Sukses

Ya Sayyidi Ya Rasulullah Lirik Latin Beserta Artinya, Muslim Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Ya Sayyidi Ya Rasulullah adalah salah satu sholawat nabi yang mungkin sudah sering didengarkan oleh umat Islam. Bacaan sholawat ini jika dibacakan dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi salah satu bentuk ibadah.

Sholawat nabi bisa menjadi sebuah bentuk ibadah karena hal ini membuat kamu selalu mengingat Rasulullah SAW. Membaca sholawat nabi sama artinya dengan memohon doa kepada Allah SWT untuk Rasulullah SAW. 

Lirik Ya Sayyidi Ya Rasulullah tentunya perlu kamu kenali dan pahami. Bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah yang tidak begitu sulit dilakukan ini, kamu bisa menghafalkannya dan melafalkannya setiap hari secara rutin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2023) tentang ya sayyidi ya Rasulullah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Lirik Ya Sayyidi Ya Rasulullah

Ya Sayyidi Ya Rasulullah adalah salah satu sholawat nabi yang sangat sering dilafalkan oleh umat Islam di Indonesia. Sebagai salah satu bentuk sholawat, melafalkan lirik Ya Sayyidi Ya Rasulullah bisa menjadi sebuah bentuk ibadah, karena hal ini membuat kamu selalu mengingat Rasulullah SAW. Membaca sholawat nabi sama artinya dengan memohon doa kepada Allah SWT untuk Rasulullah SAW. 

Ya Sayyidi Ya Rasulullah merupakan sholawat yang disusun oleh Imam Al-Hadad. Sholawat ini merupakan kasidah yang berisikan permohonan seorang muslim kepada Nabi Muhammad SAW untuk mendoakannya, agar dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT.

Lirik Ya Sayyidi Ya Rasulullah perlu kamu diketahu oleh setiap muslim. Melansir KapanLagi, berikut lirik Sholawat Nabi Ya Sayyidi Ya Rasulullah:

 

Ya Sayyidi Ya Rasulallah

Ya Man lahul Jaa ’Indallah

Innal Musii Inna Qodja’uu

Lidzambi Ya Astagfirunallah

 

Ya Sayyidi Ya Rasulallah

Ya Man lahul Jaa ’Indallah

Innal Musii Inna Qodja’uu

Lidzambi Ya Astagfirunallah

 

Ya Sayyidar Rusli Ya Thohir

Ya Ghoyatal Qoshdi Wasyani

Sholla ’Alaikal ’Alal Qodiir

Fikulli Waakhtim Wa Ahyani

 

Ya Sayyidi Ya Rasulallah

Ya Man lahul Jaa ’Indallah

Innal Musii Inna Qodja’uu

Lidzambi Ya Astagfirunallah

 

Ya Sayyidar Rusli Ya Thohir

’Abduk ‘Alaa Babikum Hami

Daim Limaan Rufiku Syakir

Fikulli Waakhtim Wa Ahyani

 

Ya Sayyidi Ya Rasulallah

Ya Man lahul Jaa ’Indallah

Innal Musii Inna Qodja’uu

Lidzambi Ya Astagfirunallah

 

Ya Ahlal Baiti Rasulillah

Ya Ahlal Karoom Wa Ahlal Wafa’

Ghitsu Ubaidan Qod Hafaa

Haair Mudhoii Ilil Ma’ad

 

Ya Sayyidi Ya Rasulallah

Ya Man lahul Jaa ’Indallah

Innal Musii Inna Qodja’uu

Lidzambi Ya Astagfirunallah

 

3 dari 4 halaman

Arti Lirik Ya Sayyidi Ya Rasulullah

Setelah mengenali lirik Ya Sayyidi Ya Rasulullah, kamu tentunya juga perlu memahami maknanya. Melafalkannya tanpa memahami arti dan maknanya tentunya kurang afdhol dan membuat ibadah ini akan sia-sia bagi seorang muslim. Berikut arti lirik Ya Sayyidi Ya Rasulullah:

 

Wahai tuanku,wahai Rasulullah...

Wahai Rasul yang mempunyai kedudukan sangat tinggi di sisi Allah swt...

Wahai Rasulullah, sungguh orang yang berdosa ini telah datang kepadamu, Dengan membawa tumpukan dosa-dosa, dan kini berharap engkau memintakan kami ampunan Allah...

Wahai junjungan para rasul dan sebagai pembimbing kami, Kami sangat berharap agar engkau datang kepada kami saat ini juga...

Wahai pemimpin para wali wali qutub, engkaulah sumber dari semua kebenaran dan rahasia-rahasia yang ada...

 

Lirik Ya Sayyidi Ya Rasulullah berisikan tentang seorang muslim yang meminta kepada Nabi Muhammad SAW untuk mendoakannya, agar Allah SWT mengampuni dosa-dosanya. Sholawat ini berisikan puji-pujian terhadap Rasulullah SAW dan menunjukkan betapa butuhnya seorang muslim terhadap doa dari Rasulullah SAW. Kamu tentunya dapat melafalkannya setiap hari secara rutin agar mendapatkan lebih banyak manfaat.

4 dari 4 halaman

Mengenal Sholawat

Secara bahasa, sholawat adalah bentuk jamak dari kata Salla yang memiliki arti; doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah. Sementara itu, sholawat menurut syar’i atau istilah diartikan sebagai pujian kepada Nabi. Hukum membaca sholawat nabi adalah sunah muakkad. Namun sebagai salah satu rukun sholat, sholawat tentunya wajib dan selalu dibaca pada akhir tasyahud akhir. 

Doa nabi merupakan syafaat, dan semua ulama telah sepakat bahwa doa nabi tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Ada hadis nabi tentang sholawat, yaitu dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan jangan lah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.” (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan).

Bacaan sholawat yang paling ringkas dan sesuai dalil-dalil yang shahih, yaitu:

“Allahumma shallii wa sallim ‘alaa nabiyyinaa Muhammad.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad).

Sholawat tersebut merupakan yang paling ringkas dan tentunya sudah dikenali oleh setiap muslim. Ada beberapa bacaan dan arti sholawat lainnya yang perlu kamu kenali, seperti sholawat Nariyah, sholawat Fatih, sholawat Ma’tsuroh, sholawat Mukafaah, dan sholawat Ibrohimiyah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS