Sukses

Malaikat yang Bertugas Meniup Sangkakala adalah Israfil, Kenali Perannya pada Hari Kiamat

Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah malaikat Israfil.

Liputan6.com, Jakarta Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah malaikat Israfil. Malaikat Israfil merupakan satu di antara sepuluh malaikat yang harus kamu kenali. Seperti yang telah diketahui, setiap malaikat memiliki tugasnya masing-masing. 

Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah Israfil. Bagi seorang muslim, iman kepada para malaikat haruslah tertanam dalam hati. Sebagai rukun iman yang kedua, seluruh umat Islam wajib mengimani para malaikat.

Kamu mungkin telah mempelajari tentang 10 malaikat beserta tugas-tugasnya di sekolah dasar. Nama-nama malaikat tersebut yaitu malaikat Jibril, Mikail, Izrail, Israfil, Raqib, Atid, Mungkar, Nakir, Ridwan, dan Malik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/1/2023) tentang malaikat yang bertugas meniup sangkakala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Malaikat yang Bertugas Meniup Sangkakala adalah Israfil

Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah malaikat Israfil. Malaikat Israfil akan meniup sangkakala pada hari kiamat, walaupun namanya tidak disebutkan di dalam Al-Qur’an. Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah Israfil, yang juga menjadi malaikat pertama yang diciptakan Allah SWT, juga yang pertama kelak dibangkitkan pada Hari Kiamat. Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah israfil, juga merupakan salah satu dari empat malaikat utama, bersama dengan Jibril, Mikail, dan Izrail.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah israfil tidak pernah muncul dalam Al-Qur’an. Namun, malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah Israfil dipercaya menjadi rujukan dari ayat Al-Qur’an berikut:

“...dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (Az-Zumar 39:68)

Malaikat Israfil selalu memegang terompet suci yang terletak di bibirnya selama berabad-abad, menunggu perintah Allah SWT untuk meniupnya pada hari kiamat.

3 dari 5 halaman

Peristiwa Kiamat dan Tiupan Sangkakala

Pada hari kiamat, malaikat Israfil meniup sangkakala sebanyak 3 kali tiupan. Tiupan pertama akan menghancurkan dunia beserta isinya, tiupan kedua akan mematikan semua makhluk hidup, dan tiupan ketiga akan membangkitkan orang-orang yang telah mati dan mengumpulkan mereka di Padang Mahsyar.

Detik-detik kiamat akan tiba dengan tiupan sangkakala oleh Malaikat Israfil. Kala itu, semuanya terkaget dan manusia jatuh pada kengerian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sebab, semua makhluk semula masih melakukan kegiatannya sehari-hari. Baik itu dari golongan manusia, malaikat, maupun jin.

Usai tiupan sangkakala pertama, maka akan terjadi kekacauan karena seluruhnya mengatahui bahwa kiamat sudah tiba. Tiupan pertama ini menyebabkan kaget, kepanikan, atau terkejutnya seluruh makhluk. Tiupan ini juga menyebabkan perubahan dan rusaknya keteraturan alam dunia. Tiupan kedua menyebabkan kematian seluruh makhluk. Sementara itu, tiupan ke tiga membangkitkan seluruh makhluk.

Sementara itu, sumber lainnya menyebutkan bahwa tiupan sangkakalah hanya dua kali saja. Ketika sangkakala ditiup pertama kali dan didengar manusia, maka mereka pun mati. Kemudian ditiuplah sangkakala ke dua kalinya, maka bangkitlah manusia dari kuburnya dan menunggu putusannya masing-masing. Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah malaikat Israfil.

4 dari 5 halaman

10 Malaikat Beserta Tugasnya

Berikut 10 malaikat beserta tugasnya:

- Jibril. Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril. Jibril berperan dalam menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul. Nama lain malaikat Jibril adalah Ruh al-Quds, ar-Ruh al-Amin, dan Namus.

- Mikail. Malaikat Mikail bertugas mengatur kesejahteraan makhluk, seperti mengatur awan, menurunkan hujan, melepaskan angin, dan membagi-bagikan rezeki.

- Israfil. Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah Israfil. Sangkakala ini ditiup saat dimulainya kiamat hingga saat hari berbangkit di Padang Mahsyar.

- Izrail. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup, baik  manusia, jin, iblis, setan, dan malaikat apabila telah tiba waktunya.

- Munkar. Malaikat Munkar bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

- Nakir. Malaikat Nakir bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

- Raqib. Malaikat Raqib bertugas mencatat semua pekerjaan baik setiap manusia sampai akhir hayat.

- Atid. Malaikat Atid bertugas mencatat semua pekerjaan buruk setiap manusia sampai akhir hayat.

- Ridwan. Malaikat Ridwan bertugas menjaga dan mengatur kesejahteraan penghuni surga.

- Malik. Malaikat Malik disebut juga malaikat zabaniyyah bertugas menjaga dan mengatur siksa (azab) bagi para penghuni neraka.

5 dari 5 halaman

Memahami Iman Kepada Malaikat

Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah Israfil wajib diimani oleh seluruh umat Islam. Iman kepada malaikat berarti mengimani keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Iman kepada malaikat juga berarti mengimani tugas dan amalan yang diberikan Allah pada malaikat.

Dalam Islam disebutkan bahwa malaikat diciptakan dari cahaya. Malaikat adalah satu-satunya mahluk yang paling yang taat kepada Allah SWT. Pengertian iman kepada malaikat adalah meyakini jika malaikat itu ada yang senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk setiap manusia.

Iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285.

“Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….”

Allah berfirman “barangsiapa yang kafir kepada Allaf, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisa’: 136).

Allah telah berfirman dalam surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yang artinya,

“Para malaikat yang ada di sisi-Nya, mereka tidak angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.