Sukses

4 Cara Membuat Tas yang Mudah, Bisa Ciptakan Produk Berbeda dan Menarik

Ada banyk cara membuat tas yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas dalam membuat tas dari bahan bekas, adalah proses pemikiran dan eksplorasi ide-ide baru dalam menggunakan bahan-bahan bekas menjadi barang yang bernilai dan berguna.Terdapat banyak cara membuat tas yang mudah untuk dilakukan, seperti membuat tas dari bahan bekas, ban bekas, karung goni, atau bahan lainnya yang tersedia. Anda juga bisa membuat tas dari bahan-bahan seperti kulit, rotan, atau bambu. Cara pembuatan mungkin berbeda-beda, tergantung pada bahan yang digunakan, namun prinsip dasar pembuatan tas seperti mengukur, memotong, dan menjahit tetap sama.

Cara membuat tas juga mudah, di mana setelah prinsip dasar telah Anda lakukan, maka Anda juga bisa menambahkan aksesori seperti bros, pernak-pernik, atau aplikasi untuk memberikan sentuhan yang lebih personal. Anda juga bisa membuat tas dengan menggunakan mesin jahit, atau menjahit secara manual. Penting untuk memastikan bahwa jahitan kuat dan tidak mudah terlepas, terutama jika Anda membuat tas yang akan dipakai setiap hari. 

Cara membuat tas memungkinkan Anda untuk mengolah bahan-bahan bekas, memilih desain yang unik, dan memadukan warna dan aksesori untuk menciptakan produk yang berbeda dan menarik. Umumnya kreativitas membuat tas dari bahan bekas, memerlukan kemampuan berpikir out of the box dan memanfaatkan bahan-bahan yang ada, untuk membuat sesuatu yang baru dan berguna. 

Kreativitas dalam membuat tas dari bahan bekas, dapat membantu memperkaya gaya hidup dan mempromosikan gaya hidup yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Berikut ini beberapa cara membuat tas yang unik dari bahan bekas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tas dari Kain

Cara membuat tas dari kain bisa memakan waktu, dan membutuhkan banyak latihan dan kesabaran. Namun, jika Anda terus berlatih dan berkreativitas, Anda pasti akan berhasil membuat tas yang sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan: 

- Pilih kain - pilih kain yang kuat dan tahan lama seperti kanvas, jute, atau kain denim untuk bagian luar tas, dan kain lembut seperti flanel, katun, atau sifon untuk bagian dalam tas.

- Langkah selanjutnya, buat patahan kain bagian luar tas dengan ukuran (L) 42 cm x (W) 36 cm untuk bagian depan dan belakang, dan (L) 18 cm x (W) 36 cm untuk sisi kiri dan kanan.

- Buat patahan kain bagian dalam tas dengan ukuran (L) 40 cm x (W) 34 cm, lalu jahit kain bagian dalam pada bagian luar tas dengan jarak sekitar 1 cm dari tepi, dengan bagian lembut menghadap ke dalam.

- Jahit bagian bawah kain bagian dalam sekitar 1,5 cm dari tepi, dan jahit bagian sisi kanan dan kiri tas pada bagian depan dan belakang tas, dengan jarak sekitar 1 cm dari tepi.

- Jahit bagian bawah tas sekitar 2 cm dari tepi, lalu jahit pegangan tas dengan ukuran (L) 40 cm x (W) 4 cm pada bagian atas tas dengan jarak sekitar 7 cm dari tepi atas.

- Selanjutnya, jahit pegangan dengan jarak sekitar 20 cm dari tepi tas. Kemudian, jahit penutup atau resleting pada tas untuk menutup dan membuka tas dengan mudah.

- Anda bisa letakkan resleting sekitar 25 cm dari tepi atas tas, lalu lipat bagian bawah tas sebanyak 2 cm dan jahit untuk menyelesaikan proses pembuatan tas.

- Berikutnya, untuk memberikan perlindungan terhadap tas maka Anda bisa memoles tas, dengan lilin kain atau menambahkan lapisan pelapis air untuk membuat tas lebih tahan air.

- Lakukan uji tas Anda dengan membawanya, dan memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan bahwa tas nyaman untuk digunakan.

- Tahap akhir, Anda bisa tambahkan detail seperti label untuk menunjukkan bahwa tas ini adalah produk Anda sendiri. Anda juga bisa menambahkan aplikasi, pernak-pernik, atau bantalan untuk memberikan sentuhan tambahan pada tas.

 

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tas dari Bahan Bekas

Cara membuat tas dari bahan bekas, memerlukan kreativitas dan kemampuan menjahit yang baik. Berikut ini langkah dan tahap yang bisa Anda lakukan: 

- Pertama, pilih bahan bekas yang akan digunakan, dan pastikan bahan tersebut masih kuat dan tidak mudah rusak.

- Langkah selanjutnya potong bahan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

- Pastikan untuk memotong dengan presisi, agar tas yang dibuat terlihat rapi. Jika bahan bekas memiliki bagian yang kasar, gunakan alat seperti pemoles untuk membuat permukaan halus.

- Gabungkan bagian-bagian yang sudah dipotong dengan menjahit, dan pastikan untuk memilih jarum dan benang yang sesuai dengan bahan bekas yang digunakan.

- Tambahkan aksesori seperti bros, pernak-pernik, atau aplikasi untuk memberikan sentuhan yang lebih personal.

- Cara membuat tas sudah selesai, dan Anda berhasil membuat tas dari bahan bekas. Selalu pastikan untuk melakukan perawatan secara rutin, agar tas tetap terlihat baik dan bertahan lama.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tas dari Karung Goni

Cara membuat tas dari karung goni memerlukan kemampuan menjahit yang baik, kesabaran, dan kreativitas. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti di rumah: 

Siapkan Bahan

- Karung goni berkualitas baik, ukuran sesuai kebutuhan

- Benang jahit berwarna sesuai dengan warna karung goni

- Jarum jahit

- Gunting pemotong kain

- Langkah pertama adalah potong karung goni menjadi 2 bagian, masing-masing dengan ukuran sesuai keinginan.

- Ukur dan potong dengan presisi, agar tas yang dibuat terlihat rapi.

- Letakkan kedua bagian karung goni saling bersebrangan, dan jahit bagian-bagian tersebut bersama-sama.

- Selanjutnya, pastikan jarak antar jahitan tetap rata dan rapi, lalu tambahkan pegangan tas.

- Anda bisa ambil sepotong karung goni yang lebih kecil, dan lipat menjadi 2 bagian. Jahit bagian-bagian tersebut dengan jarak yang sama, lalu lipat pegangan tas yang sudah jahit setengah dan jahit pada bagian atas tas.

- Gunakan benang yang kuat, agar pegangan tas tidak mudah terlepas. Anda bisa menambahkan aksesori seperti bros, pernak-pernik, atau aplikasi untuk memberikan sentuhan yang lebih personal.

- Langkah terakhir, jahit bagian-bagian yang terbuka pada tas dan rapikan seluruh bagian. Tas dari karung goni sudah siap untuk digunakan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tas dari Ban Bekas

Cara membuat tas dari ban bekas cukup mudah untuk dilakukan, Anda tinggal mengikuti beberapa langkah di bawah ini. 

Siapkan bahan-bahan

- Ambil ban bekas berkualitas baik yang masih kuat dan tidak mudah rusak.

- Siapkan benang

- Jarum

- Pemotong.

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah potong ban bekas menjadi dua bagian, masing-masing dengan ukuran sesuai kebutuhan.

- Letakkan kedua bagian ban bekas bersama-sama, dan pastikan untuk memotong dengan presisi agar tas yang dibuat terlihat rapi.

- Langkah selanjutnya, gabungkan kedua bagian ban bekas yang sudah dipotong dengan menjahit. Jahit bagian-bagian tersebut secara bersamaan, dengan jarak yang sama agar bentuk tas terlihat rata.

- Tambahkan pegangan tas dengan menjahit ban bekas pada bagian atas tas, lalu gunakan benang yang kuat agar pegangan tas tidak mudah terlepas.

- Anda bisa menambahkan aksesori seperti bros, pernak-pernik, atau aplikasi untuk memberikan sentuhan yang lebih personal.

- Setelah selesai menjahit, di mana jahit bagian-bagian yang terbuka dan selesai maka Anda sudah berhasil, membuat tas dari ban bekas.

- Ingatah bahwa pembuatan tas dari ban bekas, memerlukan kemampuan menjahit yang baik, kesabaran, dan kreativitas. Jika Anda masih pemula, mulailah dengan membuat tas yang sederhana dan berlatih hingga mahir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.