Sukses

12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pelajar

Kumpulan cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar yang pasti untung.

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua belas cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar yang bisa dicoba. Internet akan membantu menjembatani karya pelajar dilihat, diperhatikan, bahkan dibeli oleh lebih banyak orang. Seperti apa cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar tersebut?

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar adalah memanfaatkan YouTube, Instagram, Twitter, hingga TikTok. Media sosial ini bisa dimanfaatkan untuk berperan sebagai afiliasi, influencer, hingga konten kreator.

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar juga bisa dengan jasa jual-beli memanfaatkan marketplace seperti menjadi dropshipping. Selain itu, bisa pula dengan memanfaatkan jasa pre-order hingga jual-beli pulsa elektrik.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam dua belas cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar, Minggu (18/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pelajar

1. YouTube

Cobalah memanfaatkan YouTube sebagai cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar. Buatlah konten video yang menarik dan mengunggahnya di kanal YouTube. Jika video berhasil mendapatkan iklan dan banyak penonton, uang akan mengalir dengan sendirinya.

Ini termasuk salah satu bisnis online tanpa modal besar. Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar ini menjadi kesempatan baginya mengasah kreativitas hanya dengan bermodal kamera smartphone dan koneksi internet.

2. TikTok

Cobalah cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar dengan memanfaatkan aplikasi TikTok. Orang-orang akan terbawa arus viral dan ketika viral, maka traffic penonton pasti akan tinggi.

Momentum ini bisa dimanfaatkan untuk ikut membuat konten yang sedang viral sebagai cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar. Tapi jangan lupa, harus tetap unik dan berbeda, ya.

Terkadang masih banyak yang memandang orang lain dari luarnya terlebih dahulu. Tidak perlu dilawan, ikuti saja kebiasaan tersebut. Bisa pula memanfaatkan ‘judging’ penonton TikTok tersebut dengan berpenampilan menarik.

Selayaknya Instagram dan Twitter agar lebih mudah dicari oleh orang-orang maka bisa menggunakan tagar. Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar dengan TikTok perlu menggunakan tagar populer, tujuannya agar meningkatkan peluang orang-orang mampir ke akun TikTok Anda.

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar ini, sebisa mungkin membuat jadwal unggah video TikTok. Misalnya, bisa mengunggah satu video TikTok dalam satu minggu di hari Sabtu ketika orang-orang sedang libur dan aktif di sosial media.

3. Afiliasi

Jika ada yang belum tahu, afiliasi adalah program penawaran produk atau jasa orang lain namun jika konsumen membeli barang melalui link, maka seseorang akan mendapatkan uang. Ini cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar yang wajib dicoba.

Lantas bagaimana cara kerjanya? Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar, hanya tinggal membuat situs web atau blog, bahkan bisa juga media sosial atau buletin email atau apa pun. Kini afiliasi banyak dipraktikkan di media sosial, barang yang dikenakan bisa langsung sekaligus dipromosikan.

4. Blogging

Jangan pernah meremehkan Blog. Memanfaatkan Blogging adalah cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar. Uang bisa datang dengan sendirinya jika blog bisa berhasil mendapatkan pembaca.

Pada prosesnya, cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar ini diperlukan kerja keras dan ilmu SEO di dalamnya. Jika berhasil, maka keuntungan yang didapatkan tidak ada batas. Blogging mempunyai kelebihan yaitu tidak memiliki resiko apapun jadi tidak perlu takut mencoba menjadi blogger.

5. Dropshipping

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar bisa dengan dropshipping. Ini istilah untuk membantu menjual barang milik orang lain. Pengguna bisa melakukan dropshipping dengan mempromosikan barang milik toko lain dalam media sosial.

Jika ada pembeli yang tertarik, tugas yang harus dilakukan agar mendapatkan uang adalah hanya menghubungi seller agar mereka dapat mengirimkan barang ke konsumen tersebut. Dari setiap barang yang berhasil dijual, maka seseorang akan mendapatkan uang.

6. Freelancer

Jika suka menggunakan sosial media, jangan sampai ketinggalan untuk memiliki akun di Linkedin. Mengapa demikian?

Sudah waktunya bagi seseorang membangun relasi dan profil profesional. Mempromosikan skill di LinkedIn adalah langkah bijak untuk mengembangkan sayap di dunia luar.

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar ini memang seperti tidak memungkinkan, tetapi apa salahnya mencoba? Manfaatkanlah internet untuk membangun relasi sebaik mungkin.

Salah satu jasa freelance yang bisa dilakukan dengan smartphone adalah menjadi penulis, seperti menjadi kontributor penulis yang menjual artikel per tulisan.

3 dari 3 halaman

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pelajar

7. Bisnis Barang Pre-Order

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar adalah bisnis barang pre-order. Barang seperti kaos, tas, sepatu, dan sebagainya bisa ditawarkan kepada pelanggan lewat sistem pre-order. Manfaatkanlah modal kecil karena sudah mendapat uang muka dari calon pembeli.

8. Podcaster

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar adalah menjadi seorang podcaster. Saat orang lain bisa menemukan cara mendapatkan uang dari internet melalui tulisan, foto, atau gambar, kalian juga bisa menghasilkan karya dalam format audio untuk "dijual."

Cara kerjanya adalah mendapat sponsor untuk mendapat iklan yang disisipkan dalam perbincangan. Ini akan semakin menyenangkan jika seseorang memiliki suara yang khas dengan pelafalan dan intonasi yang bagus.

9. Jual Foto

Bagi yang hobi fotografi, cobalah cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar dengan menjual foto di berbagai situs penyedia foto berbayar. Tidak perlu menggunakan kamera yang mahal-mahal, cukup menggunakan smartphone saja.

Satu hal yang penting dari cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar, foto yang dijual adalah foto yang dibutuhkan oleh para pengguna foto tersebut nantinya, maka fotomu akan dibeli.

Ada beberapa situs web yang bisa dimanfaatkan untuk menjual stok foto, seperti iStockphoto, Shutterstock, Pixabay, dan lain-lain. Tinggal di Indonesia juga menjadi keuntungan tersendiri dengan alamnya yang indah. Akan ada banyak orang yang membeli fotomu bila memang hasil jepretanmu bagus.

10. Jual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa elektrik adalah cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar. Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan kebutuhan telepon serta internet.

Menjual pulsa elektrik hanya perlu menggunakan modal satu juta rupiah.  Waktu yang diperlukan untuk menjual pulsa juga cukup fleksibel. Hanya perlu melakukan deposito pulsa sesuai nominal modal. Pulsa elektrik juga tidak akan kadaluwarsa. Meski harus terjual lebih lama, penjual tidak akan mengalami kerugian.

11. Survei Berbayar

Cobalah cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar dengan melakukan survei berbayar. Ada sebuah perusahaan yang sangat membutuhkan opini tentang suatu produk yang mereka hasilkan. Maka dari itu, sejumlah perusahaan ada yang menyediakan survei berbayar pada website yang mereka miliki.

Di dalam survei yang dilakukan itu nantinya akan mendapatkan poin dan di tiap survei biasanya mendapatkan poin yang berbeda. Setelah poin tersebut menunjukkan angka tertentu maka seseorang bisa menukarnya dengan kebijakan dari website itu sendiri. Biasanya poin tersebut bisa ditukar dengan voucher belanja, uang tunai, dan pulsa.

12. Menjual Desain

Sama halnya jasa menulis artikel, cobalah cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar dengan menjual desain. Bagi yang mempunyai keahlian desain bisa manfaatkan kemampuan ini.

Cobalah menawarkan jasa atau hasil karya di situs jual beli desain semacam Freepic dan Shutterstock. Jika memang ahli di bidang ini, ada baiknya bergabung ke grup-grup desain yang ada di Facebook, Channel Telegram atau di platform lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.