Sukses

7 Manfaat Stevia Sebagai Pengganti Gula Alami, Lebih Menyehatkan

Stevia dianggap sebagai alternatif sehat dari gula.

Liputan6.com, Jakarta Gula terkenal sebagai pemicu berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Efek ini membuat orang berbondong-bondong menjauhi konsumsi gula. Produk pemanis rendah kalori menjadi pilihan untuk masalah ini.

Ada berbagai macam produk pemanis yang dijual di pasaran. Salah satu bentuk pemanis alami yang sedang populer adala stevia. Stevia digunakan sebagai alternatif yang sehat untuk pemanis di banyak makanan dan minuman.

Stevia biasa dikonsumsi dalam produk pemanis yang dijual bebas. Stevia juga bisa didapat dengan menanam tanamannya dan menggunakan daunnya untuk mempermanis makanan dan minuman. Beberapa manfaat dikaitkan dengan penggunaan stevia sebagai pengganti gula.

Manfaat ini termasuk diet, diabetes, tekanan darah, dan masih banyak lagi. Berikut manfaat stevia sebagai pengganti gula yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Mengenal stevia

Stevia atau yang juga disebut Stevia rebaudiana adalah tanaman yang merupakan anggota keluarga krisan, subkelompok dari keluarga Asteraceae. Stevia adalah tanaman yang rasanya sangat manis yang telah digunakan untuk memaniskan minuman dan membuat teh sejak abad ke-16.

Tanaman stevia berasal dari Paraguay dan Brasil. Namun, kini tanaman ini telah tersebar ke seluruh dunia. Stevia digunakan sebagai pemanis non-nutrisi dan suplemen herbal.

Pemanis non-gizi adalah yang mengandung sedikit atau tidak ada kalori. Stevia juga dikenal tidak mengandung aditif buatan sebagai pemanis buatan.

Komponen rasa manis dalam pemanis stevia terbentuk secara alami. Karakteristik ini dapat bermanfaat bagi orang yang lebih suka makanan dan minuman yang bersumber dari alam. Jumlah kalori rendah memenuhi syarat Stevia menjadi alternatif yang sehat untuk kontrol diabetes atau penurunan berat badan.

3 dari 9 halaman

Aman untuk diabetes

Stevia tidak meningkatkan kadar gula darah saat dicerna. Ini berarti pemanis ini aman digunakan oleh penderita diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa pemanis stevia tidak berkontribusi terhadap kalori atau karbohidrat dalam makanan.

Stevia juga tidak berpengaruh pada glukosa darah atau respon insulin. Sebuah studi menunjukkan efek minimal stevia terhadap glukosa darah, kadar insulin, tekanan darah, dan berat badan.

Dalam salah satu studi ini, subjek dengan diabetes tipe 2 melaporkan bahwa stevia memicu penurunan signifikan dalam glukosa darah dan respon glukagon setelah makan. Efek ini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

4 dari 9 halaman

Kontrol berat badan

Stevia mengandung kalori yang sangat kecil. Stevia bisa menjadi bagian dari diet seimbang untuk membantu mengurangi asupan energi tanpa mengorbankan rasa.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2018 oleh Journal of Medicinal Plants Studies, menggunakan stevia sebagai pengganti gula membantu mencegah obesitas dan kondisi terkait obesitas seperti kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Stevia juga membantu meningkatkan rasa kenyang setelah makan, meskipun asupan kalori lebih rendah. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menemukan bahwa orang yang menggunakan Stevia tidak merasa lebih lapar atau memiliki lebih banyak keinginan terhadap gula daripada orang yang mengonsumsi gula biasa.

5 dari 9 halaman

Turunkan kolesterol

Dilansir dari Livestrong, menurut sebuah penelitian tahun 2009, bubuk daun stevia dapat membantu mengelola kolesterol. Peserta studi mengonsumsi 400 mililiter ekstrak stevia setiap hari selama satu bulan.

Studi ini menemukan stevia menurunkan kolesterol LDL (buruk) kolesterol, dan trigliserida tanpa efek samping negatif. Stevia juga juga meningkatkan kolesterol HDL (baik).

6 dari 9 halaman

Cegah kanker pankreas

Stevia mengandung banyak sterol dan senyawa antioksidan, termasuk kaempferol. Studi telah menemukan bahwa kaempferol dapat mengurangi risiko kanker pankreas hingga 23 persen.

Stevia tidak menumpuk di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa stevia memiliki efek terapeutik terhadap penderita kanker, cystic fibrosis, diabetes, hipertensi, peradangan, hingga kerusakan gigi.

7 dari 9 halaman

Stabilkan tekanan darah

Glikosida tertentu dalam ekstrak stevia telah diteliti dapat melebarkan pembuluh darah. Stevia juga dapat meningkatkan ekskresi natrium dan keluaran urin. Sebuah studi tahun 2003 menunjukkan bahwa stevia berpotensi membantu menurunkan tekanan darah.

Studi ini menunjukkan bahwa tanaman stevia memiliki tindakan kardiotonik. Tindakan kardiotonik menormalkan tekanan darah dan mengatur detak jantung. Glikosida dalam stevia dapat mencegah diabetes, hipertensi, penyakit kardiovaskular, kanker, masalah ginjal dan penyakit usus.

8 dari 9 halaman

Aman untuk gigi

Gula dikenal dapat merusak gigi, mengganti gula dengan stevia bisa menjadi pilihan menarik. Daun stevia apat membantu kesehatan gusi dan gigi ketika dikunyah. Ini karena daun stevia memiliki sifat antiseptik yang dapat menghilangkan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Stevia membantu seseorang mengonsumsi lebih sedikit gula. Ini dapat meminimalkan risiko kerusakan gigi berlubang yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebih.

9 dari 9 halaman

Aman untuk anak

Makanan dan minuman yang mengandung stevia dapat memainkan peran penting dalam mengurangi kalori dari pemanis yang tidak diinginkan dalam makanan anak-anak. Kini ada banyak produk yang mengandung stevia alami.

Ini membuat anak bisa mengonsumsi makanan dan minuman manis tanpa tambahan kalori saat beralih ke diet rendah gula. Gula dan kalori berlebih pada anak dapat menyebabkan obesitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.