Sukses

Contoh Pamflet Berdasarkan Jenis dan Cara Membuat, Menarik dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta Contoh pamflet pasti sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum, dan Anda bisa menjumpainya di mana saja. Pamflet merupakan salah satu media promosi yang berisi informasi, penawaran, atau ajakan tentang suatu hal. Pamflet adalah media promosi yang sering digunakan oleh organisasi, perusahaan, koordinator acara, dan banyak kepentingan lainnya untuk promosi.

Contoh pamflet sering digunakan dalam kegiatan pemasaran, karena dianggap paling praktis dan efektif. Selain itu, pamflet juga tergolong media yang juga mudah dibuat dan terbilang lebih murah dibanding harus memasang iklan. Pamflet akan dengan mudah menarik perhatian khalayak, sehingga berbagai perusahaan, organisasi hingga individu lebih sering menggunakan selebaran ini untuk promosi.

Pamflet adalah salah satu bentuk promosi yang bisa dicoba, karena melalui selembar kertas yang memuat informasi ini, membuat produk atau brand dapat dikenali dengan baik oleh masyarakat. Pembuatan pamflet umumnya menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas, sehingga mudah dibaca oleh khalayak ramai.

Berikut ini contoh pamflet yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pengertian Pamflet

Pamflet adalah salah satu media promosi, yang berbentuk elebaran, sebara, risalah, atau tebaran. Pamflet juga merupakan publikasi kecil, di mana informasi tertuang dalam selembar kertas yang memuat tentang edukasi, atau ajakan tentang suatu topik. UNESCO juga turut mendefinisikan pamflet sebagai publikasi cetak non-berkala paling sedikit 5 tetapi tidak lebih dari 48 halaman.

Umumnya pamflet berisi apa saja, mulai dari informasi tentang peralatan dapur hingga informasi medis dan risalah keagamaan. Pamflet adalah bentuk media pemasaran, karena murah untuk diproduksi dan dapat didistribusikan kepada pelanggan. Seiring berjalannya waktu, media selebaran ini, menjadi alat penting dari politik protes dan kampanye politik untuk alasan yang sama. Pamflet dapat berisi apa saja mulai dari informasi tentang peralatan dapur hingga informasi medis dan risalah keagamaan. 

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri, Manfaat dan Tujuan Pembuatan Pamflet

Sebelum mengetahui contoh pamflet berdasarkan jenisnya, maka Alangkah baiknya bagi Anda untuk memahami ciri-ciri, manfaat dan tujuan pembuatan pamflet. 

Ciri Ciri Pamflet

Pembuatan pamflet memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

- Bersifat persuasif dan mengajak seseorang untuk mengikuti pesan yang tertulis.

- Penulisannya jelas dan mudah dibaca khalayak.

- Informasi yang disampaikan adalah informasi terkini.

Manfaat Pamflet

- Memberikan informasi.

- Memberikan ajakan yang positif.

- Sebagai pengingat dari suatu tindakan di lingkungan masyarakat.

- Memberikan informasi mengenai dampak akan suatu hal.

Tujuan Pamflet

Tujuan pamflet berbeda-beda, semua itu tergantung untuk apa pamflet tersebut dibuat. Seperti pamflet promosi tentu saja bertujuan untuk memasarkan produk suatu perusahaan. Namun pamflet agama umumnya bertujuan perihal ilmu agama atau seminar keagamaan. Untuk melakukan penyebaran pamflet, sering dilakukan di area strategis agar lebih mudah menjangkau target orang-orang yang diinginkan.

 

4 dari 5 halaman

Contoh Pamflet Berdasarkan Jenis

Setelah mengetahui manfaat dan tujuan pembuatan pamflet, maka ada beberapa contoh pamflet berdasarkan jenisnya. 

1. Pamflet Niaga

Informasi yang ada di pamflet niaga, akan berisi tentang informasi suatu produk dan ajakan untuk membeli produk tersebut.

2. Pamflet Kegiatan

Contoh pamflet ini, memiliki informasi mengenai acara-acara kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak, misalnya pentas seni, lomba, seminar, dan lain sebagainya.

3. Pamflet Politik

Contoh pamflet ini, berisi tentang hal-hal berbau politik seperti ajakan untuk memilih calon pemimpin.

4. Pamflet Pendidikan

Adapun informasi yang tertuang dalam pamflet, berhubungan dengan dunia pendidikan, misalnya acara seminar, lomba, atau kegiatan lainnya.

Contoh pamflet lainnya yang perlu Anda ketahui adalah:

- Pamflet pengajian

- Pamflet seminar

- Pamflet promosi

- Pamflet lomba

- Pamflet di sekolah

- Pamflet bazar

- Pamflet bukber

- Pamflet makanan dan minuman

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Pamflet

Terdapat beberapa cara membuat pamflet yang mudah untuk dilakukan adalah: 

a. Cara Membuat Pamflet di Adobe Photoshop

- Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka browser, dan akses pada halaman www.freepik.com.

- Tuliskan “pamflet", lalu muncur cara membuat pamflet di Adobe Photoshopdan tersedia banyak desain template pamflet yang diinginkan dan bisa disesuaikan kebutuhan.

- Setelah itu, download dengan format PSD atau yang bisa dibuka pada Photoshop. Jika sudah terdownload atau terunduh, buka dengan Photoshop.

- File format Photoshop bisa diedit dengan ungroup terlebih dahulu, lakukan cara membuat pamflet di Adobe Photoshop dengan melakukan perubahan pada tulisan, warna, gambar, perpindahan posisi, dan lain sebagainya.

- Jika sudah, lakukan penyimpanan sesuai format untuk mencetak atau yang dibutuhkan untuk mengakhiri cara membuat pamflet.

b. Cara Membuat Pamflet di Corel Draw

- Cara membuat pamflet di Corel Draw mulai dengan buka browser, dan akses buka halaman www.freepik.com.

- Tuliskan “pamflet” dan filter dengan format vektor, lalu cara membuat pamflet di Corel Draw bagian ini, akan muncul banyak desain template pamflet yang diinginkan dan bisa disesuaikan kebutuhan.

- Download dengan format EPS, dan buka dengan Corel Draw.

- Adapun file format Ilustrator bisa diedit dengan ungroup terlebih dahulu, lalu lakukan cara membuat pamflet di Corel Draw dengan melakukan perubahan pada tulisan, warna, gambar, perpindahan posisi, dan lain sebagainya.

- Lakukan penyimpanan sesuai format ,untuk mencetak atau yang dibutuhkan untuk mengakhiri cara membuat pamflet.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS