Sukses

Tomorrow Artinya Besok, Berikut Contoh Kalimat dan Arti Lainnya

Secara harfiah, tomorrow artinya adalah besok, atau hari setelah hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Secara harfiah, tomorrow artinya adalah besok, atau hari setelah hari ini. Dengan kata lain, jika hari ini adalah hari Rabu, maka tomorrow artinya adalah Kamis.

Tomorrow artinya adalah hari setelah hari ini. Dengan kata lain, tomorrow merupakan kata yang termasuk dalam kelompok kata keterangan waktu, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah adverbs of time.

Sebagai salah satu kata yang masuk kelompok kata adverbs of time, tomorrow artinya adalah waktu yang merujuk pada masa depan, yakni hari yang akan datang setelah hari ini. Dengan kata lain, tomorrow artinya adalah masa depan yang dekat.

Meski demikian, kata tomorrow kadang juga digunakan untuk merujuk pada masa depan yang jauh. Misalnya pada contoh kalimat berikut,

"Children are tomorrow's leaders. (Anak-anak adalah pemimpin masa depan)"

Pada kalimat tersebut, tomorrow tidak merujuk pada hari setelah hari ini, namun merujuk pada suatu masa yang jauh setelah hari ini. Meski dalam kalimat tersebut menggunakan kata tomorrow, namun bukan berarti bahwa anak-anak akan segera menjadi pemimpin ketika mereka bangun tidur keesokan harinya.

Untuk lebih memahami apa arti tomorrow dalam bahasa Inggris, penting untuk memahami apa itu kata keterangan waktu atau adverbs of time. Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (1/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Adverbs of Time

Tomorrow artinya adalah besok. Today artinya hari setelah hari ini. Dengan kata lain, jika hari ini adalah hari Rabu, maka yang dimaksud dengan tomorrow artinya adalah hari Kamis. Tomorrow merupakan salah satu kata yang masuk dalam kelompok kata adverbs of time.

Adverb of time adalah keterangan waktu, yakni kelompok kata yang digunakan dalam sebuah kalimat untuk menggambarkan kapan suatu tindakan yang disebutkan dalam kalimat itu terjadi. Adverb of time dapat diidentifikasi dengan mengajukan pertanyaan dengan kata tanya when (kapan). Bisa dipahami bahwa adverb of time merupakan jawaban dari pertanyaan dengan menggunakan kata tanya when (kapan).

Dalam sebuah kalimat, adverbs of time umumnya terletak di akhir kalimat. Misalnya seperti yang ada dalam beberapa contoh berikut:

1. You have school tomorrow. (Kamu sekolah besok)

2. We'll know more about her recovery tomorrow. (Kami akan tahu lebih banyak tentang pemulihannya besok.)

3. I'll wait until tomorrow. (Aku akan menunggu sampai besok.)

Meski demikian, kita bisa menempatkan adverbs of time, di mana saja termasuk di awal maupun di tengah kalimat, untuk memberikan penekanan. Misalnya saja seperti pada contoh kalimat berikut:

1. Tomorrow, we'll come here just before sunset. (Besok, kami akan datang ke sini sebelum matahari terbenam.)

2. I told her you'd go back tomorrow and try to find it. (Saya mengatakan kepadanya bahwa Anda akan kembali besok dan mencoba menemukannya.)

3 dari 4 halaman

Daftar Adverbs of Time

Tomorrow artinya adalah besok. Tomorrow artinya hari setelah hari ini. Jadi, jika hari ini adalah hari Rabu, makan besok artinya adalah hari Kamis. Tomorrow merupakan salah satu kata dalam bahasa Inggris yang termasuk dalam kelompok kata adverbs of time. Selain tomorrow, masih ada banyak lagi kelompok kata yang termasuk adverbs of time, antara lain sebagai berikut:

1. Soon artinya Segera

2. Daily artinya Harian

3. Weekly artinya Mingguan

4. Monthly artinya Bulanan

5. Yearly artinya tahunan

6. Annually artinya setiap tahun

7. Quarterly artinya triwulan

8. Tomorrow artinya besok

9. Yesterday artinya kemarin

11. Today artinya hari ini

12. Day before yesterday artinya hari sebelum kemari atau dua hari yang lalu

13. Day after tomorrow artinya hari setelah besok atau lusa

14. Recently artinya saat ini

15. Now artinya sekarang

16. Often artinya sering

17. Then artinya kemudian

18. Always artinya selalu

19. Currently artinya saat ini

20. Momentarily artinya sesaat

21. Rarely artinya jarang

22. Everyday artinya setiap hari

23. Immediately artinya langsung

24. Later artinya nanti

25. Last year artinya tahun lalu

26. Last month artinya bulan lalu

27. Last week artinya minggu lalu

28. Earlier artinya lebih awal

4 dari 4 halaman

Tomorrow artinya masa depan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tomorrow artinya adalah besok. Dengan kata lain tomorrow artinya adalah hari setelah hari ini. Bisa dikatakan bahwa tomorrow adalah kata yang merujuk pada waktu di masa depan yang dekat. Akan tetapi, tomorrow kadang juga digunakan untuk merujuk pada waktu yang ada di masa depan yang jauh.

Sederhananya, jika kita ingin berbicara dengan bahasa Inggris dan ingin mengungkapkan sesuatu tentang masa depan, selain bisa menggunakan kata future, kita juga bisa menggunakan kata tomorrow. Misalnya seperti yang ada pada beberapa contoh kalimat berikut:

Today's children are tomorrow's leaders. (Anak-anak hari ini adalah pemimpin masa depan.)

Pada contoh kalimat tersebut, kata tomorrow tentu tidak merujuk pada hari setelah hari ini. Sebab, sulit untuk membayangkan bahwa anak-anak akan langsung dapat menjadi pemimpin ketika mereka bangun di esok hari. Dengan kata lain, kata tomorrow pada kalimat tersebut merujuk pada masa depan yang jauh, mungkin sepuluh atau dua puluh tahun setelah hari ini.

Dari serangkaian penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa kata tomorrow memiliki dua arti yang berbeda tergantung penggunaannya dalam sebuah kalimat. Yang pertama, tomorrow adalah besok, atau hari setelah hari ini. Yang kedua, tomorrow artinya masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.