Sukses

Malaikat Penjaga Pintu Surga dan Neraka Adalah Ridwan dan Malik, Kenali Tugas-tugasnya

Malaikat penjaga pintu surga dan neraka perlu dikenali oleh setiap muslim.

Liputan6.com, Jakarta Malaikat penjaga pintu surga dan neraka adalah malaikat Ridwan dan malaikat Malik. Ridwan menjaga pintu surga, dan Malik menjaga pintu neraka. Seluruh umat Islam tentunya wajib untuk mengimani para malaikat, termasuk Ridwan dan Malik.

Iman kepada malaikat adalah Rukun Iman kedua, setelah iman kepada Allah SWT. Rukun Iman kedua ini menjelaskan bahwa manusia harus mempercayai adanya malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. 

Malaikat penjaga pintu surga dan neraka perlu dikenali oleh setiap muslim. Hal ini tentunya sebagai penerapan Rukun Iman, yaitu iman kepada Malaikat. Ada 10 malaikat dengan tugas berbeda-beda yang perlu dikenali umat Islam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/2/2023) tentang malaikat penjaga pintu surga dan neraka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Malaikat Penjaga Pintu Surga dan Neraka

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, malaikat penjaga pintu surga dan neraka yaitu malaikat Ridwan dan malaikat Malik. Malaikat penjaga pintu surga ini tentunya memiliki tugas-tugas yang berbeda. Bahkan, malaikat penjaga pintu surga dan neraka ini memiliki penampilan yang juga snagat jauh berbeda.

Pembahasan malaikat penjaga pintu surga dan neraka dimulai dengan malaikat Ridwan. Malaikat Ridwan adalah malaikat penjaga pintu surga yang akan menyambut para penghuni surga dengan ramah dan lemah lembut. Malikat Ridwan akan menyambut kedatangan para penghuni surga dengan salam, pujian, dan rasa gembira.

Malaikat Ridwan memiliki tampilan yang menyenangkan bagi seluruh penghuni surga. Seperti yang diriwayatkan Ibnu Katsir, “...dan penjaga surga adalah seorang malaikat yang bernama Ridwan sebagaimana datang dengan jelas di dalam beberapa hadist.”

Sementara itu, pembahasan malaikat penjaga pintu surga dan neraka selanjutnya yaitu mengenai malaikat Malik. Malaikat Malik adalah penjaga pintu neraka yang digambarkan dengan wujud menyeramkan, bahkan api neraka pun takut kepadanya. Malaikat Malik mempunyai tangan dan kaki yang bilangannya sama dengan jumlah ahli neraka. Setiap kaki dan tangan itu bisa berdiri dan duduk, serta dapat membelenggu dan merantai setiap orang yang dikehendakinya.

Menurut kisah, karena Malik memiliki wujudnya yang sangat menyeramkan, ketika Malik melihat kearah Neraka maka sebagian api memakan api yang lain karena rasa takutnya kepada Malik.

Jadi malaikat penjaga pintu surga dan neraka adalah malaikat Ridwan dan malaikat Malik. Di mana malaikat Ridwan bertugas menjaga dan mengatur kesejahteraan penghuni surga, sedangkan malaikat Malik bertugas menjaga dan mengatur siksa (azab) bagi para penghuni neraka.

3 dari 4 halaman

10 Malaikat dan Tugasnya

Setelah mengenali malaikat penjaga pintu surga dan neraka, kamu tentunya juga perlu mengetahui nama dan tugas-tugas malaikat lainnya. Ada 10 malaikat yang wajib kamu kenali, termasuk malaikat penjaga pintu surga dan neraka. Iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285.

“Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….”

Setiap malaikat memiliki tugasnya masing-masing. Berikut 10 malaikat beserta tugasnya:

- Jibril. Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril. Jibril berperan dalam menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul. Nama lain malaikat Jibril adalah Ruh al-Quds, ar-Ruh al-Amin, dan Namus.

- Mikail. Malaikat Mikail bertugas mengatur kesejahteraan makhluk, seperti mengatur awan, menurunkan hujan, melepaskan angin, dan membagi-bagikan rezeki.

- Israfil. Malaikat Israfil bertugas meniupkan terompet (sangkakala), saat dimulainya kiamat hingga saat hari berbangkit di Padang Mahsyar.

- Izrail. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup, baik  manusia, jin, iblis, setan, dan malaikat apabila telah tiba waktunya.

- Munkar. Malaikat Munkar bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

- Nakir. Malaikat Nakir bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

- Raqib. Malaikat Raqib bertugas mencatat semua pekerjaan baik setiap manusia sejak ±qil b±lig sampai akhir hayat.

- Atid. Malaikat Atid bertugas mencatat semua pekerjaan buruk setiap manusia sejak ±qil b±lig sampai akhir hayat.

- Ridwan. Malaikat Ridwan bertugas menjaga dan mengatur kesejahteraan penghuni surga.

- Malik. Malaikat Malik disebut juga malaikat zabaniyyah bertugas menjaga dan mengatur siksa (azab) bagi para penghuni neraka.

4 dari 4 halaman

Memahami Iman Kepada Malaikat

Iman kepada malaikat berarti mengimani keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Iman kepada malaikat juga berarti mengimani tugas dan amalan yang diberikan Allah pada malaikat.Malaikat adalah bentuk jamak dari kata malakun yang artinya pengutusan. Dalam Islam disebutkan bahwa malaikat diciptakan dari cahaya.

Malaikat merupakan ciptaan Allah SWT yang tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah. Meski begitu Allah menciptakan malaikat untuk selalu taat kepada-Nya. Malaikat adalah satu-satunya mahluk yang paling taat kepada Allah SWT. Pengertian iman kepada malaikat adalah meyakini jika malaikat itu ada dan senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk setiap manusia.

Iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Nisa’ ayat 136:

Allah berfirman “barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisa’: 136).

Allah juga telah berfirman dalam surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yang artinya,

“Para malaikat yang ada di sisi-Nya, mereka tidak angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.