Sukses

Recovery Artinya Pemulihan, Ini Penjelasan, Pendekatan dan Sinonimnya

Recovery artinya dalam bahasa Indonesia adalah pemulihan, berikut penjelasan, pendekatan dan sinonimnya.

Liputan6.com, Jakarta Recovery artinya dalam bahasa Indonesia adalah pemulihan, merupakan istilah yang sering kita gunakan dan dengar. Recovery artinya bisa berbeda-beda, tergantung dari orang yang menggunakan kata ini. Secara umum, Recovery digunakan untuk membicarakan tentang periode setelah anda memulai suatu pengobatan. 

Recovery artinya adalah menandakan upaya untuk melewati proses penyembuhan dan ke fase berikutnya. Recovery artinya adalah periode yang menandakan bahwa anda tahu anda memiliki masalah dan anda sedang berusaha memperbaikinya. Namun perlu diingat bahwa Recovery tidak berarti anda segera memperbaiki masalah tersebut. 

Recovery artinya anda menyadari ada sesuatu yang salah, yang merupakan bagian penting untuk mendapatkan bantuan pengobatan. Recovery atau pemulihan merupakan gambaran dari sebuah perjalanan atau proses menuju kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan, baik dalam segi fisik maupun mental.

Untuk lebih memahami apa itu Recovery? Berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pengertian, pendekatan recovery untuk kesehatan mental, serta sinonimnya, Senin (30/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Recovery Artinya

Recovery artinya adalah proses pribadi yang dilalui orang dengan penyakit mental dalam mendapatkan kendali, makna dan tujuan dalam hidup mereka. Recovery melibatkan hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Bagi sebagian orang, Recovery berarti tidak adanya sama sekali gejala penyakit mental. 

Bagi yang lain, Recovery berarti menjalani kehidupan penuh di masyarakat sambil belajar hidup dengan gejala yang sedang berlangsung. Tujuan dari banyak layanan dan perawatan kesehatan mental sekarang adalah pemulihan. 

Recovery melibatkan perubahan dalam cara individu dengan penyakit mental berpikir, bertindak dan merasakan tentang diri mereka sendiri dan kemungkinan dalam hidup mereka. Ini juga membutuhkan perubahan dalam cara layanan didanai dan diatur, profesional kesehatan mental dilatih, dan kesuksesan diukur. 

Definisi Recovery digambarkan sebagai perjalanan menuju kesehatan secara keseluruhan. Meskipun jalan menuju pemulihan setiap orang terlihat berbeda, itu mengarah pada kehidupan yang penuh kekuatan, pengalaman dan wawasan. Recovery artinya adalah tentang mengubah sistem kesehatan mental sehingga benar-benar menempatkan orang tersebut sebagai pusatnya.

Ketika seseorang mengatakan bahwa mereka "dalam Recovery", biasanya itu berarti mereka menerima perawatan untuk kecanduan yang mereka alami, baik kecanduan alkohol, narkoba atau kecanduan lainnya. Selama anda berada dalam masa Recovery, anda tidak aktif menderita penyakit tersebut, meskipun hal itu mungkin masih berdampak pada anda dalam banyak hal. 

Orang dapat bertahan dalam Recovery seumur hidup mereka karena tidak ada obat untuk kecanduan, dan yang ada hanyalah pengobatan. Meskipun anda dapat mempertahankan pengobatan untuk waktu yang lama, anda tidak dapat meminum pil yang secara ajaib mengakhiri kecanduan anda.

3 dari 4 halaman

Pendekatan Recovery Untuk Kesehatan Mental

Pendekatan Recovery untuk penyakit mental adalah tentang membantu anda mengendalikan hidup anda sendiri. Anda memutuskan apa yang penting bagi anda dan seperti apa hidup anda, tidak hanya dalam hal gejala penyakit mental, tetapi secara holistik.

Saat anda mengambil pendekatan pemulihan, anda bekerja sebagai tim dengan dokter dan profesional kesehatan lainnya untuk mengetahui cara mencapai tujuan anda dan cara mengelola kesehatan mental anda. Anda berada di pusat perawatan anda dan itu akan menjadi pribadi dan unik bagi anda.

Mempromosikan pendekatan Recovery untuk perawatan kesehatan mental adalah bagian dari strategi kesehatan mental. Strategi ini menetapkan 6 prinsip utama yang dapat membantu anda memastikan bahwa pemulihan anda berjalan dengan lancar, yaitu:

1. Keunikan individu: Apakah anda merasa didukung untuk membangun kekuatan unik anda untuk menjalani kehidupan yang memuaskan?

2. Pilihan nyata: Apakah anda diberi cukup informasi untuk membuat pilihan berdasarkan informasi tentang perawatan dan pengobatan? Apakah anda didukung untuk mengambil tanggung jawab sebanyak yang anda bisa?

3. Sikap dan hak: Apakah hukum dan hak asasi manusia anda dianjurkan, dihormati dan dipromosikan? Apakah anda didukung untuk mengembangkan aktivitas yang bermakna bagi anda?

4. Martabat dan rasa hormat: Apakah Anda merasa diterima di layanan ini? Apakah budaya dan kepercayaan Anda dihormati?

5. Kemitraan dan komunikasi: Apakah layanan secara proaktif melibatkan anda dalam semua aspek perencanaan perawatan dan pengobatan dengan fokus pemulihan?

6. Mengevaluasi pemulihan: Apakah anda terlibat dalam meninjau dan menilai tujuan pemulihan anda?

4 dari 4 halaman

Sinonim Kata Recovery

Berdasarkan kamus bahasa Inggris - Indonesia. Kata Recovery artinya adalah pemulihan, repparasi, pembaruan, ganti rugi, penemuan kembali, perolehan kembali serta kesembuhan. Untuk menerangkan proses pemulihan, berikut ini adalah beberapa sinonim dari kata Recovery yang bisa anda gunakan.

1. Readjustment = Penyesuaian kembali

2. Reinstatement = Pemulihan kembali

3. Resumption = Dimulainya kembali

4. Reconstruction = Rekonstruksi 

5. Replacement = Penggantian 

6. Improvement = Peningkatan 

7. Rehabilitation = Rehabilitasi 

8. Improving = Meningkatkan 

9. Reformation = Reformasi 

10. Restoration = Restorasi 

11. Recreation = Rekreasi 

12. Return = Kembali 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.