Sukses

15 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan karat pada besi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Yang perlu dilakukan adalah mengikuti beberapa tips dan trik yang sudah teruji keberhasilannya. Karat terjadi ketika logam menghadapi kontak yang lama dengan air, dan bergabung dengan oksigen dalam proses yang disebut oksidasi.

Proses ini menimbulkan korosi pada logam, melarutkannya menjadi zat cokelat kemerahan berkapur yang dikenal sebagai karat. Cara menghilangkan karat pada besi yang terbaik adalah dengan mencegahnya dengan menjaga permukaan logam tetap kering.

Sayangnya hal ini tidak selalu memungkinkan. Umum nya untuk cara menghilangkan karat pada besi adalah dengan membeli produk penghilang karat yang mengandung bahan kimia beracun yang buruk bagi lingkungan dan berbahaya untuk disimpan di sekitar anak kecil dan hewan peliharaan.

Untuk menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara menghilangkan karat pada besi dengan menggunakan bahan alamiKamis (1/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah dan Aman

1. Cuka Putih

Cara menghilangkan karat pada besi yang pertama adalah dengan menggunakan cuka putih. Asam asetat dalam produk rumah tangga ini cukup asam untuk melarutkan karat. Anda dapat merendam benda-benda kecil seperti anting-anting dan menyekanya ke permukaan dengan kain bekas.

Atau bisa juga dengan menuangkannya langsung ke bagian yang berkarat atau baut dan sekrup yang sudah berkarat. Pastikan untuk membilas barang secara menyeluruh setelah karat hilang, karena cuka yang tertinggal pada logam dapat merusak permukaan.

 

2. Garam Dan Lemon

Cara menghilangkan karat pada besi yang berikutnya adalah dengan menggunakan lemon ditambah dengan banyak garam. Garam bertindak sebagai abrasif sementara asam sitrat dalam lemon menciptakan reaksi kimia yang membantu menghilangkan noda karat yang membandel.

Peras jus dari lemon ke dalam mangkuk, tambahkan banyak garam dan oleskan campuran tersebut pada area yang berkarat. Biarkan campuran bekerja selama beberapa jam, lalu gosok dengan spons dapur abrasif untuk mengembalikan kilau yang hilang.

 

3. Soda Kue

Soda kue sangat efektif untuk digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada besi. Cukup campurkan menjadi pasta kental dengan air atau hidrogen peroksida untuk karat yang keras. Oleskan larutan asam ini dengan lembut menggunakan kain pembersih pada permukaan logam berkarat dan biarkan bekerja selama sekitar 15-20 menit.

Selanjutnya, gosok area tersebut dengan wol kawat atau scrubber abrasif sampai partikel karat hilang. Anda mungkin perlu mengulangi prosesnya beberapa kali sampai karat benar-benar hilang, tergantung seberapa parah karatnya.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah dan Aman

4. Kentang

Kentang mengandung asam oksalat yang sebenarnya dapat melarutkan karat dan dapat digunakan untuk menghilangkan noda karat coklat yang kotor dari furnitur logam. Anda perlu memotong kentang menjadi dua dan menambahkan sedikit garam atau sabun cuci piring ke permukaan.

Kemudian gosok kentang pada permukaan yang berkarat untuk memulai reaksi kimia yang akan melemahkan karat. Setelah anda mengerjakan seluruh permukaan furniture, anda bisa membersihkannya dengan lap bekas.

 

5. Alumunium Foil

Cara menghilangkan karat pada besi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan alumunium foil. Alumunium foil dapat digunakan untuk membersihkan karat dari besi dan stainless/baja chrome. Alumunium bereaksi dengan karat dan menciptakan bahan yang dapat digosok dengan mudah.

Mulailah dengan membuat campuran garam dan air, lalu celupkan bola alumunium foil ke dalam larutan dan gosokkan pada permukaan yang berkarat. Ini membantu melonggarkan residu karat. Terakhir, gunakan kain bersih untuk menyeka sisa karat.

 

6. Bahan Pembersih Ringan

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan karat adalah dengan menangkapnya lebih awal dan menghapus tanda-tanda awal keausan sebelum menjadi parah. Yang anda butuhkan hanyalah bahan pembersih yang cocok untuk permukaan logam dan lap tua. Semprotkan secara langsung atau gunakan kain untuk mengoleskan bahan dengan lembut pada permukaan yang berkarat.

Selanjutnya bersihkan seluruh permukaan secara menyeluruh dengan kain. Noda karat akan mulai berubah menjadi merah kecoklatan dan perlahan-lahan akan hilang dengan menggosok terus menerus. Bersihkan area basah dengan kain bersih dan kering untuk menghilangkan kelembapan.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah dan Aman

7. Wol Baja

Cara menghilangkan karat pada besi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sikat kawat atau sepotong wol baja, gosok ringan area yang terkena untuk menghilangkan serpihan karat. Lakukan secara perlahan hingga karat menghilang dari permukaan besi.

Jika furniture besi anda dicat, anda harus ekstra hati-hati agar tidak menghilangkan cat secara tidak sengaja dalam prosesnya. Walaupun kadang kala jika masalah karat sangat beragam dan parah, anda mungkin perlu menghilangkan cat sepenuhnya dan melakukan cat ulang.

 

8. Coca Cola

Cola dan minuman ringan lainnya mengandung asam fosfat tingkat tinggi yang merupakan bahan umum dalam produk penghilang karat yang biasanya bisa dibeli di toko, sehingga cola dapat digunakan untuk mur dan baut berkarat atau bahkan terminal baterai yang terkorosi.

Sifat karbonasi cola membuatnya sempurna untuk melarutkan oksida logam. Cukup tuangkan cola pada permukaan yang berkarat, biarkan bekerja selama beberapa menit, lalu gosok hingga bersih dengan kain lembut atau spons.

 

9. Kertas Pasir (Amplas)

Jika anda berurusan dengan lapisan karat yang sangat tebal, sebaiknya mulai dengan menghilangkan sebagian dengan menggunakan minyak siku yang baik. Ambil kertas pasir kasar dan mulailah menggosok area yang berkarat.

Saat anda menghilangkan lebih banyak karat, alihkan ke kertas pasir grit yang lebih halus untuk menghindari kerusakan logam di bawahnya. Setelah anda mengamplas karat ke tingkat yang lebih mudah diatur, coba salah satu metode lain yang tercantum di sini untuk menghilangkan sisanya.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah dan Aman

10. Asam Sitrat

Untuk bercak karat yang lebih besar yang ditemukan pada barang-barang seperti peralatan memasak, asam sitrat adalah solusi yang tepat. Namun, itu akan menghilangkan cat dan karenanya harus digunakan pada benda yang dapat terendam.

Gunakan 2-3 sendok makan asam sitrat dalam semangkuk air panas. Tempatkan besi yang berkarat sepenuhnya ke dalam mangkuk dan biarkan semalaman. Hapus dan gosok karat yang tertinggal dengan sikat, sebelum dibilas dan dikeringkan.

 

11. Molase

Cara menghilangkan karat pada besi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Molase. Molase mengandung kandungan mineral yang tinggi, yang bertindak sebagai agen pengkelat, mengikat ion dan molekul dengan ion logam.

Proses ini memungkinkan karat dihilangkan secara alami. Campurkan sepuluh bagian air dan satu bagian molase blackstrap. Tempatkan barang berkarat ke dalam campuran dan biarkan meresap sampai karat larut. Hapus dari campuran, bilas, dan bersihkan.

 

12. Krim Tartar

Krim tartar menjadi bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Krim tartar tidak hanya untuk membuat meringue dan whipped cream. Bila dikombinasikan dengan jus lemon, cream of tartar juga bisa menghilangkan karat.

Campurkan satu sendok makan krim tartar dengan beberapa tetes jus lemon dan campur menjadi pasta. Gosok kan pasta ke area yang bernoda, lalu gosok perlahan dengan spons basah yang lembut. Setelah noda karat hilang, bersihkan pasta, bilas dan keringkan dengan lap atau kain lembut.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah dan Aman

13. Batu Apung

Batu apung dapat menghilangkan segala macam noda menjijikkan dan noda keras yang muncul pada permukaan keras, seperti toilet porselen, bak mandi, dan wastafel. Batu apung secara alami bersifat abrasif, jadi Anda tidak boleh menggunakannya pada permukaan yang lembut, seperti akrilik atau fiberglass.

Namun, mereka adalah cara terbaik untuk membersihkan berbagai jenis besi dari karat. Cukup basahi batu, gosok pada karat dan bilas. Noda yang membandel mungkin memerlukan sedikit minyak untuk mempermudah pembersihan, tetapi jika anda mengatasi noda segera setelah anda menemukannya, proses menghilangkannya sangat mudah dilakukan.

 

14. Pasta Gigi

Cara menghilangkan karat pada besi selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi tidak hanya dipakai untuk menghilangkan noda pada mulut. Namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi.

Yang perlu dilakukan hanya cukup mengoleskan pasta gigi secukupnya ke benda berkarat, dan biarkan beberapa menit. Tunggu sampai pasta gigi benar-benar melekat sepenuhnya pada besi. Kemudian, gosok dengan kain kasar untuk membantu melunturkan karat yang membandel.

 

15. Solar

Cara menghilangkan karat pada besi yang terakhir adalah dengan menggunakan solar. Solar juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada benda-benda berbahan besi, seperti tang, obeng, ataupun peralatan lainnya. Cara menghilangkan karat pada besi dengan solar tidaklah sulit.

Yang perlu anda lakukan hanyalah merendam benda yang berkarat ke dalam wadah yang sudah diisi dengan solar. Diamkan semalaman agar terjadi reaksi terlebih dahulu. Jika dirasa sudah cukup, angkat benda tersebut dari rendaman solar dan bilas bersih.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS