Sukses

12 Manfaat Tepung Maizena yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Sebagai Pengental Makanan

Tepung maizena merupakan hasil dari pati yang terkandung dalam jagung.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tepung maizena ternyata tak hanya sebagai pengental saus ataupun kuah makanan saja. Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari jagung. Tepung maizena merupakan hasil dari pati yang terkandung dalam jagung.

Selain itu, tepung maizena juga bisa Anda campurkan ke dalam adonan kue basah untuk menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan kenyal. Tepung maizena memiliki tekstur tepung maizena lebih halus dan warnanya lebih putih karena hanya tersusun dari pati jagung.

Manfaat tepung maizena lebih dari itu, tepung ini dapat berkhasiat untuk kesehatan dan juga dapat menjadi produk pembersih bebas kimia di dalam rumah. Namun, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari tepung maizena.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat tepung maizena yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Maizena untuk Kesehatan

1. Mencegah anemia

Tepung maizena memiliki kandungan vitamin B dan asam folat yang berguna untuk mencegah anemia. Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

2. Bebas gluten

Bagi penderita celiac atau sensitif terhadap gluten, manfaat tepung maizena bisa menjadi opsi alternatif. Gluten merupakan jenis protein yang banyak ditemukan pada biji-bijian, seperti gandum hitam, atau dalam tepung terigu.

Penderita penyakit ini dapat merasakan gejala ringan hingga berat saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gejala paling umum yang sering dirasakan penderita penyakit celiac adalah diare, kembung, mual, sakit perut, dan sembelit.

Jika terus-menerus mengonsumsi makanan bergluten dalam jangka waktu lama, penderita penyakit celiac berisiko mengalami komplikasi serius, mulai malnutrisi hingga kanker usus halus. Anda bisa memilih tepung maizena sebagai pengganti karbohidrat tinggi gluten lainnya.

3. Membantu penanganan hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah batas normal. Mengonsumsi tepung maizena mentah dapat memasok tubuh dengan aliran glukosa yang lambat dan stabil sehingga bisa mencegah hipglikemia. Tepung dari pati jagung ini juga dapat digunakan untuk mengatasi gula darah rendah pada penderita diabetes dan penyakit penyimpanan glikogen.

3 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Maizena untuk Kesehatan

4. Memperkuat tulang

Jagung merupakan bahan dasar dalam pembuatan tepung maizena. Tepung maizena memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu tulang kita tetap kuat. Tepung maizena mampu memenuhi kebutuhan zat besi harian anda.

5. Sumber energi instan

Manfaat tepung maizena yang lainny adalah bisa memberikan energi instan saat dikonsumsi. Tepung ini memiliki kandungan karbohidrat yang bisa diolah cepat oleh tubuh untuk dijadikan glukosa. Di setiap satu sendok makan tepung maizena terdapat 8 gram karbohidrat. Tepung maizena cocok bagi mereka yang membutuhkan energi dalam jumlah besar. Selain itu, mengonsumsi tepung maizena dapat mengatur fungsi organ tubuh lain, seperti menjaga pernapasan, detak jantung, serta kerja otak tetap optimal.

6. Mengatasi lecet

Manfaat tepung maizena yang selanjutnya adalah dapat mengatasi kaki lecet karena menggunakan sepatu baru. Cara menggunakanya sangat mudah, cukup taburi 2 sendok makan tepung maizena di sekitar sepatu bagian tumit, lalu pakailah sepatu seperti biasa.

4 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Maizena Sebagai Produk Pembersih

7. Menghilangkan noda dan bau karpet

Manfaat tepung maizena yang berikutnya adalah menghilangkan bau pada karpet. Caranya, taburkan tepung maizena pada karpet, lalu biarkan selama 10-20 menit sebelum menyedot debu. Ini berfungsi sebagai perawatan menyeluruh atau digunakan untuk mengobati bintik-bintik tertentu pada karpet serta menghilangkan noda berminyak. Tepung maizena juga bisa menyerap bau dan menyegarkan karpet, caranya dengan menaburkan sedikit tepung sari pati jagung ini di atas karpet Anda dan biarkan hingga 15 menit sebelum menyedot debu secara menyeluruh. 

8. Membersihkan sarung tangan karet

Untuk mencegah kelembapan di sarung tangan karet dan membuatnya lebih mudah dilepas, taburkan sedikit tepung maizena ke dalam setiap sarung tangan. Cara ini dapat menghilangkan bau yang tertinggal dan membuatnya lebih nyaman untuk digunakan. 

9. Membersihkan panci, wajan, dan kompor

Campurkan satu bagian air dan dua bagian tepung maizena untuk membuat pembersih penggosok non-abrasif. Ini dapat digunakan untuk menggosok kamar mandi dan permukaan lain seperti kompor di dapur. Selain itu, pembersih dari tepung maizena ini juga cocok untuk membersihkan panci dan wajan seperti menghilangkan noda atau gosong akibat makanan. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Maizena Sebagai Produk Pembersih

10. Noda minyak pada pakaian 

Manfaat tepung maizena yang selanjutnya adalah bisa mengatasi noda minyak pada pakaian. Caranya, oleskan satu sendok tepung maizena ke area pakaian yang terkena noda minyak dan biarkan selama 12 jam. Dengan begitu, tepung maizena akan membantu menyerap minyak langsung dari pakaian, lalu lanjutkan mencuci pakaian secara normal.

11. Menghilangkan bau dan kelembapan pada sepatu

Manfaat tepung maizena selanjutnya adalah dapat menghilangkan bau pada sepatu secara signifikan. Caranya, taburkan sedikit tepung maizena ke dalam sepatu dan biarkan hingga keesokan paginya. Buang tepung maizena tersebut pada keesokan paginya sebelum memakai sepatu. Maka, tepung maizena akan menyerap basah dan bau pada sepatu. Anda juga dapat menggunakan selang penyedot debu untuk menyedot debu sepatu sebelum dipakai kembali. 

12. Membersihkan sisa minyak tumpah

Apabila minyak goreng anda tumpah di atas meja, jangan langsung membersihkannya dengan kain lap. Sebaiknya taburi terlebih dahulu tumpahan minyak dengan menggunakan tepung maizena untuk menghilangkan residu. Kemudian, bersihkan menggunakan kain lap kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.