Sukses

29 Tempat Wisata di Kulon Progo 2022, Permata Tersembunyi di Jogja

Liputan6.com, Jakarta Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Terletak di bagian paling barat DIY, Kulon Progo menjadi gerbang masuk Jogja yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Sama seperti kabupaten lain di Yogyakarta, tempat wisata di Kulon Progo juga sangat beragam.

Sayangnya, tempat wisata di Kulon Progo belum terlalu dikenal seperti wisata di Gunung Kidul, Sleman, maupun Bantul. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo belum melakukan promosi tempat wisata di Kulon Progo secara maksimal, sehingga jarang dilirik wisatawan. Akses menuju tempat wisata juga kebanyakan belum dikelola dengan baik.

Setelah peresmian Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, tempat wisata di Kulon Progo mulai berbenah. Keberadaan bandara NYIA yang menggantikan bandara Adisucipto menjadi titik kesempatan bagi Kulon Progo mempromosikan wisatanya. Berikut daftar tempat wisata di Kulon Progo yang sudah Liputan6.com dikumpulkan dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo: Air Terjun, Sungai, dan Waduk

1. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka menjadi salah satu hidden gem Kulon Progo. Air terjun satu ini menawarkan suana sejuk dengan pemandangan alam yang menenangkan. Berlokasi di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Air terjun Kembang Soka bersumber dari tiga mata air yang tidak pernah kering, bahkan saat musim kemarau. 

Lokasi Air Terjun Kembang Soka cukup terpencil. Wisatawan perlu berjalan 200 meter dari tempat parkir melewati jalan setapak dan jembatan kayu terlebih dahulu. Namun, semua rasa lelah berjalan kaki yang harus ditempuh terbayar dengan pemandangan Air Terjun Kembang Soka.

2. Grojogan Watu Jonggol

Grojogan Watu Jonggol merupakan air terjun yang berada Desa Wisata Nglinggo. Suasana sejuk dan segarnya air dengan bingkai bebatuan di sekitarnya sangat cocok dijadikan tempat untuk melepas penat..

3. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut menjadi tempat wisata di Kulon Progo yang sering dikunjungi oleh muda mudi Jogja. Air terjun ini menawarkan pemandangan air terjun berkabut yang terbentuk dari debit air terjun yang besar dan menghantam bebatuan di bagian bawahnya. 

Air Terjun Kedung Pedut juga berlokasi di area yang terpencil, wisatawan perlu berjalan kaki sekitar 500 meter untuk dapat melihat Air Terjun Kedung Pedut  secara langsung. Di area ini juga disediakan wahana flying fox yang seru. 

4. Curug Sidoharjo

Curug Sidoharjo yang dikenal juga dengan nama Air Terjun Perawan merupakan air terjun tertinggi se-DIY. Lokasinya juga tersembunyi, wisatawan perlu berjalan kurang lebih 10 menit dari tempat parkir untuk dapat melihat Curug Sidoharjo secara langsung.

5. Kali ProgoKali Progo menjadi salah satu sungai yang melintas Kabupaten Kulon Progo. Salah satu bagian sungai yang diberi nama Kali Progo Bawah dijadikan tempat rafting yang memacu adrenalin. Lokasi rafting secara keseluruhan berada di area Kalibawang. Dengan arus deras dan penampang sungai yang lebar, menjadi tempat yang seru untuk kegiatan rafting.

6. Waduk Sermo

Wisata Kulon Progo yang wajib Anda sambangi adalah Waduk Sermo, yang berlokasi di kawasan Bukit Menoreh. Tempat wisata ini, mulai dibangun pada tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996. Adapun fungsi dari pembangunan waduk ini, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan irigasi. Saat ini, selain untuk irigasi, masyarakat juga bisa menjadikan waduk ini sebagai tujuan untuk berwisata panorama alam yang indah.

7. Bendung KayanganNama Kayangan menggambarkan suatu tempat yang indah dan menakjubkan. Tepta seperti inilah yang akan wisatawan temukan di Bendung Kayangan. Bendung Kayangan terdiri dari area sungai dan tebing yang dinamakan Tebing Kayangan.

Warga sekitar percaya bahwa tebing tersebut menyimpan pasokan air yang menghidupi sawah dan perkebunan warga. Dengan latar belakang Tebing Kayangan yang tinggi dan sungai yang dangkal, tempat wisata ini bisa jadi spot berburu foto yang instagramable.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo: Pantai

8. Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan wisata di Kulon Progo berupa pantai yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menikmati menawannya hamparan pasir hutan dan laguna yang sangat luas di sini hanya dengan membayar retribusi mulai dari Rp6.000 per orang. 

Terdapat beton-beton dengan bentuk unik diletakkan di tepi pantai yang berfungsi sebagai wave breaker menambah keindahan di Pantai Glagah. Pantai satu ini juga menjadi spot mancing yang menyenangkan. Saat tahun baru biasanya area pantai dijadikan tempat acara festival yang juga sayang untuk dikunjungi

9. Pantai Krisik

Selain Pantai Glagah, di Pantai Trisik Anda juga dapat menikmati hamparan pasir hitam mengkilap di sepanjang pantai. Daya tarik Pantai Krisik adalah tempat konservasi penyu yang dapat dikunjungi. Pohon-pohon cemara yang rimbun di sekitar pantai juga menjadi pilihan tepat untuk mengambil foto di sini.

10. Pantai Bugel

Pantai lain dengan pemandangan hijaunya pohon-pohon cemara di sekitarnya adalah pantai Bugel. Pantai Bugel juga bisa menjadi pilihan tempat untuk melihat indahnya matahari terbit dan terbenam.

11. Pantai Congot

Berada di sebelah barat Pantai Glagah, Pantai Congot tepatnya terletak di Desa Jangkaran, Temon, Kulon Progo. Pantai ini juga menjadi spot mancing favorit.

12. Pantai Bidara

Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya adalah Pantai Bidara. Pantai yang baru di buka saat awal tahun 2021 ini menawarkan suasana alami yang dapat menenangkan Anda. Anda juga dapat melepas penat dengan menikmati matahari terbenam di Pantai Bidara. 

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo: Pegunungan

13. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo berada di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo dan merupakan puncak tertinggi Pegunungan Manorek di 1017 mdpl. Dari ketinggian ini wisatawan dapat melihat panorama luar biasa, termasuk pemandangan Candi Borodudur, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Merbabu.

14. Wisata Kalibiru

Apabila ingin memanjakan mata dengan indahnya perpaduan panorama bukit dan hutan, maka Kalibiru adalah tempat wisata di Kulon Progo yang tepat. Tidak hanya menikmati indahnya pemandangan melalui menara pandang, wisatawan juga dapat mencoba outbond, termasuk flying fox, trekking dsb. 

15. Bukit Ngisis Nglinggo

Bukit Ngisis Nglinggo menjadi tempat selanjutnya yang sayang jika lewatkan. Bukit ini menawarkan pemandangan bukit yang dikelilingi oleh berbagai gunung. Bukit Ngisis Nglinggo juga menjadi salah satu alternatif tempat wisata untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. 

16. Kebun Teh Nglinggo

Setelah mengunjungi Bukit Ngisi, wisatawan bisa sekalian berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo. Kebun Teh Nglinggo merupakan satu-satunya kebun teh yang ada di Yogyakarta. Wisatawan dapat menikmati hijau dan asrinya hamparan kebun teh.

17. Ayunan Langit

Ayunan Langit merupakan tempat wisata di Kulon Progo yang resmi dibuka pada tahun 2017 silam. Wisata ini adalah wisata yang cukup menantang adrenalin dengan berayun di pinggir tebing setinggi 800 meter dan berlokasi di atas jurang. Selama berada di ayunan, wisatawan dapat melihat indahnya Perbukitan Menoreh.

18. Puncak Widosari

Sesuatu yang unik dari Puncak Widosari adalah bongkahan batu besar di tengah pemandangan hijau yang menentramkan. Terdapat gardu pandang yang dapat menikmati cantiknya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari Puncak Widosari.

19. Canting Mas Puncak Dipowono

Tempat wisata di sekitar Pegunungan Menoreh selanjutnya adalah Canting Mas Puncak Dipowono. Tempat wisata yang berada di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo ini mulai beroperasi tahun 2019 lalu. Wisatawan dapat menghabiskan waktu untuk menikmati indahnya perpaduan panorama bukit dan danau sambil makan atau minum.

20. Puncak Kleco

Masih dengan pilihan tempat wisata di kawasan pegunungan, tempat selanjutnya adalah Puncak Kleco. Puncak Kleco berada di Desa Purwoharji, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Puncak Kleco juga merupakan tempat wisata tersembunyi, untuk sampai di Puncak Kleco wisatawan perlu melakukan trekking sejauh 1 kilometer. Tapi jika malas berjalan wisatawan dapat  menyewa jasa ojek di sekitar tempat wisata. 

21. Pule Payung

Pule Payung merupakan tempat wisata yang sempat berhasil mewakili Kulon Progo dalam kompetisi Anugerah Pesona Indonesia (API) serta meraih juara. Pule Payung berada di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, tepatnya di ketinggian 450 mdpl. Pule Payung menawarkan pemandagan Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo serta berbagai spot foto yang menarik. 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo: Gua, Hutan, dan Kuliner

22. Gua Kiskendo

Keunikan dari Gua Kiskendo adalah diningnya yang dihiasi pahatan cerita ramayana di relief mulut gua, stalagmit dan stalaktit yang masih terjaga. Berlokasi Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, tepatnya di Pegunungan Menoreh. 

23. Gua Kidang Kencono

Gua Kidang Kencono memiliki panjang lorong mencapai 350 meter. Gua ini memiliki  stalagmit dan stalaktit yang masih alami. Gua Kidang Kencono berada di Desa Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo atau berdekatan dengan Gua Kiskendo.

24. Puncak Proman

Puncak Proman merupakan tempat wisata yang berada di atas Bukit Proman, Pedukuhan Tritis, Ngargosari, Samigaluh. Pengunjung perlu mendaki anak tangga sepanjang 100 meter dari tempat parkir untuk menuju puncak.

25. Gunung Jaran

Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, puncak Gunung Jaran menawarkan indahnya pemandangan Kebun Teh Nglinggo, hutan pinus dan puncak Gunung Kukusan yang tidak terkalahkan. 

26. Hutan Mangrove

Bukan lagi sekadar kawasan konservasi bakau, kini kawasan hutan mangrove telah menjadi tempat wisata yang cukup digemari oleh wisatawan. Hutan Mangrove ini berada di Desa Jangkaran, Temon Kulon, Kulon Progo. Wisatawan juga dapat mengunjungi dua kawasan wisata mangrove lainnya, yaitu Mangrove Pasir Mendit dan Mangrove Pantai Kadilangu.

27. Hutan Pinus Girimulyo

Hutan pinus memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain Hutan Pinus mangunan di bantul, di Kulon Progo juga terdapat Hutan Pinus yang tidak kalah indah, yaitu Hutan Pinus Girimulyo. Jika dibandingkan, Hutan Pinus Girimulyo relatif lebih sepi karena belum banyak wisatawan yang tau. Oleh sebab itu, wisatawan dapat menikmati suasana hutan pinus yang asri dan khas serta berfoto tanpa khawatir ada photobomb. 

 

28. Dawet Sambel Mbak Sirep Nanggulan

Istilah dawet sambel mungkin terdengar asing dan membuat dahi mengernyit. Sebab pada umumnya, dawet diolah menjadi minuman manis segar. Kata sambal yang berada di belakang kata dawet membuat makanan satu ini pun terdengar cukup unik dan asing. 

Dawet sambel memang merupakan hidangan gurih yang disajikan dengan taburan sambal. Semangkuk dawet sambel akan ditambahkan bawang goreng dan juga kecambah yang akan membuat rasanya menjadi benar benar unik. 

Warung Dawet Sambel Mbak Siper berada di area objek Wisata Taman Sungai Mudal. Satu porsinya dibanderol dengan harga yang cukup murah, yaitu 3.000 rupiah saja Tertarik untuk mencoba?

29. Kopi Menoreh Pak Rohmat

Tidak hanya sebagai penghasil teh, Kulon Progo juga dikenal sebagai salah satu tempat penghasil kopi. Para penggemar kopi tak ada salahnya untuk mampir ke Kopi Menoreh Pak Rohmat. Terdapat dua varian, yaitu kopi Arabika dan Robusta yang siap untuk menemani sore. Uniknya, kedai kopi ini buka selama 24 jam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS