Sukses

Finally Artinya Akhirnya, Ketahui Cara Menggunakannya dan Bedanya dengan Eventually

Liputan6.com, Jakarta Finally artinya adalah akhirnya. Finally merupakan salah satu contoh dari adverb atau kata keterangan. Adverb atau kata keterangan adalah kata yang menjelaskan kata kerja, kata sifat, kata keterangan lain, atau bahkan seluruh kalimat. Adverb atau kata keterangan sering diakhiri dengan –ly, seperti pada finally.

Menurut dictionary.com, finally artinya di akhir penantian panjang. Finally adalah kata keterangan yang terbentuk dari kata "final" yang berarti akhir atau terakhir. Untuk menjadikannya sebuah adverb, kata "final" kemudian ditambahi akhiran -ly, sehingga membentuk kata finally.

Finally artinya adalah akhirnya. Finally biasanya digunakan untuk mengungkapkan apa pun yang terjadi setelah penantian panjang, yang melebihi dari perkiraan. Finally artinya akhirnya, yang juga digunakan untuk mengacu pada suatu hal yang tampaknya tidak mungkin terjadi, tapi akhirnya terjadi.

Finally artinya adalah kata keterangan yang merujuk akhir dari suatu proses panjang. Finally artinya setelah jangka waktu yang tidak ditentukan atau penundaan yang sangat lama.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, finally adalah salah satu contoh dari adverb atau kata keterangan dalam bahasa Inggris. Lalu apa itu adverb, bagaimana cara penggunaannya? Berikut ulasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (5/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Adverb

Adverb atau kata keterangan merupakan kata yang memodifikasi kata kerja, kata sifat atau kata keterangan lain, menyatakan cara, tempat, waktu atau derajat. Adverb atau kata keterangan adalah kata yang memberikan penjelasan lebih rinci.

Adverb dan Verb

Adverb dapat memberikan keterangan mengenai cara seseorang saat melakukan sesuatu. Misalnya seperti dalam contoh kalimat-kalimat berikut;

(1) John speaks loudly. (John berbicara dengan keras.)

(2) Afterwards she smoked a cigarette. (Setelah itu dia merokok.)

(3) Mary lives locally. (Mary tinggal secara lokal.)

Dalam tiga contoh kalimat tersebut, setiap adverb menjelaskan atau memberikan informasi tambahan. Misalnya dalam kalimat (1), adverb loudly memberikan keterangan tambahan tentang bagaimana cara John berbicara.

Adverb dan Adjective

Adverb juga dapat menambahkan keterangan mengenai derajat dari kata sifat atau adjective. Misalnya seperti contoh kalimat berikut:

(4) He is really handsome. (Dia sangat tampan.)

(5) That was extremely kind of you. (Anda sangat baik.)

Dalam contoh kalimat (4) dan (5), adverb memberikan keterangan tentang seberapa banyak, atau derajat dari sifat tampan dan baik yang dimiliki seseorang.

Adverb dan Adverb

Di samping dapat memberikan keterangan dari kata kerja dan kata sifat, adverb juga dapat memberikan tambahan keterangan dari adverb lainnya. Misalnya dalam contoh kalimat berikut:

(6) She drives incredibly slowly. (Dia mengemudi sangat lambat.)

(7) He drives extremely fast. (Dia mengemudi dengan sangat cepat.)

Dalam contoh kalimat (6) dan (7), ada dua adverb. Satu adverb menjelaskan tentang bagaimana cara seseorang mengemudi, kemudian adverb lainnya, yang terletak di depan adverb lainnya, menjelaskan tentang seberapa lambat atau cepat seseorang mengemudi.

Adverb dan Kalimat

Beberapa adverb ada yang dapat mengubah seluruh kalimat—tidak mengherankan, ini disebut kata keterangan kalimat. Adverb yang termasuk dapat memberikan keterangan pada keseluruhan kalimat antara lain adalah generally, fortunately, interestingly, and accordingly. Adverb tersebut tidak hanya menjelaskan satu komponen dalam kalimat saja, melainkan keseluruhan kalimat. Misalnya seperti pada contoh-contoh kalimat berikut:

(8) Fortunately, we got there in time. (Untungnya, kami tiba di sana tepat waktu.)

(9) Interestingly, no one at the auction seemed interested in bidding on the antique spoon collection. (Menariknya, tidak ada seorang pun di pelelangan yang tertarik untuk menawar koleksi sendok antik tersebut.)

Finally sebenarnya juga termasuk dari adverb yang dapat menjelaskan keseluruhan dari informasi dari seluruh kalimat.

3 dari 3 halaman

Finally dan Eventually

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, finally artinya adalah akhirnya. Meski demikian ada pula kata lain dalam bahasa Inggris, yang memiliki arti yang mirip, yakni eventually. Meski memiliki arti yang mirip, namun keduanya berbeda, terutama dalam cara penggunaannya.

Finally

Finally artinya akhirnya. Namun secara spesifik, finally artinya adalah setelah jangka waktu yang tidak ditentukan atau penundaan yang sangat lama. Dengan kata lain, finally artinya akhirnya dalam konteks bahwa sesuatu terjadi lebih lama dari apa yang diperkirakan.

Penggunaan kata finally biasanya digunakan setelah waktu yang lama atau pada akhir periode waktu tertentu. Finally juga digunakan untuk menjelaskan sesuatu terjadi dalam serangkaian kejadian. Dengan kata lain, finally dapat digunakan dalam berbagai situasi.

Penggunaan finally dapat dilihat dalam beberapa contoh kalimat berikut:

(10) Finally I can meet you after only being able to talk through social media. (Akhirnya saya bisa menemuimu setelah hanya bisa berbicara melalui media sosial)

(11) Finally the series that I followed all this time is over. (Akhirnya serial yang ku ikuti selama ini tamat.)

Eventually

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, eventually memiliki arti yang mirip dengan finally, yakni akhirnya atau pada akhirnya. Namun bedanya, eventually tidak dapat digunakan untuk berbagai macam situasi. Hanya situasi tertentu saja yang dapat menggunakan kata eventually. Eventually hanya dapat digunakan ketika sesuatu terjadi setelah banyak penundaan atau masalah.

Kata eventually biasanya digunakan untuk menekankan bahwa sesuatu terjadi setelah melalui banyak masalah atau menekankan lamanya waktu yang dibutuhkan. Misalnya dalam contoh kalimat berikut:

(12) Eventually they got to the hospital. (Akhirnya mereka sampai di rumah sakit.)

(13) I found Victoria Avenue eventually. (Saya akhirnya menemukan Victoria Avenue.)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS