Sukses

Peta Wisata Yogyakarta yang Populer, Alam Indah dan Memesona

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, baik itu yang bertema edukasi, budaya, sejarah, hingga tempat yang menyuguhkan pemandangan alam seperti pantai, gunung, bukit, curug dan masih banyak lagi. Dengan peta wisata Yogyakarta, maka Anda bisa gunakan sebagai petunjuk untuk menikmati berbagai tempat memukau juga ikonik. 

Peta wisata Yogyakarta sangat wajib untuk dimiliki pengunjung yang ingin berlibur di Jogja, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali melakukan perjalanan. Cara ini telah dilakukan oleh wisatawan mancanegara, di mana mereka bisa liburan seru dan menyenangkan hanya dengan peta yang berfungsi sebagai petunjuk.  

Peta wisata Yogyakarta memiliki lingkup yang sangat luas, dengan ragam destinasi yang terkenal. Anda bisa memilih tempat mana saja yang ingin dikunjungi, baik itu yang terletak di kota Jogja seperti Taman Sari, Malioboro, Alun-Alun, ataupun tempat yang berada di Sleman dan Bantul, mulai dari pantai, juga gunung dan wisata buatan. 

Berikut ini peta wisata Yogyakarta yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/11/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peta Wisata Yogyakarta: Sleman

1. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali adalah peta wisata Yogyakarta yang sarat akan edukasi, jga sejarah dan budaya. Saat Anda berkunjung, pertama akan disuguhkan dengan berbagai replika dan diorama yang menceritakan tentang perjuangan bangasa Indonesia. Tersedia 3 lantai dengan sajian yang berbeda. Lantai teratas merupakan tempat hening yang berfungsi sebagai tempat untuk mendoakan para pahlawan, lantai kedua merupakan ruangan yang berisi diorama tentang perjuangan merebut kembali kemerdekaan, dan lantai satu tersaji berbagai replika peninggalan zaman penjajahan, juga diorama kota Jogja. 

2. Blue Lagoon

Peta wisata Yogyakarta Sleman yang wajib dikunjungi adalah Blue Lagoon, di mana terdapat wisata air yang cukup terkenal, karena tempat ini memiliki keindahan tak ada bandingnya. Tempat wisata ini juga menyediakan tempat penyewaan ban, pelampung juga alat snorkeling yang tarifnya masih bisa dijangkau oleh pengunjung. Saat lelah mengeksplor tempat ini, maka tersedia gazebo untuk beristirahat, dan warung makan untuk makan. 

3. The Lost World Castle

Peta wisata Yogyakarta yang berada di Sleman, serta merupakan wisata buatan ini adalah The Lost World Castle. Tempat ini berlokasi di kawasan lereng gunung merapi, di mana sangat mirip dengan Benteng Takeshi. Luas sekitar 1,2 hektar, membuat tempat ini banyak sekali spot foto menarik mulai dari kapal bajak laut, rumah pohon, permainan sembilan dimensi, permadani terbang, gledekan dan masih banyak spot foto menarik lainnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung. 

4. Istana Ratu Boko

Peta wisata Yogyakarta yang berada di Sleman, serta wajib dikunjungi adalah Istana ratu boko. Wisata ini adalah wujud peninggalan Agama Budha, di mana saat berkunjung Anda bisa melihat hamparan sawah yang sejuk juga asri. Menariknya lagi, pihak pengelola menyediakan kursi sehingga pengunjung bisa melihat keindahan dari ketinggian. Banyak juga spot foto menarik yang bisa Anda coba, apalagi saat matahari terbenam, membuat tempat ini menghasilkan spot foto landscape terbaik.  

5. Taman Pelangi

Peta wisata Yogyakarta yang wajib dikunjungi bersama keluarga adalah Taman pelangi Yogyakarta, di mana tempat ini adalah salah satu area rekreasi untuk semua kalangan. Terdapat ratusan lampion yang berukuran kecil hingga besar, serta tersebar mengelilingi Monumen Jogja Kembali. Tempat ini akan sangat cocok Anda kunjungi saat malam hari, karena ada ribuan lampu warna-warni yang menghiasi tempat ini dan ccok untuk berfoto. Selain itu, tersedia juga berbagai wahana unik yang bisa dicoba mulai dari bianglala mini, tandem, speed boat, boom-boom car dan masih banyak lagi.  

3 dari 4 halaman

Peta Wisata Yogyakarta: Bantul

6. Puncak Becici

Peta wisata Yogyakarta yang berlokasi di Bantul adalah Puncak Becici, yang banyak ditumbuhi oleh pohon pinus. Saat sampai di puncak, maka pengunjung bisa melihat keindahan Kota Jogja dari ketinggian. Di sebelah utara kamu sekilas melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro yang juga terletak di sebelah utara.

7. Bukit Panguk Kediwung

Peta wisata Yogyakarta yang ada di Bantul, serta cocok dikunjungi adalah Bukit Panguk Kediwung. Tempat wisata ini terletak di dusun Kediwung, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Bantul. Tempat yang merupakan bukit ini, mendapatkan julukan negeri di atas awan,  sehingga alangkah baiknya kaalau pengunjung datang ke sini di pagi hari, untuk melihat pemandangan awan yang masih menggumpal dan kabut tipis yang memesona. Terdapat juga gardu pandang yang menjadi spot untuk berswafoto dengan latar sunrise ataupun sunset yang indah. 

8. Kali Oyo

Peta wisata Yogyakarta yang juga masuk sebagai hidden gems adalah Kali Oyo. Lokasi wisata Kali Oyo ini terletak di Selopamioro, Imogiri, Bantul, di mana saat berkunjung ke sini, Anda akan melihat pemandangan alam dan perbukitan yang memukau. Daya tarik wisata ini adalah airnya yang jernih, ditambah suara kicauan burung di pagi hari menambah keasrian kali Oyo. 

9. Hutan Pinus Mangunan

Peta wisata Yogyakarta yang berada di Bantul, adalah Hutan Pinus Mangunan, di mana tempat ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Tersedia beberapa spot foto menarik, dengan latar lanskap kota Jogja dari ketinggian. Anda bisa berkunjung ke tempat ini saat siang, maupun malam hari sambil menikmati suasana indah dari puncak ketinggian. 

10. Pantai Parangtritis dan Parangkusumo

Peta wisata Yogyakarta selanjutnya yang sangat populer juga menawan adalah Pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Kedua lokasi pantai ini saling berdampingan, sehingga menjadi alternatif bagi pengunjung untuk menikmati deburan ombak pantai selatan. Indahnya lagi, Anda dapat menyaksikan sunset dan sunrise, hingga berkeliling pantai menggunakan jeep sewaan.

4 dari 4 halaman

Peta Wisata Yogyakarta: Kota

11. Taman Sari

Peta wisata Yogyakarta  yang populer juga instagramable adalah Taman Sari, di mana tempat ini menawarkan keindahan arsitektur Kesultanan Jojakarta. Karena bangunannya yang indah, membuat tempat ini jadi spot foto terbaik. Anda juga bisa melihat tempat pemandian putri-putri keraton, dan masih banyak lagi. Lokasi Taman Sari kerap digunakan sebagai latar untuk foto prawedding, dan masih banyak lagi. 

12. Alun-Alun Kidul

Peta wisata Yogyakarta selanjutnya yang sangat populer adalah Alun-Alun Kidul. Meskipun menampilkan halaman belakang Keraton Kesultanan Jojakarta, namun tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Salah satu daya tarik tempat ini adalah, keberadaan pohon beringin kembar yang legendaris. Pengunjung juga bisa mencoba tradisi masangin, di mana melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup. Terdapat juga para pedagang yang menjual berbagai kuliner dengan rasa lezat juga murah. 

13. Malioboro

Peta wisata Yogyakarta yang sangat populer juga menawan adalah Malioboro. Tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung, baik itu warga lokal, luar daerah, hingga wisatawan mancanegara memadati tempat ini. Malioboro selain setiap sudutnya yang instagramable, tempat ini juga sebagai pusat oleh-oleh khas Yogyakarta. Tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi dan latar saat melakukan shooting film maupun FTV. Pengunjung bisa menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat dengan menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak.

14. Keraton Jogjakarta

Peta wisata Yogyakarta selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Keraton Jojakarta, di mana saat berkunjung di sini, Anda bisa melihat arsitektur bangunan tradisional yang terjaga hingga sekarang.  Bangunan di dalam keraton sebagai tempat wisata kota Jogja siang hari, juga masih dipelihara dengan baik. Saat berada di sini, Anda bisa melihat berbagai koleksi kebudayaan yang masing terjaga, dan jangan lupa mengabadikan momen manis saat berada di sini. 

15. Kebun Binatang Gembira Loka

Peta wisata Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi adalah Gembira Loka Zoo, di mana tempat ini adalah salah satu kebun raya dan kebun binatang terbesar di Yogyakarta. Terdapat koleksi konservasi hewan, juga wahana rekreasi yang seru. Saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini, Anda akan diajak untuk berinteraksi bersama koleksi satwa, kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan, perahu kayuh, skuter air, atv, bumper boat, spedd boat, perahu katamaran, dan masih banyak lagi. Fasilitas yang tersedia di sini juga lengkap, sehingga melengkapi waktu liburan berharga Anda. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS