Sukses

25 Wisata Kota Solo dan Sekitarnya yang Populer, Wajib Dikunjungi Bareng Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata kota Solo menyimpan berbagai destinasi seru yang cocok dinikmati bersama keluarga. Kota Solo terkenal dengan tempat-tempat bersejarah beserta beberapa peninggalannya.

Walaupun tidak memiliki wilayah yang luas, kota Solo merupakan daerah strategis yang mudah diakses. Pasalnya, terdapat banyak pilihan akomodasi yang bisa digunakan apabila Anda ingin berkunjung ke kota Solo. Selain itu, beberapa wisata yang berada tak jauh dari kota Solo juga tak kalah menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Tempat wisata kota Solo yang paling ikonik adalah wilayah Keraton Kasunanan dan Mangkunegaran. Selain itu, masih ada tempat wisata kota Solo yang populer, mulai dari wisata alam, budaya, dan sejarah.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata kota Solo dan sekitarnya yang populer dan ikonik seperti telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (18/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Kota Solo yang Populer dan Ikonik

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Tempat wisata kota Solo yang paling populer ialah Keraton Surakarta Hadiningrat yang merupakan tempat bersejarah yang menyimpan berbagai budaya kerajaan yang masih berjalan hingga sekarang. Ada beberapa peraturan yang harus Anda taati ketika berkunjung kesini, dan semua itu harus ditaati karena lingkungan keraton sangat dijaga. Anda dapat berkunjung di hari Senin hingga Kamis pada pukul 09.00 hingga 14.00.

2. Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta yang dikenal dengan nama Keraton Solo ini memiliki sejarah panjang tentang peradaban islam pertama di kota Solo. Masjid yang berada di sekitar alun-alun utara ini terus mengalami renovasi bertahap agar bisa digunakan layaknya masjid pada umumnya.

Masjid Agung Surakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas dengan fungsi yang berbeda-beda. Di sini juga terdapat poliklinik, perpustakaan dan serambi yang dihadirkan oleh pemilik atau pengurus masjid.

3. Kampung Wisata Batik Kauman

Tempat wisata kota Solo berikutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Kampung Wisata Batik Kauman. Terletak di pusat Kota Solo, kampung ini merupakan tempat untuk Anda dapat belajar batik.

Tentunya semua batik di Kampung Batik Kauman ini dibuat dengan tangan sendiri alias homemade. Tak heran jika harga satu baju batik di sini sangat fantastis. Pelanggan dari tempat sini pun kebanyakan berasal dari luar negeri yang sudah jatuh hati melihat keindahan batik buatan Kampung Wisata Batik Kauman ini.

4. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata kota Solo selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Grojogan Sewu Tawangmangu yang terkenal sebagai wisata alam. Anda akan disuguhkan oleh pemandangan air terjun yang menyegarkan ketika berkunjung ke sini air terjun yang terletak di Karanganyar, Jawa Tengah. Dikelilingi oleh tebing yang hijau, tempat ini sangat cocok Anda kunjungi untuk menenangkan kejenuhan Anda.

Tiket masuknya sendiri hanya dibandrol sebesar Rp. 21.000 per orang. Untuk berkunjung ke wisata ini jarak yang ditempuh hanya sejauh 37 km dari kota, dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat.

 5. Air Terjun Jumog

Tempat wisata kota Solo yang berbau alam selanjutnya ialah air terjun jumog. Air terjun ini dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi dan dijamin Anda akan takjub dengan pemandangannya. Terletak di lereng gunung lawu, tentunya air terjun ini sangat dingin dan sejuk sekali. Air terjun ini dilengkapi dengan fasilitas jungkat-jungkit, gazebo, ayunan, kolam buatan, warung jajan, dan sebagainya. Untuk tiket masuknya sendiri hanya Rp. 15.000 per orang.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Kota Solo yang Populer dan Ikonik

 6. Parang Ijo

Tempat wisata kota Solo dan sekitarnya yang memiliki pemandangan alam berikutnya adalah Parang Ijo, Karanganyar. Air terjun yang berada di balik pepohonan yang menjulang tinggi dan diantara kokohnya gunung ini memiliki pesona alam yang menakjubkan.

Di sini Anda akan langsung dimanjakan dengan berbagai keelokan pemandangan sejak melewati pintu masuk. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti mushola, gardu pandang, dan warung yang menemani Anda menuju air terjun parang ijo.

7. The Heritage Palace Solo

Tempat wisata kota Solo yang berikutnya adalah The Heritage Palace. Tempat yang memiliki nuansa Eropa ini merupakan tempat wisata yang tergolong baru di Solo, tepatnya dibuka pada pertengahan 2018 lalu. Tempat ini awalnya merupakan pabrik gula peninggalan Belkamu dari tahun 1892 yang direvitalisasi menjadi tempat wisata keluarga.

Buat Anda yang memiliki hobi selfie, tempat wisata ini bisa menjadi pilihannya. Pasalnya hampir setiap sudut tempat yang kental dengan nuansa Eropa klasik ini sangat instagramable dan berkesan seolah-olah bukan di Indonesia. Di sini Anda juga dapat menyewa kostum, semakin lengkap bukan. Untuk harga tiket masuknya dibandrol sebesar Rp. 55.000 per orang.

8. Candi Ceto

Ketika datang ke Candi Ceto yang terletak di Karanganyar ini, Anda akan mengira bahwa ini mirip dengan Pura Lempuyangan yang berada di Pulau Dewata. Candi ini berarsitektur Hindu dan Nusantara. Berada di ketinggian 1496 mdpl, menjadikan candi ini sebagai salah satu candi tertinggi di Inonesia.

Banyak wisatawan yang berfoto di gapura ini dengan berlatar belakang langit biru dan awan putih, seakan seperti di gerbang menuju langit ke tujuh. Tempat wisata kota Solo ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati alam, budaya, hingga berfoto-foto. Untuk tiket masuknya sendiri sebesar Rp. 15.000 per orang.

9. De Tjolomadoe

Sejak pertama kali dibuka setelah dilakukan pemugaran, bangunan bekas pabrik gula warisan Hinda Belanda (158 tahun silam) ini langsung hits di Instagram. Setiap sudut dari De Tjolomadoe ini memang sangat Instagramable. Selain dapat berekreasi, Anda juga bisa melihat dan belajar tentang sejarah perkebunan gula di sini. Tempat wisata kota Solo ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu, dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 25.000 per orang.

10.  Tumurun Private Museum

Museum yang satu ini menjadi incaran para pecinta seni yang berkunjung ke Solo. Museum milik pribadi ini didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto sebagai wujud penghormatan kepada mendiang sang ayah yang adalah kolektor karya seni.

Museum ini terdapat koleksi karya seni kontemporer dan modern, dengan daya tarik masing-masing. Tempat wisata kota Solo ini cocok untuk Anda yang ingin berswafoto dan menikmati karya seni dari sisi yang lain.

Untuk mengunjungi museum ini tidak dikenai biaya masuk, namun Anda harus reservasi terlebih dahulu lewat website resmi. Untuk jumlah pengunjung atau reservasi dalam satu hari dibatasi. Untuk itu, jika tertarik ke museum ini sebaiknya reservasi dari jauh-jauh hari.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Kota Solo yang Populer dan Ikonik

11. Waduk Cengklik Park

Memasuki pintu gerbang, pengunjung tempat wisata kota Solo ini akan langsung disambut dengan gazebo yang memiliki tampilan mirip bangunan rumah adat Nusantara. Ada kampung sakura, taman sakura dan bangunan semacam pagoda. Keberadaannya membuat pengunjung seakan berada di negeri sakura.

Tempat wisata kota solo ini menawarkan sejumlah wahana dan tempat-tempat menarik untuk berfoto. Di dekat kampung sakura, ada ruang terbuka dengan latar bangunan keajaiban dunia. Ada candi Borobudur, patung Liberty, menara Eiffel, rumah iglo, Menara Pisa dan sebagainya. Tempat wisata kota solo ini pun ada kolam renang, ada pusat kuliner serta sejumlah wahana permainan.

12. Mojosemi Forest Park

Lokasi Mojosemi Forest Park ada di Magetan, masih dekat dengan kota Solo. Kawasan wisata alam yang penuh dengan hutan pinus ini berada di Jalan Raya Tembus Magetan Jawa Timur-Karanganyar Jawa Tengah, masuk Desa Mojosemi, kecamatan Plaosan.

Tempat wisata di sekitar Solo ini berada di ketinggian 1.389 MDPL di gunung Lawu. Pengunjung bisa bermain dan berfoto di area satwa dinosaurus raksasa di antara pohon hutan Pinus yang rindang. Dinosaurus ini bisa bergerak saat didekati oleh pengunjung. Tak cuma itu, pengunjung bisa bermain game untuk berburu dinosaurus sekaligus burung-burung raksasa di sana.

13. Kebun Binatang Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug merupakan tempat wisata solo yang wajib dikunjungi. Lokasi wisata yang didirikan pada tahun 1870 ini ada di Jalan Ir. Sutami No. 40, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa fasilitas yang ditawarkan seperti kereta mini, taman bermain, hingga pertunjukan seni yang biasanya disajikan bagi pengunjung.

14. Pandawa Water World

Tempat wisata kota Solo ini sudah menjadi langganan warga Solo. Sebab, Pandawa Water World Solo Baru ini menyajikan konsep cerita pewayangan dengan gaya permainan yang menarik. Beberapa tokoh pewayangan yang dipamerkan yakni tokoh Pandawa yang meliputi Arjuna, Puntadewa, Werkudara, Nakula, Sadewa, Drupadi, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, tempat wisata kota Solo ini juga tambah mengasyikkan dengan adanya wahana wave pool, sight tower, slides, warm spa, aerated spa, dan masih banyak lagi.

15. Sondokoro

Berlokasi tidak jauh dari kota Solo, membuat destinasi wisata ini kian banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin memanjakan mata. Menurut sejarahnya, tempat wisata kota Solo ini pada awalnya merupakan sebuah pabrik gula, yang kemudian dialihfungsikan sebagai objek wisata. Berbagai fasilitas yang dapat dicoba antara lain yaitu kolam renang dengan berbagai ukuran, terapi ikan, pijat refleksi hingga flying fox.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Kota Solo yang Populer dan Ikonik

16. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur berada di kabupaten Wonogiri atau sekitar 44 km dari pusat Kota Solo. Tempat wisata kota Solo ini mulai dibangun pada akhir tahun 1976-1981. Fungsi utama waduk ini adalah sebagai pengendali banjir dari Sungai Bengawan Solo.

Untuk masuk ke area wisata ini anda cukup menyiapkan uang Rp 10 ribu untuk hari Senin-Sabtu dan Rp 12 ribu khusus di hari Minggu. Tempat wisata kota Solo ini pun dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi menarik. Tersedia speedboad untuk mengelilingi waduk seluas 8.800 Hektar ini. Terdapat pula beragam objek rekreasi seperti kebun binatang mini, naik gajah, hingga menikmati olahan ikan air tawar hasil tangkapan nelayan.

17. Balekambang

Di tengah Kota Solo anda bisa menemukan wisata alam yang sejuk dan hijau berupa taman kota. Taman seluas 9,8 Ha ini sudah berdiri sejak 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII. Tempat wisata kota Solo ini dibangun sebagai tanda cinta Mangkunegara pada kedua anaknya Partini dan Partinah.

Taman Balekambang Solo menjadi paru-paru kota yang dimiliki Solo. Taman ini dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Di sini pengunjung bisa bersantai di bawah rimbunan pohon, rumput hijau, dan udara yang masih segar.

Kolam di Taman Air Partini juga memiliki fasilitas perahu yang bisa dimanfaatkan untuk mengelilingi kolam. Terdapat pula sekawanan rusa yang dilepas bebas di area ini. Untuk masuk ke dalam taman, anda cukup membayar parkir kendaraan saja.

18. Telaga Madirda

Telaga Madirda merupakan tempat wisata yang lokasinya di Karanganyar. Benar saja, di sini Anda akan disuguhkan dengan keindahan alamnya yang hanya dapat ditemui di kabupaten ini. Wisata Karanganyar yang satu ini letaknya berada di Ngargoyoso, Karanganyar. Akses untuk menuju ke lokasi ini hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak kecil.

19. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan atau yang dikenal dengan Bumi Perkemahan Sekipan merupakan area perkemahan yang terletak di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Objek wisata ini bisa ditempuh dengan jarak 42 km dari pusat Solo atau sekitar 1 jam perjalanan. Untuk dapat masuk ke tempat wisata kota Solo ini, cukup membayar Rp 7.500 per orang. Jika ingin berkemah, dikenakan tarif Rp 10.000 per malamnya.

Area ini berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut. Selain sebagai tempat berkemah, Sekipan juga menjadi ajang penelitian jenis tanaman hutan dan edukasi alam. Bagi anda yang tak ingin berkemah, anda bisa menikmati kesejukan pohon pinus yang menjulang tinggi dan suasana pegunungan yang menenangkan. Terdapat pula miniatur rumah rumbia yang instagramable.

20. Museum Sangiran

Tempat wisata kota Solo dan sekitarnya selanjutnya adalah Museum Manusia Purba Sangiran. Tempat wisata ini persis berada di kota Solo. Objek wisata sejarah-edukasi arkeologi ini masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Museum seluas 56 hektar ini tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, melainkan juga dijadikan sebagai pusat penelitian oleh arkeolog dari dalam dan luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia pada zaman prasejarah. Memang, museum ini banyak koleksinya mulai dari fosil manusia purba hingga fosil binatang purba yang cukup beragam.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Kota Solo yang Populer dan Ikonik

21. Tugu Lilin

Jika anda hanya ingin menghabiskan waktu untuk bersantai di sudut kota Solo, Tugu Lilin menjadi pilihan yang tepat. Suasana sekitar yang sejuk dan menyegarkan mata akan membuat siapa saja yang mengunjunginya akan senang.

Selain menikmati area sekitar taman dengan nuansa sejuk, di sini anda juga bisa mempelajari sejarah sembari mengingat jasa-jasa perjuangan zaman dahulu. Selain untuk bersantai, Tugu Lilin juga cocok dijadikan wadah untuk berswafoto. Sembari bersantai, anda bisa menikmati aneka makanan atau jajanan yang dijual.

22. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning berada di Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata alam di Solo ini bisa ditempuh 1 jam perjalanan atau sekitar 41 km dari pusat kota Solo. Kebun Teh Kemuning menawarkan hamparan perkebunan teh di pegunungan yang hijau dan asri. Di sini anda akan merasakan hawa pegunungan Lawu yang sejuk dan segar.

Perkebunan teh yang sudah ada sejak masa kolonial ini kini menjadi destinasi wisata favorit di Solo. Di sepanjang jalan Kemuning terdapat hamparan kebun teh yang bisa disinggahi wisatawan. Beberapa warga sekitar mengelola perekebunan teh ini sebagai tempat wisata dengan menambahkan bangku dan spot-spot menarik untuk disingggahi. Anda bisa masuk ke spot wisata ini dengan membayar retribusi mulai dari Rp 15 ribu. Beberapa spot kebun teh bahkan masih gratis untuk ditelusuri.

23. Museum Batik Danar Hadi Solo

Danar Hadi adalah salah satu produsen batik terkenal di Solo. Museum ini menjadi salah satu tempat wisata kota Solo yang ikonik. Di museum ini, pengunjung dapat menjumpai koleksi corak, motif, dan jenis kain batik dari seluruh nusantara. Koleksinya bahkan mencapai 10.000 helai kain batik.

Oleh sebab itu, museum ini diakui oleh MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai museum yang mempunyai koleksi kain batik terbanyak. Ada pula Museum Radya Pustaka di dekat Taman Sriwedari, salah satu museum tertua di Indonesia. Di museum ini, pengunjung dapat mengetahui riwayat Solo di masa lampau bahkan melihat porselen yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwana IV.

24. Agrowisata Lembah Hijau Jaten

Agrowisata Lembah Hijau Jaten merupakan tempat wisata kota Solo yang cocok sebagai destinasi wisata edukasi bersama anak-anak. Alasannya, wisata alam ini menyediakan berbagai macam kegiatan alam yang bisa dicoba seperti menanam berbagai macam tanaman hingga pohon, memberikan pupuk, hingga membuat pupuk organik secara langsung.

Bukan hanya bercocok tanam, wisata alam ini juga memberi kesempatan bagi anda yang ingin belajar ternak melalui kegiatan memerah susu sapi. Selain terdapat berbagai fasilitas kegiatan alam, Agrowisata Lembah Hijau Jaten juga menyediakan kafetaria dengan berbagai macam kuliner yang bisa kamu cicipi di tempat.

Menyantap kuliner di tempat ini menjadi lebih nikmat dengan suguhan pemandangan rumput hijau yang menyegarkan mata. Wisata alam ini bisa menjadi rekomendasi menarik bagi anda yang penat dengan aktivitas sehari dan ingin bersantai sejenak bersama dengan keluarga.

25. Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran menjadi tempat wisata kota Solo yang populer dan ikonik. Pusat kegiatan Istana Mangkunegaran terdapat di pendopo, yaitu paviliun yang dibangun dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa dan Eropa. Bentuknya tinggi dengan langit-langit bundar, dengan lukisan yang rumit dikelilingi gambar zodiak Jawa. Lukisan yang dicat pada tahun 1937 ini dibuat dengan warna-warna yang mistis dan terasa suram.

Di dalamnya masuk ke wilayah "dalem" yang diperuntukkan sebagai museum istana. Terdapat banyak barang-barang koleksi pribadi dari Mangkunegara VII. Dipamerkan juga gaun berlapis emas untuk tarian kerajaan, koleksi topeng, perhiasan, termasuk cincin berbentuk Budha.

Dibutuhkan pemandu jika Anda ingin mengunjungi museum ini. Kebanyakan pemandu wisata memberikan informasi sejarah dan lancar berbahasa Inggris. Di dalam paviliun, terdapat latihan musik gamelan, tari dan nyanyi tiap hari Rabu jam 10 pagi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS