Sukses

Font Arab Keren untuk Desain Islami, Kenali Jenis-Jenis Font Lainnya

Font Arab digunakan tentunya bertujuan untuk menyelaraskan desain dengan nilai-nilai islami.

Liputan6.com, Jakarta Font Arab kerap kali dicari oleh para desainer saat adanya hari besar Islam. Hal ini tentunya untuk membuat berbagai macam desain di hari-hari penting, seperti di Bulan Ramadan, Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Maulid Nabi, hingga Isra’ Mi’raj. 

Font Arab digunakan tentunya bertujuan untuk menyelaraskan desain dengan nilai-nilai islami. Ada berbagai macam font Arab yang bisa kamu gunakan untuk desain. Setiap font tersebut tentunya memiliki bentuk yang berbeda-beda, jadi kamu harus memilih yang paling cocok dengan tema desain yang diusung.   

Font Arab bisa berupa tulisan dengan bahasa Arab ataupun tulisan huruf abjad tapi dengan gaya huruf Arab. Kamu tentunya familier dengan tulisan Arab yang hurufnya meliuk-liuk, maka kamu juga bisa menggunakan font Arab ini dalam huruf abjad.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/1/2023) tentang font Arab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Font

Sebelum mengenali font Arab keren untuk desain Islami, kamu perlu memahami apa itu font terlebih dahulu. Font adalah bagian penting dalam sebuah penulisan atau desain. Font adalah sekumpulan karakter teks yang dapat ditampilkan dalam gaya dan ukuran tertentu. Font dapat membuat kamu merepresentasikan sebuah tulisan dengan lebih baik sesuai tujuannya.

Ada berbagai macam font yang bisa kamu gunakan untuk berbagai tujuan. Biasanya, sudah ada berbagai macam font yang terinstal di komputer kamu.  Namun, kamu juga bisa mendownload jenis font lainnya yang tersedia di internet.  Jenis font ini memiliki ragam jenis dan model, terkadang tampilan dari font tersebut jauh lebih estetik dari font default di komputer.

Mengenali macam font merupakan dasar penting dalam belajar tipografi. Tipografi adalah seni mengatur huruf dan teks dengan cara yang membuat salinan terbaca, jelas, dan menarik secara visual bagi pembaca. Tipografi melibatkan macam font, tampilan, dan struktur, yang bertujuan untuk memperoleh emosi tertentu dan menyampaikan pesan tertentu.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Font

Jenis-jenis font perlu kamu kenali sebelum mengetahui font Arab yang keren untuk desain Islami. Apalagi dengan mengetahui jenis-jenis font, tipografi dapat dibuat dengan benar. Jenis font secara mendasar terbagi dalam empat tipe, yaitu serif, sans serif, script, dan decorative. 

Font Serif

Serif adalah macam font yang memiliki ciri khas berupa garis kecil atau stroke secara teratur melekat pada ujung huruf. Dalam tipografi, serif adalah goresan ekstra kecil yang ditemukan di akhir goresan vertikal dan horizontal utama dari beberapa huruf. Istilah "font serif" mengacu pada gaya jenis apa pun yang memiliki serif.

Font serif sangat populer dan telah ada selama bertahun-tahun. Times New Roman adalah salah satu contoh font serif. Font dengan serif sangat berguna untuk blok teks yang besar. Serif memudahkan mata untuk menelusuri teks. Sebagian besar buku, surat kabar, dan majalah menggunakan font serif untuk keterbacaannya. Font serif tidak begitu berguna untuk desain web, terutama jika digunakan dalam ukuran kecil. Karena resolusi layar beberapa monitor komputer rendah, serif kecil dapat hilang atau kabur, yang membuat teks sulit dibaca.

Font Sans Serif

Dalam tipografi, sans serif merupakan macam font yang tidak memiliki fitur perluasan yang disebut "serif" di akhir goresan. Font sans-serif cenderung memiliki variasi lebar goresan yang lebih sedikit daripada font serif. Mereka sering digunakan untuk menyampaikan kesederhanaan dan modernitas atau minimalis.

Font sans-serif telah menjadi yang paling umum untuk tampilan teks di layar komputer. Pada tampilan digital beresolusi lebih rendah, detail halus seperti serif mungkin hilang atau tampak terlalu besar. Ini membuat font sans serif lebih mudah dibaca pada tampilan digital.

Font Script

Jenis font script didasarkan pada stroke yang bervariasi dan sering kali cair yang dibuat oleh tulisan tangan. Singkatnya,font skrip adalah font yang meniru tulisan tangan. Ada dua jenis utama font skrip. Font skrip formal dan font skrip kasual. Font skrip formal adalah skrip mewah yang membangkitkan tulisan tangan master yang luar biasa. Font skrip kasual, di sisi lain, menyerupai kaligrafi hanya dengan sedikit sapuan.

Font Decorative

Ini adalah kategori terbesar dan juga paling beragam. Jarang digunakan untuk blok teks yang panjang, tipografi dekoratif populer untuk signage, headline dan situasi serupa pernyataan tipografi yang kuat yang diinginkan. Macam font decorative sering mencerminkan aspek budaya – seperti tato atau grafiti – atau membangkitkan keadaan pikiran, periode waktu, atau tema tertentu.

Beberapa jenis dekoratif digambar tangan atau mungkin dibuat dari jenis digital yang telah dimanipulasi dalam editor font atau program grafis agar sesuai dengan tujuan tertentu seperti papan nama buletin atau logo. Ada banyak contoh font dekoratif seperti Calligraphy, Tattoo, Cursive, Lettering, Handwriting, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Font Arab untuk Desain Islami

Font Arab untuk desain Islami tentunya lebih mengarah kepada jenis font decorative. Hal ini karena font Arab ini digunakan untuk desain dan bertujuan agar desain tersebut dapat memunculkan suasana yang Islami atau budaya Arab.

Font Arab biasanya digunakan saat kamu membuat desain bertemakan Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, bulan Ramadan, Maulid Nabi, hingga Isra’ Mi’raj. Font Arab tentunya dapat merepresentasikan desain tersebut sebagai desain memperingati hari raya Islam. Melansir 1001fonts.com, berikut beberapa font Arab untuk desain islami yang bisa kamu gunakan:

- Ceria Lebaran by Gunarta

- Kahfi by nurfdesigns

- Zanzabar by Sharkshock

- Sinbad the Sailor by vladimirnikolic

- Bismillah Script by Mikrojihad

- Lalezar by Borna Izadpanah

- Al Athara Sabil by ghielzact

- Shayan by typefactory

- Sparkling Khufis by Dafsyaja

- La Gagliane by Hishand-Studio

- Ramadhani by eknoji

- An Nisa by Mevstory Studio

- Zefir by stormag

- Basmala by afkaristudio

- albarokah by NeutroneLabs

- Rabiul Free Trial by typefactory

- Hakan Free Trial by typefactory

- Ramadhanfest by andikafez

- Blessed Eid Demo by CalligraphyFonts

- Shalleh by Akifatype

- Arabica by Manuel Ramos

- Delik Free Trial by typefactory

- Assyam by typotopia

- Marhaban by Alpaprana

- Marhaban Ramadhan DEMO by Omotu Studio

- Astaghfirulloh Demo by VinType

- Miracle Ramadhan by Alpaprana

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.