Sukses

4 Cara Membuat Plastisin di Rumah yang Mudah dan Aman, Merangsang Kreativitas Anak

Liputan6.com, Jakarta Playdough atau yang lebih dikenal dengan bermain plastisin ini, adalah salah satu lilin warna-warni yang bisa diubah menjadi berbagai macam bentuk. Plastisin terbuat dari bahan sintetis, dan kerap dijumpai saat kecil. Permainan ini juga dapat merangsang kreativitas anak, serta mengedukasi. Tak hanya itu saja, cara membuat plastisin juga tergolong mudah dan aman untuk dibuat. 

Bagi orang tua yang ingin anaknya bermain dengan permainan yang bermanfaat, maka Anda bisa memberikan mereka mainan plastisin. Memiliki tekstur bahan yang lentur, membuat anak akan lebih mudah untuk membentuk hiasan sesuai dengan imajinasi yang dimilikinya. Sebagai orang tua Anda juga perlu tahu, tentang cara membuat plastisin di rumah menggunakan beberapa bahan seperti tepung, dan pewarna makanan. 

Anda juga bisa mengajak anak, agar ikut terlibat dan mengetahui seperti apa cara membuat plastisin. Selain itu, plastisin adalah bahan yang punya nilai seni tinggi, sehingga tidak hanya ramah untuk anak-anak, namun untuk kalangan profesional bisa digunakan untuk membuat patung sampai animasi film.

Berikut ini cara membuat plastisin di rumah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Mengenal Plastisin

Plastisin sebenarnya adalah nama merek tertentu, di mana bahan lunak seperti tanah liat ini kerap digunakan untuk membentuk patung atau figur tertentu. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, plastisin dikenal secara umum sebagai bahan lunak, seperti tanah liat dan yang digunakan terutama oleh anak-anak untuk membuat model orang, binatang, dan lain sebagainya.

Plastisin juga digunakan dalam seni patung dan pahat, sehingga dapat dijumpai dalam animasi tanah liat. Animasi ini sering terlihat dalam film kartun, stop motion, atau jenis visual lainnya. Adapun film animasi yang menggunakan seni plastisin adalah animasi Shaun The Sheep. Meskipun lebih dikenal sebagai mainan anak, namun plastisin yang terbuat dari bahan sintetis ini, ternyata juga digunakan oleh para profesional.

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Plastisin

Cara  membuat plastisin juga cukup mudah dilakukan, sehingga menyerupai hiasan, perhiasan, atau patung kecil. Terdapat beberapa bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

- 4 cangkir tepung

- 1 cangkir garam

- 1 1/2 gelas air

Cara membuat:

- Langkah pertama, campur semua bahan secara merata untuk membentuk tanah liat.

- Simpan plastisin dalam wadah tertutup sampai dibutuhkan. Anda bisa memanggang potongan yang sudah jadi di atas loyang anti lengket, kurang lebih satu jam atau sampai plastisin berwarna agak kecokelatan di sekitar tepinya.

- Langkah selanjutnya dinginkan plastisin yang dipanggang, sebelum memegangnya atau mengecatnya. 

 

 

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Plastisin dari Tepung dan Garam

Terdapat beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan, untuk membuat plastisin Berikut ini bahan-bahan yang perlu Anda siapkan antara lain:

- Siapkan tepung secukupnya

- Garam

- Air dan Pewarna makanan (opsional)

Cara membuat: 

- Langkah pertama siapkan dua mangkuk yang berbeda, lalu Anda bisa campurkan tepung dan garam ke dalam mangkuk yang pertama, dan mangkuk kedua siapkan air serta pewarna makanan. 

- Selanjutnya tuang larutan air dan pewarna ke mangkuk pertama, kemudan aduk hingga semua tercampur merata.

- Setelah merata, tuang adonan plastisin ke atas meja lalu alas yang telah ditaburi dengan tepung terigu.

- Langkah yang terakhir, uleni adonan sampai semua tercampur merata, lalu tambahkan pewarna makanan sesuai keinginanmu.

 

 

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Plastisin dengan Maizena dan Soda kue

Terdapat beberapa cara membuat plastisin yang mudah, hanya dengan bahan seperti tepung maizena dan soda kue. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

- Siapkan 1 cangkir tepung maizena

- 2 cangkir soda kue

- 1,5 gelas air dingin

- Tambahkan pewarna makanan (opsional)

Cara membuat:

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampur bahan secara bersama-sama di atas api kecil sampai adonan terbentuk.

- Tutupi juga plastisin dengan kain yang lembap, lalu biarkan dingin sebelum digunakan.

- Langkah yang terakhir, Anda bisa menyegel produk tanah liat yang sudah jadi menggunakan lak.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Plastisin Sederhana

Selanjutnya cara membuat plastisin yang memiliki konsistensi halus, sehingga mirip dengan mainan Play-Doh untuk anak-anak di toko. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

- Siapkan 1/2 cangkir tepung dan garam dengan takaran yang sama

- 1 sendok makan krim tartar

- 1/2 sendok makan minyak sayur

- 2 gelas air

- Pewarna makanan dan ekstrak vanilla untuk aroma (opsional)

Cara membuat: 

- Langkah pertama yang bisa dilakukan, rebus air lalu masukkan minyak, pewarna makanan, dan ekstrak vanilla.

- Setelah itu, campur semua bahan-bahan kering dalam wadah hingga merata.

- Tambahkan juga cairan panas ke bahan kering sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga menghasilkan plastisin yang lentur.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS