Sukses

PT Nippon Indosari Corpindo, Produsen Roti Massal Pertama di Indonesia

Selain memproduksi beraneka varian roti, PT Nippon Indosari Corpindo juga merambah ke varian produk kue dengan merek dagang Sari Kue.

Liputan6.com, Jakarta Sari Roti merupakan salah satu merek roti yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Jangkauan pemasaran yang cukup luas membuat Sari Roti menjadi merek yang cukup terkenal di kalangan masyatrakat Indonesia. Produsen merek roti ini adalah PT Nippon Indosari Corpindo.

Selain memproduksi beraneka varian roti, PT Nippon Indosari Corpindo juga merambah ke varian produk kue dengan merek dagang Sari Kue. Sambutan pasar terhadap produk buatan PT Nippon Indosari Corpindo cukup positif, sebab rasa produknya sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Selain itu, produk Sari Roti dan Sari Kue dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Sari Roti mampu mengungguli merek lain dengan jaringan pemasaran yang dimiliki. Berikut ulasan Liiputan6.com tentang bisnis PT Nippon Indosari Corpindo yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT Nippon Indosari Corpindo

PT Nippon Indosari Corpindo merupakan produsen roti massal yang pertama dan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi beragam produk dengan merek dagang Sari Roti dan Sari Kue yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Untuk menambah nilai lebih pada produknya, PT Nippon Indosari Corpindo menjamin produknya halal, berkualitas, aman dikonsumsi, dan terjangkau.

Saat ini PT Nippon Indosari Corpindo mengoperasikan 14 pabrik yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Ke-14 pabrik tersebut berlokasi di Medan, Batam Palembang, Cikande, Cikarang, Purwakarta, Cibitung, Semarang, Gresik, Pasuruan, Makassar, Banjarmasin,dan Balikpapan.

Dengan 14 pabriknya, Sari Roti dan Sari Kue memiliki sebaran distribusi lebih dari 70.000 titik penjualan pada kanal modern maupun kanal tradisional di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2010, perusahaan ini mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ROTI.

PT Nippon Indosari Corpindo membentuk satu anak perusa bernama PT Indosari Niaga Nusantara untuk mendukung distribusi produknya. PT Indosari Niaga Nusantara menjadi distributor tunggal produk Sari Roti dan Sari Kue ke seluruh titik distribusi.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Usaha PT Nippon Indosari Corpindo

Perjalanan usaha PT Nippon Indosari Corpindo bermula pada 1995 dengan pendirian perusahaan dengan nama PT Nippon Indosari Corporation di Cikarang, Jawa Barat. Setahun kemudian, merek dagang Sari Roti resmi diluncurkan dengan beberapa varian sekaligus.

Sambutan pasar yang positif mendorong PT Nippon Indosari Corporation Untuk meningkatkan kapasitas produksinya pada 2001. Tentu saja ini menjadi upaya  memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Bisnis roti segmen produksi massal Nippon Indosari berkembang pesat.

Nama perusahaan kemudian berubah menjadi PT Nippon Indosari Corpindo pada 2003. Dua tahun kemudian, Nippon Indosari memperluas penetrasi pasar ke wilayah Timur dengan mengoperasikan pabrik kedua di Pasuruan, Jawa Timur. Perluasan jaringan pasar dilanjutkan pada 2008 dengan membuka pabrik ketiga di Cikarang, Jawa barat.

PT Nippon Indosari Corpindo melakukan Penawaran Umum Saham Perdana pada tahun 2010 di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ROTI. setelah menjadi perusahaan terbuka, Nippon Indosari melanjutkan usahanya dengan memperluas jaring distribusi dan mengoperasikan 5 pabrik baru. 

Pada 2011, Nippon Indosari membuka dua pabrik baru yang berlokasi di  Semarang dan Medan. Dilanjutkan pada 2012, membuka satu pabrik di Cibitung, kemudian pada 2013 dibuka dua lagi pabrik di Makassar dan Palembang. Berlanjut pada 2014, Nippon Indosari menyelesaikan pembangunan pabrik baru di Purwakarta dan Cikande. Dengan begitu pada 2014, PT Nippon Indosari Corpindo memiliki 10 pabrik yang tersebar di 6 provinsi.

Nippon Indosari juga menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, serta Sistem Manajemen Keamanan Pangan ISO/TS 22002-1:2009 dan ISO 22000:2005 sejak 2015. Hal ini bertujuan untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap kualitas produk Sari Roti dan Sari Kue.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Perjalanan Usaha PT Nippon Indosari Corpindo

Dalam upaya mengembangkan usaha, Nippon Indosari memperkuat struktur permodalannya melalui pelaksanaan Rights Issue pada tahun 2017. Pada tahun yang sama Perseroan mendirikan PT Mitra New Grain, entitas asosiasi yang bergerak dalam bidang usaha produksi segala jenis tepung campuran dan adonan tepung yang sudah dicampur. 

Nippon Indosari kemudian meningkatkan standar Sistem Manajemen Mutu menjadi ISO 9001:2015 pada 2018. Masih di tahun yang sama, dibuka satu pabrik baru lagi yang berlokasi di Batam.

Peluang pasar yang masih luas membuat Nippon Indosari berpikir untuk mendirikan perusahaan distribusi dan pemasarannya sendiri. Didirikanlah PT Indosari Niaga Nusantara yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan untuk memperluas sebaran distribusi pada 2019.

Setelah mendirikan perusahaan distribusinya sendiri, Nippon Indosari kemudian membuka tiga pabrik baru pada. Pabrik di Balikpapan dibuka pada 2019, diikuti pabrik di Gresik pada 2020, dan terakhir pabrik di Banjarmasin pada 2021.

Hingga kini, Sari Roti dan Sari Kue tetap menjadi merek makanan yang kerap kali dipilih oleh masyarakat Indonesia. PT Nippon Indosari Corpindo menjadi perusahaan produsen roti dan kue terbesar di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.