Sukses

Jelaskan Pengertian Ruang, Lengkap Fungsi dan Kriterianya

Pengertian ruang adalah tempat yang ada di permukaan bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Jelaskan pengertian ruang secara umum! Pengertian ruang secara umum adalah suatu tempat yang ada di permukaan bumi. Ruang menjadi tempat di mana manusia bisa melakukan interaksi dan melangsungkan hidup.

Ruang menjadi bagian dari dimensi spasial. Jelaskan pengertian ruang dengan dimensi! Ruang dengan dimensi spasial maksudnya, menjadi sebuah tempat terjadinya berbagai macam peristiwa alam dan segala kejadian dalam proses perjalanan waktu.

Jelaskan ruang dengan konsep! Dalam dunia arsitektur, ruang merupakan tempat yang dibatasi dengan tiga elemen, yakni lantai, dinding, dan langit-langit. Ada ruang dalam dan ruang terbuka yang keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian ruang, fungsi ruang, dan kriteria ruang, Jumat (28/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jelaskan Pengertian Ruang Secara Umum!

Ruang adalah sebuah rongga dengan batas dan tidak berbatas. Jelaskan pengertian ruang secara umum! Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian ruang adalah rongga yang berbatas atau terlingkup oleh bidang. Pengertian ruang adalah rongga yang tidak berbatas, tempat segala yang ada.

Pengertian ruang bukan hanya sekadar rongga dengan udara. Jelaskan pengertian ruang secara umum! Dalam buku berjudul Konsep Dasar IPS oleh Yulia Siska, M.Pd, pengertian ruang juga berupa bagian-bagian dari permukaan bumi. Seperti lautan, sungai, danau, gunung, bukit, dan lain sebagainya.

Jelaskan pengertian ruang secara umum! Pengertian ruang pun bisa didefinisikan sebagai tempat di mana manusia bisa melakukan interaksi atau bersosialisasi. Tempat manusia berkembang biak, bertahan hidup, dan melangsungkan kehidupannya di dunia.

Dalam buku berjudul Studi Geografi: Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan (1981) oleh Nursid Sumaatmadja, pengertian ruang ditegaskan sebagai tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan makhluk hidup untuk tinggal.

Jelaskan pengertian ruang! Ruang menjadi tempat yang ada di permukaan bumi dan menjadi tempat tinggal makhluk hidup di sana. Dalam konsep keruangan, segala makhluk hidup yang ada menjadi bagian dari ruang.

Ruang merupakan bagian dari dimensi spasial. Jelaskan pengertian ruang! Pengertian ruang yang berhubungan dengan dimensi spasial, ruang menjadi sebuah tempat terjadinya berbagai macam peristiwa alam dan segala kejadian dalam proses perjalanan waktu.

3 dari 4 halaman

Jelaskan Pengertian Ruang dengan Konsep!

Jelaskan pengertian ruang dengan konsep! Ruang harus dikelola dengan konsep tertentu. Education Standards menjelaskan pengertian ruang dengan konsep, berupa fokus lokasi dan distribusi keruangan, tentang bagaimana cara orang mengatur dan mengelola ruang yang ditinggali.

Ada dua jenis ruang dengan konsep yang perlu diketahui, yakni ruang luar dan ruang dalam. Apa perbedaan keduanya? Ruang dengan konsep sama dengan ruang dalam bidang arsitektur.

Jelaskan pengertian ruang dengan konsep!

Universitas Katolik Soegijapranata menjelaskan pengertian ruang dalam adalah sebuah area yang dibatasi dengan tiga elemen pembatas antar ruang, yakni lantai, dinding, dan langit-langit. Fungsi ruang dalam ini umumnya menjadi tempat tinggal dan berlindung.

Sementara pengertian ruang terbuka adalah sebuah area yang dibatasi oleh dinding bangunan dan lantai bangunan untuk fungsi tertentu. Fungsi ruang terbuka yang dimaksudkan adalah sebagai berikut:

1. Ruang terbuka menjadi tempat peralihan atau menunggu.

2. Ruang terbuka menjadi tempat bersantai.

3. Ruang terbuka menjadi tempat mendapatkan udara segar dengan lingkungan.

4. Ruang terbuka menjadi sarana penghubung satu tempat ke tempat lain.

5. Ruang terbuka menjadi tempat komunikasi sosial.

6. Ruang terbuka menjadi tempat bermain.

7. Ruang terbuka menjadi tempat olahraga.

8. Ruang terbuka menjadi pembatas atau jarak.

4 dari 4 halaman

Jelaskan Kriteria Sebuah Ruang!

Ruang diciptakan dengan fungsi interaksi. Kriteria ruanglah yang bisa menciptakan adanya interaksi antar-ruang tersebut.

Dalam modul berjudul IPS Kelas VII oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), interaksi antar-ruang yang dimaksudkan berupa mobilitas sosial, komunikasi, dan transportasi.

Jelaskan kriteria sebuah ruang untuk menciptakan fungsi interaksi antar-ruang! Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ini kriteria sebuah ruang untuk fungsi interaksi antar-ruang:

1. Saling Melengkapi (Complementarity)

Kriteria sebuah ruang, harus bisa saling melengkapi. Ini sangat memengaruhi interaksi antar-ruang nantinya. Saling melengkapi dalam interaksi antar-ruang merupakan gambaran kondisi saling melengkapi apabila ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkan.

2. Kesempatan Intervensi (Intervening Opportunity)

Kriteria sebuah ruang, harus ada kesempatan intervensi. Kesempatan intervensi yang dimaksudkan, suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik, baik itu tempat asal atau tujuan. Apabila seseorang akan mendapatkan sebuah produk, maka orang tersebut haruslah memperhatikan faktor jarak serta biaya dalam memperoleh produk tersebut.

3. Kemudahan Dipindahkan (Transferabillity)

Kriteria sebuah ruang, harus mudah dipindahkan. Apa maksudkan? Kemudahan untuk dipindahkan sebagai syarat ruang, dapat diartikan sebagai keadaan dapat diserahkan atau dipindahkan.

Gambaran ini diperlukan dalam hal biaya yang dibutuhkan dalam melakukan pemindahan suatu barang. Jika barang yang dipidahkan jaraknya semakin jauh, maka biaya yang dikeluarkan untuk memindahkan barang itu akan semakin besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.