Sukses

Kiat Berhenti Merokok dalam 30 Hari

Berhenti merokok dapat dilakukan dalam 30 hari dengan cara berolahraga rutin, perbanyak minum air putih, dukungan keluarga dan terapi.

Setiap tahun tidak sedikit perokok berniat menghentikan kebiasaannya. Namun jarang yang berhasil. Dikutip Healthmeup, Rabu (18/12/2013) ketika seseorang mengambil keputusan untuk berhenti merokok, diri sendiri merupakan senjata ampuh yang dapat membantu niat ini.

Berikut ini langkah yang diharapkan dapat membantu mengatasi kebiasaan merokok dapat diterapkan dalam 30 hari, yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman



1. Dukungan dari Orang Terdekat

Dukungan dari orang terdekat membantu para pecandu nikotin untuk berhenti. Orang terdekat dapat dilibatkan secara aktif dalam langkah ini. Selain keinginan diri sendiri yang kuat, dengan ada dukungan dari orang terdekat dan tersayang membuat kemajuan yang lebih baik.

Orang-orang terdekat akan terus mengingatkan tujuan untuk berhenti, sehingga Anda selalu termotivasi untuk terus melakukan langkah menghentikan kebiasaan mengisap rokok. Emosi terkadang muncul ketika rasa ingin merokok itu datang, namun orang terdekat membantu meredakan emosi negatif tersebut.
3 dari 9 halaman


2. Berolahraga

Memulai untuk memprogram latihan fisik seperti jalan-jalan atau ngegym secara rutin. Hal ini merupakan cara untuk mengurangi hasrat atau keinginan mengisap rokok. Olahraga membantu mengurangi stres akibat pikiran yang terlalu keras untuk berhenti merokok.
4 dari 9 halaman


3. Teknik Pernapasan

Keberhasilan untuk berhenti merokok semuanya tergantung dari diri sendiri. Saat niat sudah dijalankan, diperlukan sebuah tekad yang dapat mengontrol keinginan untuk menghisap nikotin. Teknik pernapasan dapat membantu menenangkan pikiran dan mengatasi kondisi stres.
5 dari 9 halaman


4. Perbanyak Minum Air

Dengan memperbanyak minum air putih membantu memnyiram atau membilas nikotin dan bahan kimia lainnya yang ad pada tubuh. Minum air putih adalah satu keharusan bagi setiap perokok.
6 dari 9 halaman



5. Terapi Nikotin

Banyak dokter menyarankan para perokok yang ingin berhenti melakukan terapi untuk membantu perbaikan dan menghilangkan secara bertahap nikotin yang ada pada tubuh. Terapi ini bertujuan untuk mengatasi efek berbahaya dari kebiasaan merokok. Dengan terapi ini diharapkan dapat mengurangi dan menjauhkan keinginan untuk merokok. Untuk menjalani terapi ini dianjurkan memilih dokter yang berkompeten di bidang ini.
7 dari 9 halaman


6. Jauhkan Hal yang Mengingatkan Tentang Merokok

Selain melakukan langkah-langkah untuk berhenti merokok seperti berolahraga dan terapi. Salah satu upaya lain yaitu dengan menjauhkan barang-barang yang mengingatkan pada kebiasaan merokok seperti asbak, korek api dan bungkus rokok. Barang-barang tersebut dapat memicu keinginan untuk kembali merokok.
8 dari 9 halaman


7. Buat Notes

Ketika berencana berhenti merokok, pastikan tujuannya yang benar-benar kuat misalnya untuk keluarga atau kesehatan sendiri. Dengan tujuan yang kuat tersebut dapat memotivasi diri untuk menjauhkan keinginan merokok. Tuliskan tujuan berhenti merokok itu di tempat-tempat yang sering Anda lihat. Dengan melihat tujuan berhenti merokok maka Anda akan terus diingatkan lewat tulisan tersebut.
9 dari 9 halaman


8. Yakin

Keyakinan pada diri sendiri menjadi hal paling pentin. Selama 30 hari langkah-langkah seperti perbanyak minum air putih, olahraga dan terapi menjadi percuma ketika tidak ada keyakinan pada diri sendiri. 

Ketika berada di lingkungan perokok, ingat saja tujuan Anda untuk berhenti merokok. Jangan sampai usaha Anda selama 30 hari itu gagal hanya karena tidak dapat mengontrol diri dari gangguan-gangguan teman yang merokok. Kunci keberhasilan ada di tangan Anda.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Ngebet Merokok Tapi Dilarang, Begini Cara Mengatasi!
Usai Berhenti Merokok, Apa yang Terjadi?
3 Cara Agar Orang Tidak Kembali Merokok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.