Sukses

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Benar, Perhatikan Susunannya

Contoh kata pengantar makalah bisa menjadi referensi menyusun makalah.

Liputan6.com, Jakarta Contoh kata pengantar makalah bisa menjadi referensi menyusun makalah ilmiah. Makalah termasuk tulisan akademis untuk menyampaikan ide, membuat argumen, dan terlibat dalam percakapan ilmiah. Salah satu bagian yang tak boleh absen dari makalah adalah kata pengantar.

Kata pengantar pada makalah berisi pengantar terkait gambaran makalah yang dibuat. Terkadang mungkin kamu butuh contoh kata pengantar makalah untuk dijadikan patokan. Contoh kata pengantar makalah ini bisa membantumu menyusun kata pengantar dengan benar.

Contoh kata pengantar makalah akan memberimu gambaran terkait pengantar yang ingin kamu tuliskan. Contoh kata pengantar makalah yang baik biasanya singkat, padat, dan mudah dipahami pembaca. Contoh kata pengantar makalah yang baik akan membuat karyamu semakin terstruktur.

Berikut contoh kata pengantar makalah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (15/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Struktur makalah

Sebelum mengetahui contoh kata pengantar makalah, ada baiknya mengetahui struktur makalah secara keseluruhan. Dalam bentuk yang paling sederhana, struktur makalah mencakup pendahuluan, paragraf tubuh, dan kesimpulan. Berikut susunan makalah yang sederhana;

1. Judul/sampul

Sampul sebuah makalah harus memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Nama penulis ditulis dengan mencantumkan nama asli dan nama lengkap.

2. Abstrak

Abstrak ditulis dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak dapat berisi ringkasan atau bahasan inti dari makalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesa, dan sedikit rangkuman dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

3. Daftar Isi

Daftar isi harus memuat informasi menganai halaman dari isi makalah. Bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman.

4. Kata Pengantar

Kata pengantar mencakup isi keseluruhan makalah yang membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi tidak spesifik dan detail. Hal ini bertujuan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai arah dari penelitian yang ada dalam makalah tersebut.

4. Pendahuluan

Pendahuluan adalah pembahasan dari awal topik penelitian dalam makalah, disusun oleh dan dari sudut pandang penulis.

5. Latar Belakang

Latar belakang menjelaskan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta di analisa dalam makalah.

6. Rumusan Masalah

Rumusan masalah berisi pokok masalah yang ditemukan. Rumusan masalah biasanya singkat dan padat, berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang diteliti.

7. Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan berisi manfaat penelitian yang akan dilakukan.

8. Isi

Isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan.

9. Kesimpulan

Kesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

10. Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan.

11. Penutup

Penutup berisi harapan penulis kepada pembaca. Penulis dapat memberikan kesan dan pesan serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung penulis atas kontribusi nya untuk menyelesaikan makalah penelitian.

12. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi yang dicantumkan atau yang digunakan dalam penyusunan makalah. Referensi tersebut bisa berasal dari jurnal, maupun buku.

 

3 dari 6 halaman

Struktur kata pengantar

Pembuka

Contoh kata pengantar makalah yang baik adalah adanya paragraf pembuka yang singkat dan jelas. Pembuka biasanya terdapat pada paragraf pertama dan kedua. Pada paragraf pembuka ini berisi ucapan syukur penulis atas selesainya karya tulis.

Setelah ucapan syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang yang terlibat dan membantu dalam proses penulisa karya tulis. Urutan dari penulisan pihak-pihak yang terlibat ini biasanya diurutkan sesuai seberapa besar pihak tersebut terlibat pada penulisan.

Isi

Isi kata pengantar merupakan penjelasan singkat mengenai isi makalah yang kamu tulis. Biasanya dimulai dengan menyebutkan judul, lalu alasan penulisan, setelah itu berisi penjelasan mengenai isi atau pembahasan dari tugas akhir tersebut.

Penutup

Elemen penting dalam kata pengantar yang terakhir adalah penutup. Bagian penutup berisi harapan penulis atas manfaat dari karya tulis yang dibuat. Harapan ini bisa berisi tentang pandanganmu kedepan mengenai manfaat dari karya tulis yang kamu buat. Selain itu bagian penutup juga berisi permohonan maaf kepada pembaca jika pada nantinya pembaca menemukan kesalahan atau kekeliruan yang dibuat oleh penulis.

4 dari 6 halaman

Contoh kata pengantar makalah I

                                                                                    KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga penulis diberi untuk menyelesaikan makalah tentang “Pendidikan Kewarganegaraan bagi Masyarakat”. Makalah ini ditulis untuk memenuhi syarat nilai mata kuliah pendidikan kewarganegaraan.

Tak lupa penulis juga mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu penulisi selama proses penyelesaian tugas akhir ini hingga selesainya makalah ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada :

1. Ibu Dyah Fadhillah S.E., M.M. selaku dosen pembimbing atas bimbingan dan tugas yang diberikan.

2. Bapak Eko Purnomo selaku narasumber dari penulisan tugas akhir penulis.

Pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat. Pendidikan kewarganegaraan memiliki peran yang signifikan dalam membangun masyarakat yang cinta tanah air. Makalah iniberisi paparan peran secara keseluruhan pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna serta kesalahan yang penulis yakini diluar batas kemampuan penulis. Maka dari itu penulis dengan senang hati menerima kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Yogyakarta, 15 Februari 2021

 

Penulis

5 dari 6 halaman

Contoh kata pengantar makalah II

                                                                               Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Pengaruh Gula Terhadap Stamina Tubuh”.

Tujuan penulisan ini untuk memenuhi tugas dari Ibu Karya tulis ini diharapkan dapat menjadi penambah wawasan bagi pembaca serta bagi penulis sendiri.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dra. Suratin, pada kuliah Ilmu Gizi. yang sudah mempercayakan tugas ini kepada penulis, sehingga sangat membantu penulis untuk memperdalam pengetahuan pada bidang studi yang sedang ditekuni.

Terima kasih juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah berbagi pengetahuannya kepada penulis, sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Tidak ada gading yang tak retak, penulis menyadari jika makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran demi kesempurnaan dari makalah ini.

 

Yogyakarta, 19 April 2018

 

 

Penulis

6 dari 6 halaman

Contoh kata pengantar makalah III

                                                                                          Kata Pengantar

Rasa syukur senantiasa kita ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman serta kesehatan, sehingga penulis diberi waktu dalam menyelesaikan karya tulis dengan judul “Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kinerja”.

Tidak lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih yang kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan karya tulis ini. Ucapan terima kasih ini penulis sampaikan kepada:

 

1. Bapak Drs. Achmad Zuliani M.B.A., Ph.D. selaku dosen yang mempercayakan penulisan topik karya tulis tersebut.

2. Bapak Suriyatno Handoko B.Eng selaku narasumber pada karya tulis tersebut.

3. Tidak lupa, kedua orang tua yang telah memberikan dukungan serta doa yang tidak henti-hentinya kepada penulis untuk menyelesaikan karya tulis ini.

4. Rekan kerja yang membantu terlaksananya penelitian dari karya tulis ini.

 

Adapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Dan pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang berpengaruh terhadap kinerja dari karyawan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna dan juga masih banyak kesalahan yang penulis yakini ada di luar batas kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima kritik serta saran dari para pembaca.

 

Jakarta, 8 Agustus 2017

 

Penulis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini