxford University dan Global Challenges Foundation.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kiamat menurut sains mungkin menjadi salah satu topik, yang membuat penasaran banyak orang di seluruh dunia. Hal ini membuat para ilmuwan dari Future of Humanity Institute Oxford University dan Global Challenges Foundation telah menyusun penelitian pertama tentang topik ini, menggambar 12 daftar kemungkinan penyebab kiamat secara sains.

Beberapa skenario kiamat muncul dari peristiwa yang berada di luar kendali kita, seperti asteroid yang menabrak Bumi atau letusan gunung berapi super, tetapi sebagian besar muncul dari kemajuan manusia. Beberapa dari perkembangan ini, terutama yang bersifat teknologi, berpotensi membawa manfaat besar bagi manusia, tetapi juga dapat menyebabkan kematian.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa penelitian ilmiah tentang kemungkinan penyebab kiamat, merupakan seruan untuk bertindak berdasarkan asumsi bahwa umat manusia mampu menghadapi tantangan dan mengubahnya menjadi peluang. Terdapat beberapa daftar ancaman, diurutkan dari yang paling tidak mungkin hingga yang paling mungkin terjadi.

Lantas apa saja penyebab kiamat menurut sains? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 12 penyebab kiamat menurut sains, Jumat (10/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kiamat Menurut Sains

1. Pandemi global

Penyakit apokaliptik tidak dapat disembuhkan seperti Ebola, dan efeknya hampir selalu fatal seperti rabies, sangat menular seperti flu biasa dan memiliki masa inkubasi yang lama seperti HIV. Jika fitur yang menghancurkan ini terjadi pada satu patogen tunggal, maka jumlah kematian akan sangat banyak. Sementara sumber daya yang signifikan telah didedikasikan untuk penelitian medis dan memerangi penyakit, transportasi modern dan populasi yang padat memungkinkan infeksi menyebar dengan cepat.

2. Supervolcano

Bahaya supervolcano, yang mampu menghasilkan letusan 1.000 kali lebih besar dari biasanya adalah jumlah aerosol dan debu yang dikirim ke atmosfer. Debu ini akan menyerap sinar Matahari dan menyebabkan 'musim dingin vulkanik' global,  dengan efek yang mirip dengan dampak asteroid atau perang nuklir. Dengan teknologi yang tersedia saat ini, hanya sedikit yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan.

3. Kecerdasan buatan

Mungkin ancaman apokaliptik yang paling banyak dibicarakan saat ini, mengacu pada pengembangan mesin dan perangkat lunak dengan kecerdasan tingkat manusia. Kecerdasan semacam itu tidak dapat dengan mudah dikendalikan, baik oleh kelompok yang membuatnya, atau badan internasional, dan mungkin akan dapat meningkatkan kecerdasan mereka sendiri.

Dan jika mereka memutuskan kemanusiaan jika tidak ada nilainya, mereka akan terdorong untuk membangun dunia tanpa manusia. Tetapi kecerdasan buatan semacam itu dapat dengan mudah memerangi sebagian besar risiko lain dalam laporan tersebut, menjadikannya alat yang sangat potensial. Saat ini, tidak ada yang tahu apakah ada risiko nyata dari kecerdasan mesin ekstrim dan oleh karena itu para peneliti memberikan perkiraan probabilitas yang luas.

4. Perubahan iklim yang ekstrim

Para ilmuwan saat ini memperkirakan perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia menambahkan karbon dioksida ke atmosfer dapat berarti suhu global rata-rata meningkat sebesar 4C. Tapi ada risiko bahwa pemanasan bisa jauh lebih ekstrim dari perkiraan, dan naik hingga 6C. Dampaknya akan paling kuat di negara-negara miskin, yang akan menjadi tidak dapat dihuni, penelitian menyimpulkan, dan menyebabkan kematian massal, kelaparan, dan migrasi massal.

3 dari 4 halaman

.

5. Biologi sintetik

Rekayasa genetika super-organisme dapat bermanfaat bagi umat manusia. Tapi pelepasan super-organisme yang menargetkan manusia, atau bagian penting dari ekosistem, bisa berakhir dengan bencana. Ini bisa bocor secara tidak sengaja atau sengaja, dalam kasus bio-warfare atau bio-terorisme. Dampaknya bisa lebih buruk daripada pandemi alami apa pun. Saat ini, upaya pengaturan atau pengaturan diri masih dalam tahap awal, dan mungkin tidak berkembang secepat penelitian.

6. Dampak asteroid

Ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tetapi dampak besar asteroid dapat menyebabkan akhir dunia. Tabrakan asteroid besar, dengan objek berukuran 5 km atau lebih terjadi sekitar sekali setiap 20 juta tahun dan akan memiliki energi 100.000 kali lebih besar dari bom terbesar yang pernah diledakkan. 

Benturan darat akan menghancurkan wilayah seukuran negara seperti Belanda. Jika asteroid menghantam, kehancuran akan disebabkan oleh awan debu yang ditembakkan ke atmosfer dan mempengaruhi iklim, pasokan makanan, dan menciptakan ketidakstabilan politik,  daripada dampak awalnya.

7. Keruntuhan ekologis

Kerusakan total ekosistem global seringkali menyebabkan kepunahan massal. Kemungkinan ini tergantung pada sejauh mana manusia bergantung pada ekosistem. Beberapa gaya hidup, misalnya, dapat dipertahankan jika mereka tidak bergantung pada jaringan. Apakah ini dapat dicapai dalam skala besar dalam praktiknya, terutama selama keruntuhan, akan menjadi tantangan teknologi, dan apakah itu sesuatu yang diinginkan, adalah pertanyaan etis.

8 Nanoteknologi

Manufaktur super presisi pada tingkat atom dapat menciptakan material dengan sifat baru yang akan sangat bermanfaat. Teknologi manufaktur ini dapat menawarkan beberapa masalah terbesar dunia termasuk menipisnya sumber daya alam, polusi, perubahan iklim, air bersih, dan bahkan kemiskinan. Tapi itu juga bisa mengarah pada pembuatan persenjataan besar senjata konvensional atau lebih baru yang dimungkinkan oleh pembuatan yang presisi secara atomik.

4 dari 4 halaman

.

9. Perang nuklir

Ancaman itu mungkin telah berkurang, tetapi potensi konflik nuklir yang disengaja atau tidak disengaja belum berkurang, dengan beberapa perkiraan menempatkan risiko di abad berikutnya sekitar 10 persen. Efeknya akan menyebabkan disintegrasi pasokan pangan global, membuat kelaparan yang meluas dan kemungkinan runtuhnya negara.

Apakah perang memiliki dampak yang lebih besar akan bergantung pada apakah itu memicu 'musim dingin nuklir' - penciptaan awan asap tinggi di atmosfer yang akan menghalangi sinar matahari, menurunkan suhu di bawah titik beku, dan mungkin menghancurkan lapisan ozon. Agar hal ini terjadi, bom tersebut harus memulai bom api besar yang dapat mengangkat debu di atmosfer.

10. Pemerintahan yang buruk

Ini mengacu pada dua kategori utama bencana pemerintah gagal memecahkan masalah besar yang dapat dipecahkan dan secara aktif menyebabkan hasil yang lebih buruk. Contoh yang pertama adalah kegagalan mengentaskan kemiskinan absolut; yang kedua, membangun negara totaliter global. Perubahan dalam teknologi, politik, dan masyarakat dapat mengarah pada terciptanya pemerintahan yang lebih baik, tetapi juga dapat memberi kita pemerintahan yang jauh lebih buruk.

11. Keruntuhan sistem global

Istilah luas ini mengacu pada keruntuhan ekonomi atau sosial dalam skala global yang melibatkan kerusuhan sipil dan gangguan hukum dan ketertiban yang membuat kelangsungan hidup manusia tidak mungkin terjadi di Bumi.

Ada terlalu banyak faktor yang tidak diketahui untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan hasil ini, tetapi efek seperti itu telah diamati dalam sistem yang terhubung secara rumit seperti ekologi dan keuangan. Kemungkinan keruntuhan lebih akut ketika beberapa jaringan saling bergantung satu sama lain.

12. Hal yang tidak diketahui

Kategori ini dapat mewakili semua hal yang tidak diketahui yang tidak diketahui atau risiko yang belum kita pikirkan atau tampak sangat tidak mungkin. Ini semua adalah hal yang tidak diketahui yang dapat menyebabkan akhir dunia. Salah satu resolusi untuk paradoks Fermi adalah bahwa kehidupan berakal menghancurkan dirinya sendiri sebelum mulai meluas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.