Sukses

8 Warna Ini Dapat Menurunkan Stres, Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Ada beragam warna yang dapat menurunkan stres dan cocok digunakan untuk warna interior rumah.

Liputan6.com, Jakarta Warna yang dapat menurunkan stres ternyata sangat beragam dan bisa kamu jumpai di sekitar. Kamu mungkin bisa melakukan aplikasi warna yang dapat menurunkan stres tersebut baik pada ruangan kerja, ruang keluarga, atau ruang tidur. Sebab dengan mengaplikasikan warna yang dapat menurunkan stres akan berdampak pada kondisi kesehatan yang semakin meningkat. 

Sebenarnya, warna sendiri sudah cukup umum digunakan sebagai terapi dalam mengatasi masalah kesehatan, karena banyak penelitian yang menyebutkan apabila sebuah warna akan sangat efektif dalam manajemen stres. Warna tersebut seperti warna biru, warna abu-abu, warna hijau, warna merah muda, warna ungu, warna putih, warna cokelat, dan warna kuning.

Ketika kondisi tubuh sedang dalam kedaan stres, maka akan berpengaruh buruk terhadap kondisi kesehatan. Bahkan stres tersebut juga akan berdampak pada produktivitas kerja seseorang. Itulah mengapa menjadi sangat penting untuk menggunakan warna yang dapat menurunkan stres pada dinding ruang kerja atau gedung-gedung perkantoran.

Dan, ketika kembali ke rumah setelah seharian bekerja, tentu tubuh dan pikiran akan terasa kelelahan. Ketika kamu mengaplikasikan warna yang dapat menurunkan stres, maka secara tidak langsung akan turut dalam membantu tubuh untuk lebih cepat rileks dan membantu untuk terlelap dalam tidur lebih cepat, sehingga dirimu akan lebih siap untuk mendapat energi di keesokan harinya.

Mungkin kamu cukup pensaran dengan berbagai macam warna yang dapat menurunkan stres tersebut. Maka dari itu, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai warna yang dapat menurunkan stres tersebut dari berbagai sumber, Senin (22/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Warna Putih dan Biru

1. Putih

Warna yang dapat menurunkan stres ini mungkin sangat umum diaplikasikan oleh bangunan rumah di Indonesia. Warna putih sendiri sebenarnya merupakan sebuah lambang dari kejelasan dan kesegaran. Menurut penelitian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember menyebutkan jika warna-warna yang dikategorikan dapat menstimulus rasa tenang, rileks dan nyaman adalah ruang dengan dominasi warna warna sejuk atau dingin yang dikombinasi dengan warna putih dimana memiliki kesan bersih dan tenang.

Ketika kamu melihat warna putih di sekitarmu, maka akan membantumju dalam menurunkan stres dan dapat menjernihkan pikiran yang sedang kusut.

Warna putih yang digunakan sebisa mungkin merupakan warna putih yang cerah dan tidak kusam. Sebab, warna putih kusam justru dikhawatirkan membuat mood menjadi ikut kusam atau murung.

2. Biru

Menurut penelitian dari Marysa dan Anggraita, pada penelitiannya mengenai Studi Pengaruh Warna pada Interior Terhadap Psikologis Penggunanya, yang dipublikasikan oleh Jurnal Desain Interior, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, warna biru dan turunannya melambangkan konotasi natural sehingga berkesan damai, tenang, segar, kemurnian, dan positive feelings.

Itulah mengapa, warna biru ini sangat efektif jika digunakan untuk mengelola stres akibat kegiatan sehari-hari. Warna biru ini sangat baik dalam menenangkan pikiran, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, serta sangat baik dalam mengurangi kecemasan.

Dengan melihat warna biru, maka juga akan memberi dampak pendinginan. Warna biru ini bisa Anda gunakan pada kamar tidur, ruang keluarga atau juga pada barang-barang yang digunakan sehari-hari.

3 dari 5 halaman

Warna Ungu dan Hijau

3. Ungu

Menurut timesofindia.indiatimes.com warna ungu merupakan warna yang menandakan kekuatan, kedamaian, dan kebijaksaan. Warna ini memberi dampak pada keseimbangan dan ketenangan batin. Selain itu, warna ungu juga dipercaya baik dalam pertumbuhan tulang, menjaga kalium, serta keseimbangan natrium tubuh. Anda bisa menggunakan warna ungu ini untuk ruangan meditasi Anda. Atau bisa juga sebagai warna dari ruang tidur Anda agar lebih nyaman dan memberi rasa damai.

4. Hijau

Selanjutnya, masih dari laman timesofindia.indiatimes.com menyatakan jika warna hijau menjadi sebuah warna yang sangat menenangkan dan menjadi sebuah lambang dari warna alam. Selain itu, warna ini akan memberikan kesan indah dan menghibur serta memunculkan perasaan harmonis.

Warna hijau juga sangat baik dalam meredakan kecemasan serta membuat dirimu selalu tenang dan merasa segar. Warna hijau yang cukup efektif dalam mengurangi stres tersebut adalah jenis hijau krem dan hijau pucat.

4 dari 5 halaman

Warna Merah Muda dan Abu-Abu

5. Merah Muda

Biasanya warna merah muda atau pink dikaitkan dengan sifat feminism. Memang, warna ini sangat memberi kesan yang lembut, menenangkan, dan menciptakan suasana bersahaja. Dengan mengaplikasikan warna merah muda pada dinding bagian dalam rumah, akan menyeimbangkan energi dan menimbulkan perasaan damai.

6. Abu-Abu

Seringkali, warna abu-abu dipandang sebagai warna yang membosankan, atau menyedihkan. Padahal, menurut timesofindia.indiatimes.com warna abu-abu merupakan warna penghilang stres yang secara psikologis dapat memberi dampak menenangkan serta mendinginkan pikiran yang sedang dalam kondisi tertekan. Kamu bisa mengaplikasikan warna abu-abu pada ruang kerja atau ruang tidur.

Agar dampaknya lebih maksimal, maka kamu bisa mengkombinasikan warna abu-abu dengan unsur warna biru atau putih agar sensasi santai yang ditimbulkan dapat lebih terasa.

5 dari 5 halaman

Warna Kuning dan Jingga

7. Kuning

Salah satu warna yang menurut timesofindia.indiatimes.com dapat menghilangkan stres adalah warna kuning. Warna ini ternyata akan memberikan dampak yang baik bagi semangat hidup. Selain itu, warna kuning akan membantu dirimu agar lebih kreatif. Dan jika kamu ingin semakin produktif, maka tidak ada salahnya jika kamu menggunakan ruang kerja dengan warna ini.

8. Cokelat

Selanjutnya ada warna cokelat yang menurut penelitian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, warna cokelat memberikan efek kehangatan, dukungan, dan ketenangan yang menjadi lambang dari keberuntungan. Dengan menggunakan warna cokelat pada dekorasi ruangan atau warna dinding rumah, maka sangat baik dalam memberi efek menenangkan yang akan berdampak pada penurunan stres.

Jadi, mana warna yang dapat menurunkan stres favoritmu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini