Sukses

Apple Cheeks adalah Istilah untuk Menyebut Area Pipi, Ini Cara Menonjolkannya

Apple cheeks atau apple on the cheeks juga merupakan bagian pipi yang cenderung menonjol di wajah dan akan terlihat jelas ketika tersenyum atau tertawa.

Liputan6.com, Jakarta Istilah apple cheeks sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial baik Instagram maupun TikTok. Istilah ini banyak digunakan oleh selegram, khususnya beauty influencer. Kemudian masyarakat ikut menggunakan istilah tersebut di media sosial maupun kehidupan sehari-hari.

Apple cheeks adalah istilah yang dipakai guna menyebut area wajah di atas tulang pipi. Melansir dari Elle, makeup artist (MUA) Nick Barose mengungkapkan bahwa penempatan blush on sebenarnya bergantung pada warna yang akan digunakan. Dalam kasus apple cheeks, Anda harus lebih dulu menemukan di mana sebenarnya bagian tersebut.

Banyaknya masyarakat yang menggunakan istilah apple cheeks, membuat mereka terus mencari arti dari istilah tersebut. Istilah apple cheeks mungkin pernah tak asing terdengar oleh beberapa orang.

Namun, bagi Anda yang tidak mengetahui arti apple cheeks, berikut Liputan6.com ulas mengenai apa itu apple cheeks dan cara menonjolkannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Cheeks Adalah

Mengutip dari Oxford Learners Dictionaries, apple cheeks adalah pipi merah muda yang tampak bulat dan sehat. Tampilannya lebih mirip pipi bayi yang tengah tersenyum. Apple cheeks atau apple on the cheeks juga merupakan bagian pipi yang cenderung menonjol di wajah dan akan terlihat jelas ketika tersenyum atau tertawa.

Dikutip dari laman AI Beauty Clinic, apple cheeks adalah jaringan lunak dan lemak yang terletak kira-kira di daerah pipi antara kelopak mata bawah (2cm di bawah) dan ujung hidung, menonjol dan tampak lebih besar ketika kita tersenyum atau membuat ekspresi wajah. Dinamakan pipi apel karena penampilannya yang mirip apel dengan warna merah, segar, dan sehat.

Istilah apple cheeks sendiri berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti pipi apel. Seorang wanita saat berdandan biasanya memperhatikan bagian tulang pipi untuk ditonjolkan dengan penambahan blush on, supaya saat tersenyum terlihat segar merona dan tirus.

Adapun istilah apple cheeks erat hubungannya dengan senyuman seseorang. Orang yang mempunyai senyuman apple cheeks mempunyai pesona yang sangat menarik karena jarang sekali orang mempunyai senyum apple cheeks. Biasanya orang yang memiliki apple cheeks adalah wanita yang memiliki tulang pipi tajam atau mukanya tirus. Sedangkan bagi wanita yang terlihat tembem akan tidak terlihat apple cheeksnya, malah sering disebut dengan istilah chubby.

Perlu diketahui, bahwa menggunakan blush on yang berlebih dan tidak tepat pada tulang pipi, justru membuat pipi jadi tembem atau chubby. Cobalah menggunakan sistem seperti saat melakukan contour atau bronzer sehingga penggunaan blush on tetap terlihat merona tanpa membuat tampilan wajahmu jadi chubby.

3 dari 4 halaman

Cara Menonjolkan Apple Cheeks

Bagi Anda yang tidak memiliki apple cheeks tidak perlu khawatir karena bisa membuatnya dengan menggunakan make up. Cara menonjolkan apple cheeks dengan membubuhkan blush on ke tulang pipi.

Untuk menemukan di mana letak apple cheeks, cukup tersenyum lebar. Anda akan melihat otot dan kulit di atas tulang pipi berkumpul dan menonjol keluar dari tulang di bawahnya. Tonjolan bulat dan berdaging ini adalah adalah apple cheeks.

Dengan memanfaatkan apa yang disebut sebagai metode Backward C, garis kecil blush on diaplikasikan mulai dari garis bibir dan melengkung di sepanjang pipi dan ke tulang pipi. Blush on dipadukan dengan warna kulit alami untuk mendapatkan sedikit warna yang ditonjolkan saat tersenyum.

4 dari 4 halaman

Cara Memilih Warna Blush On yang Sesuai Warna Kulit

1. Kulit cerah

Bagi Anda yang memiliki kulit cerah, maka dapat menggunakan blush on dengan warna pink, light coral, atau peach adalah pilihan yang tepat. Sebab, warna-warna tersebut dapat menonjolkan tulang pipi dan membuat rona wajah anda terlihat lebih segar. Tapi, jika anda memiliki warm undertone, sebaiknya pilihlah warna oranye muda yang lembut sebagai warna blush on. Teknik mengaplikasikannya dengan secara merata di area pipi dan tipis-tipis saja agar terlihat lebih natural.

2. Kulit kuning langsat

Bagi Anda yang berkulit kuning langsat, umumnya pemilik warna yang cenderung memiliki undertone kuning yang hangat. Sebaiknya pilihlah warna-warna blush on, seperti coral ataupun peach. Warna tersebut akan menyatu dengan rona wajah alami dari kulit anda dan mampu memberikan efek glowing dan tidak terlihat kusam. Selain itu, jika anda ingin mengenakan riasan wajah dengan tema glam dan bold, sebaiknya coba memilih warna plum dengan sentuhan shimmer agar riasan wajah anda tampak sempurna.

3. Kulit sawo matang

Buat Anda yang memiliki warna kulit sawo matang yang tampak berwarna cokelat tapi tidak terlalu gelap akan cocok dengan blush on warna mauve, peach kecokelatan, atau rose. Anda juga bisa memadukannya dengan memberi bronze, supaya wajah anda memiliki dimensi sekaligus membuatnya tampak merona. Bagi anda yang memiliki kulit sawo matang sebaiknya hindari warna-warna blush on yang terlalu cerah, seperti pink. Sebab, warna ini tidak menyatu dengan skin tone anda dan tampak tidak natural.

4. Kulit gelap

Bagi Anda yang memiliki kulit gelap, dapat memilih warna blush on bernuansa merah, oranye, dan cokelat, seperti merah mata dapat memberikan kesan rona yang bagus di wajah, sekaligus bagus untuk contouring pada pipi. Warna-warna tersebut akan membuatnya terlihat sempurna dengan warna skin tone milik anda.

Selain itu, warna blush on bernuansa merah dengan sentuhan ungu bisa anda pilih, jika ingin mencoba terlihat eksotis. Untuk mempertahankan hasil yang tampak natural, sapukan secara tipis-tipis blush on dan sesuaikan dengan riasan wajah lain agar tidak terlihat berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.