Sukses

6 Pernyataan Gita Savitri Ini Tuai Kontroversi, Terbaru Sebut Netizen Stunting

Liputan6.com, Jakarta Gita Savitri Devi atau yang lebih dikenal dengan nama Gitasav tengah hangat menjadi perbincangan. Gitasav dikenal sebagai Influencer yang kerap memberikan komentarnya tentang suatu kasus atau isu yang tengah ramai.

Sampaikan pendapatnya lewat Instagram atau kanal YouTube section 'Beropini', kolom komentar Gitasav jadi wadah untuk saling berdiskusi. Tak sedikit warganet yang mengaku pikirannya menjadi terbuka ketika Gita sudah sampaikan pendapatnya soal isu yang sedang dibicarakan.

Terbaru, berikan pendapat dan komentarnya tentang aksi tutup mulut timnas Jerman saat melawan Arab Saudi, nama YouTuber berusia 30 tahun ini trending di media sosial. Sebelumnya nama Gitasav juga pernah trending saat pernyataannya memilih untuk childfree viral.

Selain pendapat dan komentar terbarunya soal Piala Dunia 2022, penampilan terbaru Gitasav juga jadi sorotan. Pakai turban dan disebut tidak menutup aurat, wanita asal Palembang ini disebut berubah dengan dirinya saat memulai karier jadi YouTuber.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang sederet pernyataan Gita Savitri yang tuai kontroversi, Rabu (30/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Putuskan Childfree

Tahun 2021 lalu, nama Gita Savitri trending di media sosial karena pernyataannya memilih childfree atau tidak punya anak. Sebut anak merupakan tanggung jawab yang besar, Gitasav bersama sang suami, Paul Andre Partohap memilih untuk tidak memiliki buah hati.

Sampaikan pernyataan tersebut dalam kanal YouTube Analisa Channel, Gitasav tuai beragam komentar. Ada netizen yang menyetujui pendapat Gitasav soal childfree, namun ada juga yang tidak setuju dengan pernyataannya.

"Jadi sebenarnya aku sama Paul itu childfree, kita memang nggak ada rencana untuk punya anak, kita penginnya berdua aja. Mungkin ini terlalu ekstrem kali ya," ujar penulis buku Rentang Kisah itu dalam kanal YouTube Analisa Channel.

3 dari 7 halaman

2. Komentari Aksi Tutup Mulut Jerman dan LGBTQ+

Sampaikan pendapat soal aksi tutup mulut Jerman saat ditanyai netizen, Gitasav malah menuai beragam kritikan. Sudah lama tinggal di Jerman sejak masih kuliah, Gitasav seakan membela Jerman soal aksi tutup mulut tersebut.

Selain membahas soal aksi tutup mulut timnas Jerman saat melawan Arab Saudi beberapa waktu lalu, Gitasav juga membahas soal LGBTQ+ yang dilarang di Qatar. Gita menyebut jika Qatar homophobia dengan LGBT.

“Di satu sisi kaya virtue signaling ya… kaya, can you do something more than that? Di sisi lain, LGBTQ-phobia has real life consequences. People lost their lives due to their gender & sexuality so it’s better than not saying anything at all. (Di satu sisi seperti virtue signaling. Kaya, bisakah kamu melakukan sesuatu yang lebih dari itu? Di sisi lain LGBTQ-phobia adalah sebuah konsekuensi nyata. Seseorang kehilangan hidupnya karena gender dan seksualitas yang mereka miliki, jadi ya itu lebih baik daripada tidak mengatakan apapun)." Tulis Gitasav di laman Story Instagramnya.

“FIFA is corrupt and Qatar justifying homophobia by using “this in our culture” is big no. (FIFA jahat dan Qatar hanya menjustifikasi homofobia dengan mengatakan “ini budaya kami”))." Tambahnya.

4 dari 7 halaman

3. Pendapat Soal Popo Barbie Masuk Toilet Perempuan

Nama seleb TikTok Popo Barbie pernah trending di media sosial saat video ia masuk ke kamar mandi perempuan viral. Menyamar sebagai perempuan dan masuk ke toilet perempuan, banyak netizen yang mengkritik aksi Popo Barbie ini karena dinilai tak pantas dan tidak sopan. 

Berbeda dengan netizen yang memberika kritik pedas aksi Popo Barbie, Gita Savitri seakan membela dan membenarkan apa yang dilakukan oleh seleb TikTok itu.

"Kalo dia transpuan berarti bener dongg masuk toiletnya. Di Jerman juuga di public spase gitu udah banyak toilet yang campur gitu jadi satu toilet untuk semua," respons Gita dalam story instagram pribadinya pada April 2022 lalu.

Istri Paul Andre ini juga menjawab komentar netizen yang menyebut bahwa Popo Barbie belum operasi ganti kelamin.

“Banyak yang merespons bahwa si Popo bukan transpuan, karena dia 'belum jadi cewek'. I dont know who this Popo," kata Gita.

"Setau gue seseorang bisa identify as trans kalo dia merasa gender dia tidak sesuai dengan sex-nya, ngga mesti ganti alat kelamin dulu.” Tambahnya.

5 dari 7 halaman

4. Minta Netizen Saling Respect

Kini sering terlihat kenakan hijab turban, penampilan Gita Savitri dikritik netizen. Beberapa pengikut Gitasav di Instagram menyayangkan perubahan penampilan Gitasav yang dinilai tidak menutup aurat.

Menanggapi beragam komentar, penulis buku A Cup of Tea ini melemparkan jawaban seakan tak suka dikritik soal penampilannya.

"Kamu pakai jilbab panjang aja gw nggak protes. Kok kamu protes orang pakai jilbab gaya lain.” Jelas Gitasav.

Influencer sekaligus YouTuber ini juga menambahkan baik dirinya atau netizen tidak berhak memberikan komentar soal penampilan seseorang. Gita juga menuliskan komentar untuk saling respect atau menghormati satu sama lainnya.

"Iya seperti kamu yg berhak pakai jilbab mau sepanjang apapun sampai menutup satu muka gw gak berhak komentar. Gw pun berharap kamu juga bisa memberi mutual respect terhadap org lain yg cara berpakaiannya lain.” Jelas Gita.

6 dari 7 halaman

5. Sebut Netizen Stunting

Disebut merasa paling benar dan tidak mau menerima kritik, Gita Savitri balas komentar netizen dengan kata tak pantas. YouTuber yang sudah kunjungi 30 negara ini sebut netizen stunting karena lamban berpikir.

"Gw udah bacot-bacot, point yang lo bisa dapet adalah “Gita emang merasa paling bener” ya sis? Dulu lo stunting ya makanya agak lamban.” Balas Gita.

7 dari 7 halaman

6. Tidak Terima Dikritik

Gaya hijabnya disebut berubah, Gita Savitri tidak terima dikritik dan dikomentari soal penampilannya. Meski menjawab komentar netizen dengan santai, namun Gitasav memberikan balasan sinis seakan tak suka dengan komentar netizen soal gaya hijab turbannya yang sedang jadi sorotan.

“Nanti gw pakai koyo deh biar ketutup.” Balas Gita Savitri dalam satu unggahanya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS