Sukses

15 Jenis Tanaman Hias Merambat yang Rimbun dan Menyejukkan

Liputan6.com, Jakarta - Jenis tanaman hias merambat sangat cocok dijadikan penyejuk area rumah. Ini karena jenis tanaman hias merambat pasti tumbuh rimbun. Banyak pula yang menggunakan berbagai jenis tanaman hias merambat sebagai kanopi, tiang, hingga pagar.

Tertarik menanamnya di sekitar pekarangan rumah? Tak hanya akan fungsional, jenis tanaman hias merambat pun ada yang bisa menghasilkan bunga-bunga cantik. Ini akan menjadikan rumah tampak lebih indah dan estetik.

Selain itu, berbagai jenis tanaman hias merambat yang rimbun dan menyejukkan dikenal mudah untuk dirawat. Jadi, pemilik tanaman hias merambat tidak akan kerepotan merawatnya. Simak penjelasan lengkapnya agar lebih memahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang 15 jenis tanaman hias merambat yang rimbun dan menyejukkan, Jumat (28/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jenis Tanaman Hias Merambat yang Rimbun dan Menyejukkan

1. Morning Glory

Morning glory adalah jenis tanaman hias merambat yang cocok di iklim tropis. Tanaman morning glory memiliki bunga-bunga indah yang bisa menghiasi pagar dan dinding rumah.

Sesuai namanya, bunga morning glory sebagai jenis tanaman hias merambat akan mekar pada pagi hari. Morning glory yang ditanam di daerah panas biasanya memiliki warna bunga ungu, sementara morning glory yang ditanam di daerah dingin memiliki warna biru.

2. Sirih Gading

Tanaman sirih gading adalah jenis tanaman hias merambat yang tengah naik daun. Tanaman ini mudah dalam perawatannya, baik ditanam dengan media tanam tanah maupun air.

Berkat corak putih di daunnya, jenis tanaman hias merambat yang sirih gading kerap disebut sebagai sirih Belanda oleh masyarakat Indonesia.

Jenis tanaman hias merambat ini tak berbunga dan hanya tumbuh batang daun yang menjuntai ke bawah. Sirih gading dapat dijadikan tanaman hias untuk memberikan kesan asri dan indah.

3. Alamanda

Alamanda atau terompet emas atau bunga lonceng kuning, atau buttercup adalah jenis tanaman hias merambat yang termasuk dalam jenis tumbuhan perdu. Tanaman ini bisa merambat dengan baik pada pagar yang bikin rimbun dan menyejukan. Bunga alamanda memiliki variasi warna mulai dari kuning cerah, ungu, hingga pink.

4. English Ivy

English ivy adalah jenis tanaman hias merambat yang masuk dalam keluarga Araliaceae. Daun english ivy menghasilkan warna unik, yakni perpaduan hijau dan putih kekuningan.

Jenis tanaman hias merambat ini cocok dijadikan sebagai vertikal garden. English ivy juga menyukai area lembab, memiliki bunga berdiameter 5 cm dan mekar dari musim panas hingga musim gugur.

5. Zygocactus

Zygocactus adalah jenis tanaman hias merambat yang cocok di tempat panas. Zygocactus merupakan salah satu jenis kaktus yang tumbuh di dahan pepohonan atau di celah batuan lereng gunung.

Jenis tanaman hias merambat ini cocok ditanam di pot gantung karena bunganya yang indah dan tumbuh menggantung. Meski perawatannya lumayan sulit namun tanaman ini bisa sangat awet karena tahan terhadap panas.

6. Bougenvile

Bougenvile adalah jenis tanaman hias merambat yang bisa mempercantik pagar rumah. Bougenville atau yang kerap disebut bunga kertas terkenal dengan bunganya yang berwarna-warni cerah. Bougenville sebagai jenis tanaman hias merambat termasuk tanaman musim panas yang berduri dan hijau sepanjang musim.

7. Sirih Merah

Sirih merah adalah jenis tanaman hias merambat. Di balik manfaat herbalnya, sirih merah bisa jadi tanaman yang cantik untuk eksterior rumah. Sirih bisa merambat dengan baik di pagar atau dinding rumah. Akar sirih merah bisa menempel kuat pada media rambatnya. Jenis tanaman hias merambat ini bisa membuat rumah sejuk dengan warna hijau gelap dari siri merah.

3 dari 3 halaman

Jenis Tanaman Hias Merambat yang Rimbun dan Menyejukkan

8. Kuku Macan

Tanaman kuku macan, Flame of Irian, anggrek Irian atau melati Irian adalah jenis tanaman hias merambat. Ini tanaman hias rambat dengan bunga jingga yang cerah. Jenis tanaman hias merambat ini biasa ditanam sebagai peneduh untuk kanopi, tiang, atau pagar.

9. Pukul Sembilan

Bunga Portulaca atau bunga pukul sembilan adalah jenis tanaman hias merambat. Sekilas jenis tanaman hias merambat ini menyerupai tanaman krokot. Bentuknya pendek, dengan rumput berbunga.

Jenis tanaman hias merambat ini berwarna-warni dan menjadikannya cocok dijadikan tanaman hias gantung di rumah. Tanaman ini dapat hidup dan bisa berbunga cepat tanpa membutuhkan banyak usaha penyiraman.

10. Soapwort

Soapwort adalah jenis tanaman hias merambat. Menanam soapwort mudah dan tanaman ini membuat tambahan yang bagus untuk tempat kosong seperti pagar, dinding, dan halaman rumah. Tanaman Soapwort sebagai jenis tanaman hias merambat ini tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh hingga teduh dan akan mentolerir hampir semua jenis tanah asalkan pengeringannya baik.

11. Ekor Kucing

Acalypha memiliki bentuk bunga eksotis yang berbulu dan berbentuk seperti kumpulan ekor kucing berwarna merah. Ekor kucing adalah jenis tanaman hias merambat yang rimbun dan menyejukkan. Tanaman ini mempunyai ciri-ciri pertumbuhan yang cepat.

Ekor kucing menjadi jenis tanaman hias merambat yang bisa merambat sangat panjang ke bawah, disarankan untuk menggantungnya di area yang tinggi. Tanaman hias berbunga ekor kucing dapat tumbuh secara maksimal di temperatur yang panas dan lembap.

12. Philodendron

Philodendron adalah jenis tanaman hias merambat dengan corak dan warna dramatis. Beberapa yang paling populer di antaranya yaitu heartleaf philodendron, lacy tree philodendron, dan red-leaf philodendron.

Jenis tanaman hias merambat tropis ini memiliki kemampuan yang efektif untuk membantu membersihkan udara yang kita hirup. Sehingga philodendron bagus dijadikan dekorasi indoor ataupun outdoor.

13. Lee Kuan Yew

Lee Kuan Yew adalah jenis tanaman hias merambat. Ini termasuk tanaman rambat yang kini banyak digunakan untuk mendekorasi dinding, kanopi, balkon, dan pagar.

Jenis tanaman hias merambat seperti lee kuan yew dikenal pula sebagai tanaman hijau yang menjulur panjang ke bawah. Menanam tanaman ini bisa memberi suasana asri dan sejuk untuk hunian.

14. Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin atau Antigonon adalah jenis tanaman hias merambat. Tanaman ini memiliki warna bunga yang cerah dan indah. Kelopak-kelopak bunga ini memiliki tampilan seperti butiran air mata kecil yang indah. Bunga air mata pengantin biasanya bewarna merah muda atau putih.

15. Dollar

Ficus Pumila adalah jenis tanaman hias merambat. Tanaman ini sangat cocok dijadikan hiasan pagar atau tembok. Tanaman ini memiliki warna hijau yang cerah dan daunnya mengkilap sehingga menghadirkan kesan yang segar. Akar tanaman dollar termasuk jenis tanaman hias merambat yang memiliki akar mencengkeram kuat pada bidang rambatnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS