Sukses

13 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lada hitam penting untuk diketahui oleh masyarakat. Tak hanya digunakan untuk bumbu penyedap rasa dalam masakan, namun lada hitam dipercaya baik bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Manfaat lada hitam dapat diperoleh karena adanya kandungan magnesium, vitamin K, zat besi, dan serat. Selain itu, lada hitam memiliki piperin yang,  sifat antibakteri, dan antioksidan yang baik untuk meredakan pilek.

Sementara, manfaat lada hitam untuk kecantikan dapat menjadi perawatan sehari-hari. Cara penggunaanya cukup dengan mengonsumsi lada hitam sebagai tambahan pada masakan sehari-hari.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat lada hitam bagi kesehatan dan kecantikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (21/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

1. Cegah peradangan dan infeksi

Lada hitam mengandung piperin, senyawa aktif utama yang dapat secara efektif melawan peradangan. Piperine dalam lada hitam juga memiliki sifat antioksidan yang akan mencegah peradangan akibat radikal bebas. Lada hitam juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat mencegah infeksi.

2. Mengontrol gula darah

Kandungan piperin dalam lada hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme gula darah. Konsumsi lada dinilai mampu mencegah hiperglikemia sehingga mencegah risiko diabetes. Minyak lada hitam juga dapat menghambat dua enzim yang memecah pati menjadi glukosa dan membuat gejala diabetes lebih buruk.

3. Cegah kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa piperin dalam lada hitam memberikan aktivitas perlindungan terhadap berbagai bentuk kanker. Piperine juga meningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti selenium, curcumin, beta-karoten, dan vitamin B dalam usus.

4. Bantu turunkan kolesterol

Manfaat piperin dalam lada hitam, rempah satu ini dinilai berpotensi menurunkan kolesterol. Selain itu, piperin dipercaya dapat meningkatkan penyerapan suplemen makanan yang memiliki efek menurunkan kolesterol.

3 dari 5 halaman

Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

5. Sehatkan pencernaan

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah dapat merangsang cairan dan enzim pencernaan, sehingga dapat melancarkan pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa lada hitam juga memiliki efek positif pada enzim pankreas, yang menguntungkan keseluruhan proses pencernaan. Lada hitam juga memiliki sifat karminatif dan membantu meringankan gas lambung. Hal ini juga bisa meredakan perut kembung dan sakit kolik.

6. Bantu redakan pilek

Manfaat lada hitam berikutnya adalah untuk mengatasi pilek dan batuk. Lada hitam dikenal dapat merangsang kelancaran sirkulasi dan aliran lendir. Manfaat ini makin baik ketika lada dicampurkan dengan madu, karena madu bekerja sebagai penekan batuk alami.

7. Sehatkan jantung

Lada hitam merupakan salah satu rempah dapur yang baik untuk kesehatan jantung. Efek penurun kolesterolnya dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung. Lada hitam juga dinilai mampu membantu mengontrol tekanan darah. Rempah ini dapat menjadi pengganti garam atau natrium yang harus dijauhi penderita darah tinggi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Lada Hitam Bagi Kecantikan

8. Mencegah penuaan dini

Manfaat lada hitam bagi kecantikan adalah mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Cara mengatasi masalah penuaan dini dengan menggunakan lada hitam adalah masukan dalam masakan atau diaplikasikan ke kulit. Langkahnya cukup mudah, campurkan 1 sdt bubuk lada hitam dengan 1 sdt madu dan 1 sdt bubuk kunyit. Kemudian tambahkan sedikit air putih agar teksturnya seperti pasta halus. Lalu, oleskan ke wajah, diamkan 15-20 menit, bilas hingga bersih.

9. Mencegah jerawat

Manfaat lada hitam bagi kecantikan adalah mencegah munculnya jerawat. Gunakan lada hitam untuk masker dan scrub ke wajahmu dengan dicampurkan dengan yogurt. Kemudian, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

10. Mengeksfoliasi kulit

Manfaat lada hitam bagi kecantikan yang berikutnya adalah eksfoliator alami untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati yang membuat wajah kusam dan kasar. Eksfoliasi pada kulit penting dilakukan setidaknya seminggu sekali. Cara menggunakannya yakni dengan mencampur 1 sdt lada hitam yang sudah digiling kasar bersama 1 sdt plain. Lalu, oleskan ke kulit dan gosok secara perlahan. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas wajah sampai bersih.

5 dari 5 halaman

Manfaat Lada Hitam Bagi Kecantikan

11. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat lada hitam bagi kecantikan yang lainnya adalah menghilangkan bekas jerawat. Antioksidan dalam lada hitam dipercaya dapat membersihkan kulit dan membantu menghilangkan bekas jerawat. Cara menggunakannya kamu perlu mengoleskan campuran lada hitam dengan yogurt ke wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air yang bersih.

12. Mencegah kebotakan 

Manfaat lada hitam bagi kecantikan juga dapat mencegah kebotakan. Gunakan satu sendok teh lada hitam bubuk dan madu satu sendok teh. Kemudian oleskan ke rambut, tunggu selama 20 menit lalu bilas. Campuran ini dipercaya bisa memperkuat akar rambut dan bisa membantu mencegah kebotakan. 

13. Mengatasi ketombe di kulit kepala

Manfaat lada hitam bagi kecantikan yang berikutnya adalah mengatasi ketombe di kulit kepala. Metode alami ini dipercaya bisa meredakan ketombe dan mengurangi gatalnya. Caranya, tambahkan 1 sdt lada hitam ke dalam semangkuk yoghurt tawar, aduk rata. Oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air sampai bersih, tidak perlu pakai sampo.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS