Sukses

Tinjauan Pustaka adalah Bagian Penelitian Ilmiah, Ketahui Cara Menulisnya

Tinjauan pustaka adalah bagian wajib saat menyusun sebuah karya ilmiah.

Liputan6.com, Jakarta Tinjauan pustaka adalah salah satu bab dari skripsi, tesis, disertasi, atau tulisan ilmiah lainnya. Menulis tinjauan pustaka adalah bagian wajib saat menyusun sebuah karya ilmiah. Salah satu tujuan tinjauan pustaka adalah mensurvei literatur tentang sebuah topik.

Dalam susunannya, tinjauan pustaka adalah uraian yang ada pada bab 2. Tinjauan pustaka adalah bagian yang berbeda dengan daftar pustaka. Tinjauan pustaka adalah panduan praktis untuk memahami topik yang dibahas.

Tinjauan pustaka menunjukkan kepada pembaca bahwa penulis memiliki pemahaman mendalam tentang subjek yang dibahas. Menulis tinjauan psutaka adalah keterampilan yang sangat penting saat kuliah. Berikut pengertian tentang tinjauan pustaka dan cara menyusunnya, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(21/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Pengertian tinjauan pustaka

Tinjauan pustaka adalah pengkajian sumber ilmiah tentang topik tertentu. Tinjauan pustaka atau literature review memberikan gambaran tentang pengetahuan yang ada saat ini. Tinjauan pustaka memungkinkan penulis mengidentifikasi teori, metode, dan kesenjangan yang relevan dalam penelitian yang ada.

Tinjauan pustaka adalah pencarian dan evaluasi literatur yang tersedia dalam subjek tertentu atau area topik yang dipilih. Menulis tinjauan pustaka melibatkan pencarian publikasi yang relevan seperti buku dan artikel jurnal.

Tinjauan pustaka dapat berupa ringkasan sederhana dari sumber, tetapi biasanya memiliki pola organisasi dan menggabungkan ringkasan dan sintesis. Tinjauan pustaka yang baik tidak hanya meringkas sumber, melainkan menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi secara kritis untuk memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan pengetahuan tentang subjek tersebut.

3 dari 9 halaman

Tujuan tinjauan pustaka

Dalam makalah penelitian, literatur digunakan sebagai landasan dan sebagai dukungan untuk wawasan baru yang disumbangkan. Fokus tinjauan pustaka, adalah untuk meringkas dan mensintesis argumen dan ide orang lain tanpa menambahkan kontribusi baru. Tinjauan pustaka dapat memberi gambaran atau bertindak sebagai batu loncatan.

Tujuan tinjauan pustaka adalah untuk mengevaluasi keadaan penelitian saat ini dan menunjukkan pengetahuan tentang perdebatan ilmiah seputar suatu topik. Sebuah tinjauan pustaka memiliki empat tujuan utama:

- Tinjauan pustaka mensurvei literatur di bidang studi pilihan

- Tinjauan pustaka mensintesis informasi dalam literatur itu menjadi ringkasan

- Tinjauan pustaka secara kritis menganalisis informasi yang dikumpulkan dengan mengidentifikasi kesenjangan dalam pengetahuan saat ini; dengan menunjukkan keterbatasan teori dan sudut pandang; dan dengan merumuskan area untuk penelitian lebih lanjut dan meninjau area kontroversi

- Tinjauan pustaka menyajikan literatur dengan cara yang terorganisir

4 dari 9 halaman

Fungsi tinjauan pustaka

Fungsi tinjauan pustaka adalah memberi kesempatan penulis untuk menunjukkan keakrabannya dengan dengan topik dan konteks ilmiah. Tinjauan pustaka juga membantu mengembangkan kerangka kerja teoretis dan metodologi untuk penelitian.

Dengan tinjauan pustaka, penulis bisa memposisikan diri dalam kaitannya dengan peneliti dan ahli teori lain. Tinjauan pustaka menunjukkan bagaimana penelitian mengatasi kesenjangan atau berkontribusi pada debat.

5 dari 9 halaman

Cara menyusun tinjauan pustaka: Cari literatur yang relevan

Melansir Sribbr, cara menyusun tinjauan pustaka adalah:

Sebelum mulai mencari literatur, kamu memerlukan topik yang jelas. Jika kamu menulis bagian tinjauan pustaka untuk disertasi atau makalah penelitian, kamu perlu mencari literatur yang terkait dengan masalah dan pertanyaan penelitian.

Jika menulis tinjauan pustaka sebagai tugas yang berdiri sendiri, kamu harus memilih fokus dan mengembangkan pertanyaan sentral untuk mengarahkan pencarian. Tidak seperti pertanyaan penelitian disertasi atau skripsi, pertanyaan ini harus dapat dijawab tanpa mengumpulkan data asli. Kamu harus bisa menjawabnya hanya berdasarkan review dari publikasi yang ada.

Mulailah dengan membuat daftar kata kunci yang terkait dengan pertanyaan penelitian. Sertakan setiap konsep atau variabel kunci yang diminati, dan buat daftar sinonim dan istilah terkait. Kamu dapat menambahkan ke daftar ini jika menemukan kata kunci baru dalam proses pencarian literatur.

Gunakan kata kunci untuk mulai mencari sumber. Beberapa database yang berguna untuk mencari jurnal dan artikel antara lain seperti Google Scholar, Katalog perpustakaan universitas, JSTOR, dan lain sebagainya.

6 dari 9 halaman

Cara menyusun tinjauan pustaka: Evaluasi dan pilih sumber

Yang terpenting dalam mencari sumber dalam tinjauan pustaka adalah pastikan sumber yang digunakan kredibel. Pastikan juga kamu membaca studi penting dan teori utama di bidang penelitian. Kamu dapat mengetahui berapa kali sebuah artikel telah dikutip di Google Scholar. Jumlah kutipan yang tinggi berarti artikel tersebut telah berpengaruh di bidangnya, dan tentu saja perlu dimasukkan dalam tinjauan pustaka.

Saat membaca, kamu juga harus memulai proses menulis. Buat catatan yang nantinya dapat dimasukkan ke dalam teks tinjauan pustaka. Penting untuk melacak sumber dengan kutipan untuk menghindari plagiarisme.

7 dari 9 halaman

Cara menyusun tinjauan pustaka: Identifikasi tema, debat, dan kesenjangan

Cara memulai mengatur argumen dan struktur tinjauan pustaka adalah kamu perlu memahami hubungan dan hubungan antara sumber-sumber yang telah dibaca. Coba cari tren dan pola apakah pendekatan tertentu menjadi lebih atau kurang populer dari waktu ke waktu.

Analisis juga tema, perdebatan, konflik, kontradiksi, publikasi penting, dan kesenjangan. Langkah ini akan membantu menyusun struktur tinjauan pustaka da menunjukkan bagaimana penelitian akan berkontribusi pada pengetahuan yang ada.

8 dari 9 halaman

Cara menyusun tinjauan pustaka: Buat garis besar struktur

Selanjutnya, cara membuat tinjauan pustaka adalah membuat garis besar struktur tinjauan pustaka. Ada beberapa jenis struktur penulisan tinjauan pustaka yang bisa dipilih seperti kronologis, tematik, metodologi, dan teoritis. Penggunaan struktur ini juga bisa digabungkan.

Kronologis

Pendekatan paling sederhana dari tinjauan pustaka adalah menelusuri perkembangan topik dari waktu ke waktu. Cobalah untuk menganalisis pola, titik balik, dan perdebatan kunci yang telah membentuk arah lapangan. Berikan interpretasi tentang bagaimana dan mengapa perkembangan tertentu terjadi.

Tematik

Jika kamu telah menemukan beberapa tema sentral yang berulang, kamu dapat mengatur tinjauan pustaka ke dalam subbagian yang membahas aspek-aspek berbeda dari topik tersebut.

Metodologis

Jika mengambil sumber dari berbagai disiplin ilmu atau bidang yang menggunakan berbagai metode penelitian, kamu mungkin perlu membandingkan hasil dan kesimpulan yang muncul dari pendekatan yang berbeda.

Teoretis

Tinjauan pustaka sering menjadi dasar untuk kerangka teoritis. Kamu dapat menggunakannya untuk mendiskusikan berbagai teori, model, dan definisi konsep-konsep kunci.

9 dari 9 halaman

Cara menyusun tinjauan pustaka: menulis tinjauan pustaka

Seperti teks akademis lainnya, isi tinjauan pustaka adalah harus memiliki pendahuluan, isi utama, dan kesimpulan. Apa yang disertakan di masing-masing tergantung pada tujuan tinjauan literatur.

Pendahuluan harus secara jelas menetapkan fokus dan tujuan dari tinjauan pustaka. Isi utama berisi sintesis ringkas tentang poin-poin utama dari setiap sumber. Isi juga berisi analisis, interpretasi dan evaluasi. Sementara kesimpulan, berisi ringkasan temuan kunci yang telah diambil dari literatur dan menekankan signifikansinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini