Sukses

14 Cara Mengecilkan Pinggul di Rumah, Mudah dan Aman

Terdapat cara yang mudah dan hemat biaya untuk membakar lemak tubuh, termasuk mengecilkan pinggul Anda.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pinggul dan ramping adalah keinginan banyak orang. Apakah Anda pernah berpikir untuk bisa memiliki pinggul yang kecil dan seramping Jennie Blackpink? Anda mungkin bisa mendapatkannya dengan diet dan olahraga yang tepat. Akan tetapi, dilansir dari Healthline karena tidak ada cara untuk mengurangi lemak hanya pada satu bagian tubuh.

Jadi, Anda perlu melakukan diet dan olahraga untuk menghilangkan lemak tubuh secara keseluruhan. Setelah itu, Anda bisa mulai fokus melakukan berbagai cara untuk mengencangkan otot-otot tubuh bagian bawah tertentu, terutama di sekitar pinggul yang dapat membantu mengurangi lemak pinggul nantinya.

Cara mengecilkan pinggul tidak hanya tentang latihan secara fisik, tetapi juga terkait dengan beberapa gaya hidup, seperti pola makan dan tidur. Ini mungkin tidak akan cukup membuat pinggul Anda kecil dan ramping dalam semalam. Dibutuhkan adanya latihan dan upaya yang konsisten, tetapi tidak berlebihan.

Anda juga tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam untuk mengaplikasikan cara mengecilkan pinggul. Anda dapat mencoba beberapa tipsnya di rumah. Berikut liputan6.com rangkum tentang cara mengecilkan pinggul dari Healthline dan berbagai sumber lainnya, Selasa (25/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Pinggul dengan Berbagai Latihan

1. Squat

Squat merupakan cara mengecilkan pinggul pertama untuk melatih tubuh bagian bawah sehingga mampu membakar lemak paha dan pinggul. Cara mengecilkan pinggul yang satu ini dapat Anda dilakukan dengan mengambil posisi jongkok dengan paha membentuk 90 derajat, seperti duduk biasa di kursi. Setelah itu, letakkan tangan lurus ke depan, lalu berdiri dan jongkok kembali seperti pada awalnya dan tahan selama 15 hingga 30 detik. Ulangi gerakan ini sampai 10 kali.

2. Lunges

Selain efektif untuk mengecilkan paha, gerakan yang satu ini juga mampu mengecilkan pinggul Anda. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu berdiri tegak, lalu letakkan satu kaki ke depan dan tekuk lutut serendah mungkin sampai lutut kaki yang lain hampir menyentuh lantai. Setelah itu, kembalilah ke posisi semula lalu ulangi bergantian dengan kaki yang lain sebanyak 20 kali.

3. Fire Hydrant

Fire Hydrant merupakan cara mengecilkan pinggul yang juga menyasar glutes. Akan tetapi, jika lutut Anda bermasalah, maka lebih baik Anda menggunakan tikar untuk melakukannya. Cara melakukannya juga cukup mudah, yaitu Anda pertama perlu mengambil posisi merangkak dan buka tangan dan lutut selebar bahu. Setelah itu, pastikan posisi pinggul tetap dan luruskan satu kaki Anda ke belakang. Tahan beberapa detik dan ulangi gerakan tersebut hingga 10 kali pada masing-masing kaki.

3 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Pinggul dengan Berbagai Latihan

4. Steps-ups

Anda dapat melakukan cara mengecilkan pinggul yang satu ini dengan memanfaatkan bangku atau anak tangga yang setinggi lutut serta dumbbell di kedua tangan. Latihan ini juga akan melatih otot-otot di glutes, pinggul dan paha. Pertama, Anda perlu berdiri di depan bangku atau anak tangga dengan membuka kaki selebar pinggul sambil memegang dumbbell. Kemudian letakkan kaki kanan bangku dan kaki kiri di lantai.

Kedua, angkatlah kaki kiri lalu turunkan kembali dengan tetap menjaga beban di tangan Anda. Anda dapat mengulang gerakan menaikkan dan menurunkan kaki kiri sebanyak 10 hingga 15 kali sebelum bergantian dengan kaki kanan. Anda bisa melakukannya untuk dua hingga tiga set setiap latihan.

5. Wall Sits

Wall Sits merupakan latihan berikutnya yang juga cukup mudah untuk dilakukan. Latihan ini baik untuk melatih paha, pinggul dan perut bagian bawah . Ini juga dapat menguji daya tahan otot dan menurunkan berat badan. Pertama, Anda hanya perlu berdiri tegak dengan punggung menempel pada dinding dan letakkan kaki beberapa cm menjauh dari dinding.

Kedua, Anda kemudian hanya perlu melakukan gerakan seperti duduk lalu berdiri dengan posisi tubuh tetap dan paha bagian belakang tetap sejajar dengan lantai. Tahan posisi seperti duduk tersebut selama 20 hingga 30 detik lalu kembali ke posisi semula.

6. Banded Walk atau Jalan Berpita

Latihan ini membutuhkan alat tambahan, seperti pita resistensi. Pita berfungsi untuk  menjaga ketegangan pinggul Anda saat bergerak menyamping. Latihan ini akan dapat memperkuat glutes Anda. Anda dapat mengalungkan pita tersebut ke kedua pergelangan kaki dengan sedikit menekuk lutut dan membuka kaki sedikit lebih lebar. Setelah itu, Anda dapat mengambil langkah ke kanan dan ke kiri. Anda dapat melakukan masing masing gerakan menyamping sebanyak 10 kali lalu ulangi sebanyak dua hingga tiga kali.

 

4 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Pinggul dengan Berbagai Latihan

7. Jump Squat

Jump Squat merupakan latihan tingkat lanjut yang memadukan squat dasar dengan melompat. Untuk memulainya, Anda perlu berdiri dengan membuka kaki selebar bahu. Selanjutnya, letakkanlah kedua tangan di depan badan untuk menjaga keseimbangan. Setelah itu, pusatkan berat badan pada tumit, lalu jongkok atau turunkan tubuh hingga paha sejajar dengan lantai. Kemudian angkat tubuh dengan sedikit melompat dan turunkan kembali tubuh pada posisi jongkok. Ulangi gerakan ini secara perlahan selama 30 detik atau 10 hingga 12 kali pengulangan.

8. Side-lying Leg Raise

Side-lying leg raise adalah cara mengecilkan paha yang sangat mudah lainnya. Ini bertujuan untuk mengencangkan pinggul yang juga mempermudah membakar lemak pada pinggul. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu berbaring di atas tikar dengan posisi miring menghadap ke kanan. Letakkan tangan kanan di bawah telinga untuk menahan kepala. Selanjutnya, angkatlah kaki kiri ke atas secara perlahan hingga mencapai titik tertinggi. Tahan sebentar ketika kaki di atas, lalu turunkan kembali anda dapat berganti sisi setelah mengulangi gerakan sebanyak 10 kali. Pastikan pinggul tetap stabil.

 

 

5 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Pinggul dengan Berbagai Latihan

9. Naik turun Tangga

Cara mengecilkan pinggul dengan naik turun tangga, selain mengencangkan glutes pada pinggul juga merupakan latihan kardiovaskular yang baik. Anda dapat berlari menaiki tangga lalu menuruninya. Ulangi latihan selama lima menit.

10. Latihan Interval Intensitas Tinggi

Latihan Interval Intensitas Tinggi atau High intensity interval training (HIIT) merupakan jenis latihan kardio yang dilakukan secara intens singkat dan istirahat yang singkat pula. Sebuah jurnal yang berjudul “The Effect of High-Intensity Intermittent Exercise on Body Composition of Overweight Young Males” oleh M.Heydari dkk menyebutkan bahwa HIIT merupakan cara efektif untuk membakar lemak tubuh.

Beberapa HIIT yang mungkin bisa Anda coba, termasuk melakukan jump squat atau burpee selama 45 detik, sprint cepat di treadmill bagi yang punya selama 30 detik dan istirahat 15 detik. Anda dapat melakukan latihan ini setiap sesinya selama 10 sampai 30 detik dan setidaknya dua kali dalam satu minggu.

6 dari 6 halaman

Cara Lain Untuk Mengecilkan Pinggul

11. Memakan Makanan Sehat

Anda juga dapat mendukung rangkaian cara mengecilkan pinggul dengan melakukan diet sehat. Anda perlu menghindari makanan dan minuman dengan tambahan gula. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada biasanya. Adapun, beberapa jenis buah, sayur-sayuran dan biji-bijian dengan protein tinggi, rendah kalori dan rendah atau tanpa lemak dapat menjadi alternatif menu diet Anda. Perhatikan pula porsi makan Anda.

12. Menjaga Kualitas Tidur

Untuk meningkatkan keberhasilan upaya penurunan berat badan, termasuk cara mengecilkan pinggul, Anda juga perlu menjaga tidur Anda. Anda disarankan untuk tidur berkualitas selama tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya.

13. Menjaga atau Menghindari Stress Berlebih

Sebuah jurnal yang berjudul “Stress, Cortisol, and Obesity: A Role for Cortisol Responsiveness in Identifying Individuals Prone to Obesity” oleh S D Hewagalamulage dkk menyebutkan bahwa stress yang berlebihan akan menyebabkan komplikasi kesehatan, termasuk penambahan berat badan, tekanan darah tinggi dan sakit kepala.

Dengan demikian, mengendalikan stres Anda menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam upaya penurunan berat badan, yang termasuk di dalamnya jika Anda ingin berusaha untuk mengecilkan pinggul. Untuk mengatasi stres, Anda bisa mencoba beberapa kegiatan, seperti yoga, meditasi atau latihan pernapasan dalam.

14. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara yang satu ini mungkin sering tidak diremehkan, tetapi nyatanya kekurangan asupan air akan berdampak buruk pada tubuh kita, yang mana jika tubuh kekurangan cairan maka tidak dapat melakukan latihan untuk mengecilkan pinggul. Anda dapat meminum air putih sebanyak 7 hingga 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter. Air putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi sebagian besar lemak di pinggul.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.