Sukses

16 Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan, Mencegah Kanker Hingga Penyakit Jantung

Kembang kol merupakan salah satu sayuran populer yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Kembang kol merupakan sayuran yang menjadi bagian dari jenis Brassica oleracea. Kembang kol juga merupakan salah satu sayuran populer yang banyak dikonsumsi di Indonesia.

Kembang kol mempunyai nilai gizi yang tinggi karena kadar senyawa antioksidan yang juga tinggi yang menguntungkan bagi tubuh kita. Oleh karena itu, tidak mengejutkan jika manfaat kembang kol bagi tubuh jumlahnya juga tidak sedikit.

Kembang kol juga menjadi salah satu sayuran yang menjadi sumber serat yang baik. Anda juga mungkin tidak akan bosan dalam mengonsumsi kembang kol karena terdapat banyak cara untuk memakan kembang kol. Beberapa cara makan kembang kol, termasuk dalam pizza, ditumis biasa, dimasukkan dalam sup keju dan bahkan dimakan bersama dengan steak atau daging panggang.

Ini berarti Anda juga bisa mendapatkan manfaat kembang kol dalam beragam cara. Akan tetapi, bagi orang-orang yang mengonsumsi pengencer darah tidak disarankan memakan kembang kol dalam jumlah banyak karena kadar vitamin K dalam kembang kol dapat berinteraksi buruk dengan obat-obatan tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari MedicalNewsToday dan berbagai sumber tentang manfaat kembang kol, Selasa (18/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika kembang kol merupakan salah satu sayuran yang memiliki profil nutrisi mengesankan. Kembang kol memiliki kalori yang rendah dan vitamin yang tinggi. Bahkan kembang kol mengandung hampir setiap vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita. Beberapa di antaranya seperti, serat, protein, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin K, folat, niasin, thiamin,riboflavin dsb.

2. Melancarkan Pencernaan

Terdapat sekitar 3 gram serat dalam satu cangkir (128 gram) kembang kol, yang mana merupakan 10% dari jumlah kebutuhan harian. Banyaknya kandungan serat dalam kembang kol akan membantu Anda mengatasi sembelit, mencegah divertikulitis dan penyakit radang usus serta mengurangi risiko kanker usus besar. Serat dalam kembang kol juga akan membantu Anda mencegah diri dari obesitas karena kemampuannya untuk meningkatkan kepenuhan dan mengurangi asupan kalori. Asupan serat yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan risiko lebih rendah penyakit jantung, stroke, hipertensi dsb.

3. Mengurangi Risiko Kanker dan Berbagai Penyakit Lainnya

Tidak berbeda dengan brokoli dan kubis, kembang kol juga kaya akan sulforaphane. Sulforaphane merupakan antioksidan yang dapat membantu melawan berbagai jenis kanker. Sulforaphane dapat menghambat enzim histone deacetylase (HDAC) yang mana terlibat dalam perkembangan sel kanker. Berdasarkan hasil penelitian, sulforaphane menjanjikan untuk mungkin menunda atau menghambat kanker melanoma, esofagus, prostat da pankreas. Selain itu, juga terdapat antioksidan indole-3-carbinol atau I3C yang umum ditemukan pada sayuran, salah satunya kembang kol yang terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi.

Tidak sampai situ saja, sulforaphane berperan dalam membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga arteri tetap sehat yang terlibat dalam pencegahan penyakit jantung. Selain itu sulforaphane juga berperan dalam pencegahan diabetes dan mengurangi risiko komplikasi yang disebabkan diabetes, seperti penyakit ginjal.

4. Sumber Antioksidan yang Baik

Manfaat kembang kol selain untuk mencegah kanker, kembang kol juga memiliki berbagai sumber antioksidan lain yang dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas dan peradangan. Kembang kol juga mengandung antioksidan karotenoid dan flavonoid yang memiliki efek anti kanker dan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung. Selain itu, kembang kol juga mengandung antioksidan yang terkenal, yaitu vitamin C yang efek anti inflamasinya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. 

3 dari 5 halaman

Manfaat Kembang Kol

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kembang kol yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena, pertama kembang kol rendah kalori. Artinya, Anda dapat memakan kembang kol dalam jumlah banyak tanpa takut bertambah berat badan. Kedua, karena kandungan serat yang tinggi pada kembang kol juga akan membantu Anda memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang sehingga dapat membantu Anda dalam pengendalian berat badan. Kembang kol yang merupakan makanan padat air juga dikaitkan dengan penurunan berat badan.

6. Kaya akan Kolin yang Membantu Memperkuat Ingatan

Manfaat kembang kol yang selanjutnya adalah untuk membantu memperkuat ingatan. Kolin dalam kembang kol membantu Anda denggan tidur, gerakan otot, belajar dan memori atau ingatan. Kolin juga memainkan banyak peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga integritas membran sel, mensintesis DNA dan mendukung metabolisme. Selain itu, kolin terlibat dalam perkembangan otak dan produksi neutrotransmiter yang diperlukan untuk sistem saraf yang sehat. Orang yang kekurangan kolin akan lebih berisiko terkena penyakit hati, jantung, demensia dan alzheimer.

7. Memperkuat Tulang

Kandungan vitamin K yang ada dalam kembang kol akan membantu Anda meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang atau osteoporosis. Vitamin K menawarkan sekitar 20 persen dari kebutuhan vitamin K harian yang tidak akan membuat Anda menyesal ketika memakannya.

8. Alternatif Biji-Bijian yang Rendah Karbohidrat

Anda dapat mengganti biji-bijian atau kacang-kacangan dalam makanan Anda dengan kembang kol. Manfaat kembang kol yang satu ini karena kembang kol akan membantu seseorang yang sedang melakukan diet rendah karbohidrat. Ini karena kembang kol memiliki karbohidrat yang lebih sedikit daripada biji-bijian atau kacang-kacangan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kembang Kol

9. Melancarkan Sirkulasi 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa asupan serat yang cukup akan mengurangi risiko masalah kardiovaskular dan meningkatkan sirkulasi darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi kembang kol akan membantu memperlancar peredaran atau sirkulasi darah.

10. Mencegah Peradangan

Manfaat kembang kol selanjutnya adalah membantu dalam mencegah peradangan. Kembang kol juga mengandung antioksidan, seperto beta-karoten, kuersetin, asam sinamat dan beta-cryptoxanthin yang dapat mencegah radikal bebas pemicu terjadinya peradangan.

11. Menjaga Fungsi Penglihatan

Vitamin C yang ada di dalam kembang kol juga berperan dalam mengurangi risiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia seseorang. Sulforaphane yang ada di dalam kembang kol juga membantu dalam melindungi retina dari potensi katarak.

12. Memudahkan Diet Anda

Kembang kol tidak sulit untuk ditambahkan dalam berbagai makanan yang akan memudahkan diet Anda. Anda dapat mengkonsumsi kembang kol secara langsung atau dimasak dalam berbagai cara, termasuk dikukus, dipanggang atau ditumis. Anda juga dapat mengkonsumsi kembang kol sebagai pizza kembang kol, hummus kembang kol, kembang kol tumbuk, tortilla kembang kol dsb.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kembang Kol

13. Mendukung Keseimbangan Hormon

Manfaat kembang kol yang satu ini masih berkaitan denhan kandungan indole-3-carbinol atau I3C yang ada di kembang kol. Selain untuk mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi, senyawa tersebut dapat bertindak sebagai estrogen tanaman yang membantu menyeimbangkan hormon dengan mengatur kadar estrogen dalam tubuh.

14. Mencegah Penuaan

Zat alami yang ada di dalam kembang kol, seperti sulforaphane dapat membantu dalam memperlambat proses penuaan dengan cara memengaruhi gen. Selain itu, kembang kol juga dapat memperlambat penurunan kognitif yang disebabkan karena pertambahan usia.

15. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Selain sebagai anti inflamasi, vitamin C dalam kembang kol dapat mencegah kerutan, garis-garis halus serta berperan dalam meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengencangkan kulit. Selain itu, vitamin C dalam kembang kol juga dapat meningkatkan kesehatan rambut Anda dengan memperkuat folikel.

16. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Dalam 100 gram kembang kol, 92 gramnya merupakan air. Oleh karena itu, memakan kembang kol akan membantu Anda tetap terhidrasi karena kandungan air dalam sayuran ini tinggi.

Banyaknya manfaat kembang kol tidak membuat sayuran yang satu ini dapat bebas dikonsumsi secara berlebihan. Anda harus tetap mengkonsumsi kembang kol sewajarnya. Untuk seseroang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, memiliki masalah tiroid dan pencernaan seperti salah satunya radang usus direkomendasikan untuk berbicara kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi kembang kol karena efek samping yang mungkin dihasilkannya.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.