Sukses

Penyebab Bell's Palsy, Pahami Gejala dan Cara Pengobatan yang Benar

Penyebab Bell's Palsy hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. namun terdapat beberapa faktor yang dapat memicunya, berikut ini rinciannya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab Bell's Palsy hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. Bell's palsy adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan tiba-tiba pada otot-otot di satu sisi wajah. Dalam kebanyakan kasus, kelemahan bersifat sementara dan meningkat secara signifikan selama berminggu-minggu. 

Penyebab Bell's Palsy sering kali dikaitkan dengan infeksi virus. Mulai dari virus cacar hingga gondok, disinyalir dapat menjadi pemicu dan faktor penyebab Bell's Palsy. Para ahli menduga hal itu disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan pada saraf yang mengontrol otot-otot di satu sisi wajah, akibat reaksi yang terjadi setelah infeksi virus.

Gejala biasanya mulai membaik dalam beberapa minggu, dengan pemulihan total dalam waktu sekitar enam bulan. Sejumlah kecil orang terus memiliki beberapa gejala Bell's palsy seumur hidup. Untungnya sangat jarang Bell's palsy terjadi lebih dari sekali seumur hidup.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/9/2022). Tentang faktor penyebab Bell's Palsy, gejala yang dialami dan cara pengobatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Bell's Palsy

Bell's Palsy

Bell's palsy adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan sementara pada otot-otot di wajah. Ini dapat terjadi ketika saraf yang mengontrol otot-otot wajah anda meradang, bengkak, atau tertekan.

Kondisi tersebut menyebabkan satu sisi wajah anda terkulai atau menjadi kaku. Anda mungkin mengalami kesulitan tersenyum atau menutup mata di sisi yang sakit. Dalam kebanyakan kasus, Bell's palsy bersifat sementara, dan gejala biasanya hilang dalam beberapa minggu atau bulan.

Kasus Bell's palsy ringan biasanya hilang dalam waktu satu bulan. Pemulihan dari kasus yang lebih parah di mana wajah lumpuh total dapat bervariasi. Komplikasi mungkin termasuk:

- Kerusakan permanen pada saraf wajah.

- Pertumbuhan kembali serabut saraf yang tidak teratur. Hal ini dapat menyebabkan kontraksi otot tertentu yang tidak disengaja ketika anda mencoba menggerakkan otot lain (synkinesis). Misalnya, saat anda tersenyum, mata di sisi yang sakit mungkin tertutup.

- Kebutaan sebagian atau seluruhnya pada mata yang tidak mau menutup. Hal ini disebabkan oleh kekeringan yang berlebihan dan goresan pada lapisan pelindung mata (kornea) yang bening.

Meskipun Bell's palsy dapat terjadi pada usia berapa pun, kondisi ini lebih sering terjadi pada orang berusia antara 16 dan 60 tahun. Bell's palsy dinamai menurut ahli anatomi Skotlandia Charles Bell, yang pertama kali menggambarkan kondisi tersebut.

3 dari 5 halaman

Penyebab Bell's Palsy

 

Meskipun penyebab Bell's palsy secara pasti masih tidak jelas, hal ini sering dikaitkan dengan infeksi virus. Bell's palsy terjadi ketika saraf kranial ketujuh menjadi bengkak atau tertekan, mengakibatkan kelemahan wajah atau kelumpuhan.

Penyebab pasti dari kerusakan saraf ini tidak diketahui, tetapi banyak peneliti medis percaya kondisi ini kemungkinan besar dipicu oleh infeksi virus. Virus yang telah dikaitkan dengan Bell's palsy termasuk virus yang menyebabkan:

- Luka dingin dan herpes genital (herpes simpleks)

- Cacar air dan herpes zoster (herpes zoster)

- Mononukleosis menular (Epstein-Barr)

- Infeksi cytomegalovirus

- Penyakit pernapasan (adenovirus)

- Campak Jerman (rubella)

- Gondongan (virus gondok)

- Flu (flu B)

- Penyakit tangan-kaki-dan-mulut (coxsackievirus)

- Virus HIV yang merusak sistem kekebalan tubuh

- Virus sarkoidosis yang menyebabkan peradangan organ

- Penyakit Lyme yang merupakan infeksi bakteri yang disebabkan oleh kutu yang terinfeksi

Banyak ahli percaya bahwa sesuatu dapat memicu infeksi virus yang tidak aktif, pada dasarnya membangunkannya dan memicu Bell's palsy. Jika anda stres atau baru saja sakit, hal itu juga dapat menjadi pemicu Bell’s palsy. Begitu juga dengan trauma fisik yang terjadi baru-baru ini atau bahkan kurang tidur.

4 dari 5 halaman

Gejala Bell's Palsy

 

Gejala Bell's palsy dapat bervariasi dalam berbagai tingkat keparahan, dari kelemahan ringan hingga kelumpuhan total. Semakin banyak peradangan dan kompresi yang dialami saraf wajah, semakin parah kelumpuhannya, dan semakin lama waktu yang dibutuhkan saraf untuk sembuh dan berfungsi kembali. Gejala Bell's palsy dapat berkembang 1 hingga 2 minggu setelah anda mengalaminya.

Gejalanya biasanya muncul tiba-tiba, dan anda mungkin menyadarinya saat bangun di pagi hari atau saat mencoba makan atau minum. Bell's palsy ditandai dengan penampilan yang murung di satu sisi wajah dan ketidakmampuan untuk membuka atau menutup mata di sisi yang terkena. Tanda dan gejala lain dari Bell's palsy meliputi:

- Kelemahan wajah

- Mulut murung

- Ketidakmampuan untuk membuat ekspresi wajah, seperti tersenyum atau cemberut

- Kesulitan mengucapkan kata-kata tertentu

- Mata dan mulut kering

- Makanan yang dikonsumsi berubah rasa

- Meneteskan air liur terlalu sering

- Kepekaan terhadap suara

- Kesulitan makan dan minum

- Kedutan otot di wajah

- Iritasi mata pada sisi yang terkena

- Sakit kepala

Hubungi dokter atau pelayanan kesehatan segera jika anda mengalami gejala-gejala ini. Anda tidak boleh mendiagnosis sendiri Bell's palsy karena gejalanya bisa mirip dengan kondisi serius lainnya, seperti stroke atau tumor otak.

5 dari 5 halaman

Cara Pengobatan Bell's Palsy

 

Dalam kebanyakan kasus, gejala Bell's palsy membaik tanpa pengobatan. Namun, perlu waktu beberapa minggu atau bulan agar otot-otot di wajah anda mendapatkan kembali kekuatannya yang normal. Terdapat beberapa perawatan yang dapat membantu pemulihan anda.

Dokter mungkin merekomendasikan obat-obatan seperti obat kortikosteroid untuk mengurangi peradangan, obat antivirus atau antibakteri untuk mengatasi virus atau bakteri yang menyebabkan Bell's palsy. obat pereda nyeri yang dapat membantu meredakan nyeri ringan.

Dan untuk mengurangi komplikasi yang mungkin terjadi dokter juga akan menyarankan menggunakan tetes mata untuk menjaga mata yang terkena bisa dilumasi dengan baik. Tetes mata akan mencegah hilangnya kelembaban di mata saat anda tidur, tetapi bisa membuat penglihatan anda kabur. Terapkan tepat sebelum anda tidur.

 

Demikian informasi tentang penyebab Bell's Palsy, gejala yang dirasakan, resiko komplikasi yang mungkin muncul dan juga cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi Bell's Palsy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.