Sukses

Ilfeel Adalah Kata Bahasa Gaul, Ketahui Arti dan Asal Katanya

Ilfeel adalah kata yang cukup umum digunakan di media sosial untuk menggambarkan suasana hati seseorang, biasanya terkait minat terhadap sesuatu atau seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata ilfeel. Ilfeel adalah kata yang cukup sering digunakan dalam percakapan di media sosial. Ilfeel mengacu pada hilangnya minat seseorang pada sesuatu atau seseorang.

Ilfeel adalah kata yang cukup umum digunakan di media sosial untuk menggambarkan suasana hati seseorang, biasanya terkait minat terhadap sesuatu atau seseorang. Ilfeel adalah sebenarnya adalah akronim, gabungan dari dua kata dari bahasa Indonesia dan kata dari bahasa Inggris.

Ilfeel adalah gabungan kata dari "ilang" (bentuk tidak baku dari "hilang") dan feeling yang artinya perasaan. Dengan kata lain, ilfeel adalah hilangnya perasaan seseorang karena sesuatu. Dalam penggunaannya, ilfeel adalah kata yang lebih sering digunakan untuk menggambarkan hilangnya rasa minat terhadap sesuatu atau seseorang, karena sesuatu atau seseorang itu memiliki sifat-sifat tertentu.

Ilfeel adalah kata yang juga digunakan untuk menggambarkan kehilangan rasa minat secara mendadak, karena seseorang atau sesuatu tidak seperti yang dibayangkan. Untuk lebih memahami arti kata ilfeel, berikut adalah ulasan mengenai penyebab seseorang ilfeel serta contohnya dalam percakapan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Ilfeel

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ilfeel adalah gabungan dua kata dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, yakni ilang dan feeling. Ilfeel adalah kata yang digunakan dalam percakapan pergaulan untuk menggambarkan hilangnya rasa minta secara mendadak pada seseorang atau sesuatu karena berbagai macam sifat yang baru diketahui.

Mengetahui apa yang sering menjadi seseorang menjadi ilfeel penting untuk diketahui. Selain untuk memahami secara menyeluruh maknanya, kita juga bisa menggunakan istilah ini dengan tepat ketika bercakap-cakap dengan teman.

Secara umum, orang yang menjadi ilfeel adalah orang yang baru saja mengetahui sifat negatif dari seseorang atau sesuatu yang baru saja dia temui atau kenal. Ilfeel adalah perasaan yang bermula dari minat terhadap seseorang atau sesuatu, namun ketika semakin dalam dia mengenal seseorang, dia jadi mengetahui banyak sifat buruk lainnya yang tidak bisa ia toleransi. Oleh karena itulah, rasa minat pada seseorang kemudian hilang dan digambarkan dengan istilah ilfeel.

Adapun sifat-sifat seseorang yang sering membuat orang lain menjadi ilfeel antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bohong

Bohong adalah salah satu sifat negatif yang banyak dibenci orang. Tidak hanya menutupi kebenaran, berbohon juga sering membuat orang lain merasa kecewa. Selain itu sifat ini juga membuat seseorang menjadi kehilangan kepercayaan dari orang lain.

2. Terlalu Percaya Diri dan Narsis

Memiliki rasa percaya diri yang tinggi tentu bagus. Bahkan itu dapat membuat Anda tampak bisa diandalkan. hanya saja rasa percaya diri yang berlebihan justru menciptakan kesan yang menyebalkan. Tidak hanya itu, rasa percaya diri yang berlebihan bisa membuat seseorang jatuh menjadi seseorang yang tergolong narsis.

Seseorang yang narsis biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi, namun rasa percaya diri tersebut tidak sebanding dengan kompetensi yang ia miliki. orang dengan sifat ini biasanya akan dengan mudah membuat orang lain menjadi ilfeel. Tadinya, bisa saja seseorang menaruh minat pada Anda, tapi karena Anda dinilai narsis, orang menjadi kehilangan minat untuk mengenal Anda lebih dalam atau ilfeel.

3. Egois

Salah satu sifat yang membuat orang lain menjadi ilfeel adalah egois. Orang yang egois cenderung memikirkan dirinya sendiri tanpa peduli orang lain. Sikap abai ini, nantinya juga akan membuat seseorang jadi ilfeel. Awalnya mungkin seseorang akan menaruh minat dan ingin mengenal Anda lebih jauh. Namun karena Anda menunjukkan sifat yang egois, dia jadi ilfeel, atau kehilangan minat untuk mengenal Anda.

4. Tidak Sopan

Secara umum, orang akan merasa senang jika diperlakukan dengan sopan, penuh kasih dan rasa hormat. Sikap sopan sendiri sebenarnya akan membuat seseorang merasa dihormati dan dicintai. Hanya saja, mungkin beberapa orang tidak tahu caranya memperlakukan orang lain, sehingga dia bisa bersikap seenaknya. Misalnya saja ketika kencan pertama, dia berbicara dengan kasar bahkan menggunakan kosa kata kotor. Hal itu tentu saja akan membuat teman kencan Anda akan kehilangan minat untuk lebih dekat dengan Anda, atau ilfeel.

5. Penampilan

Beberapa orang mungkin merasa bahwa penampilan tidak penting. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan adalah hal penting untuk menciptakan kesan pertama. Mungkin Anda adalah seseorang yang sopan, bertutur kata lembut, cerdas, dan berwawasan. Namun hal itu tidak akan berarti jika Anda gagal memberikan kesan yang menarik.

Penampilan yang kurang menarik biasanya akan membuat orang kehilangan minat pada Anda atau ilfeel. Penampilan yang kurang menarik juga akan menunjukkan kesan bahwa Anda tidak merawat diri dan tidak peduli dengan diri sendiri. Jika sudah begitu, bagaimana orang lain bisa peduli pada Anda?

3 dari 3 halaman

Istilah dalam Bahasa Gaul Lainnya

Ilfeel adalah sebagian kecil dari istilah dari bahasa gaul yang terus berkembang dengan penambahan kosa kata. Selain itu ada banyak lagi sejumlah kosa kata atau istilah baru yang terus muncul dalam bahasa gaul, antara lain sebagai berikut:

1. Baper: kata singkatan gaul yang kepanjangan dari Bawa Perasaan. Istilah gaul baper ini lebih merujuk pada seseorang yang segala ucapan dan tindakan orang lain dimasukkan ke hati.

2. Bucin: Kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta. Di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cintai.

3. Gabut: Kata ini lebih menggambarkan pada perasaan yang tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa. Gabut sudah sering dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Biasanya dipakai untuk update status di Instagram story dan terkadang ditampilkan bersama lagu-lagu galau.

4. Gaje: Kata singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan saat seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

5. Gercep: Kata singkatan gaul dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran kepada seseorang untuk bisa bergerak lebih cepat saat melakukan sesuatu hal.

6. Halu: Kata ini merupakan kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

7. Japri: Singkatan gaul ini tentu sudah sering kita dengar. Japri sendiri bisa diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

8. Komuk: Kata singkatan gaul ini merujuk pada Kondisi Muka.

9. Mager: Mager adalah singkatan gaul yang juga sering kita dengar. Mager sendiri berasal dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

10. Mantul: Kata singkatan gaul dari kata Mantap Betul. Kata ini juga sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

11. Pansos: Pansos adalah kata singkatan gaul kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, Pansos digunakan kepada orang-orang yang suka mencari perhatian publik, terutama di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.