Sukses

Ersa Mayori: Mendidik Anak itu Cukup Dengan Mencontohkan

Ada banyak cara dilakukan para orangtua dalam mendidik anak. Menurut artis dan presenter Ersa Mayori mendidik anak cukup dengan mencontohkan

Ada banyak cara dilakukan para orangtua dalam mendidik anak, mulai dari pendidikan keras seperti terlalu protektif ada juga yang santai. Menurut artis dan presenter Ersa Mayori mendidik anak cukup dengan mencontohkan.

"Anak itu kan meneladani orangtua, mereka lebih banyak bersama keluarga kan apalagi di usia 5 tahunan. Di situ kita mendidik bukan dengan aturan keras ini tidak boleh ini itu tetapi cukup dengan mencontohkan," kata wanita yang akrab dipanggil Ersa seperti ditulis Minggu (1/12/2013).

Menurt Ersa, dengan mencontohkan gaya hidup yang sehat maka anak akan terbiasa melakukannya sampai usia beranjak dewasa.

"Anak kan suka melihat kebiasaan orangtuanya, kalau kebiasaannya itu sehat dan anak mencontoh maka mereka akan menikmati kebiasaan itu tanpa paksaan dan itu berlangsung jangka panjang karena sudah terekam otak," kata Wanita yang gemar yoga ini.

Ersa menambahkan mendidik anak dengan cara keras justru akan membuat anak merasa tertekan dan terpaksa. Untuk hidup sehat Ersa membiasakan anak mengonsumsi buah dan sayur sejak usia anak masih kecil, selain itu selalu menyampatkan untuk berolahraga bersama.

"Semuanya itu dasarnya ya kebiasaan, kalau kebiasan baik ya itu juga baik. Membiasakan makan sayur dan buah di depan anak maka itu sekarang jadi kesukaan mereka. Selain itu juga kita suka bersepeda, yoga atau berenang," kata ibu dua orang anak ini.

Menurut Ersa gaya hidup sehat itu merupakan kebiasaan yang harus dijadikan kebiasaan permanen. "Jangan misalnya bulan ini sehat berapa bulan lagi tidak ya jangan, itu harus sifanya permanen. Dari awal menerapkan gaya hidup sehat ya itu harus terus dilakukan supaya jadi kebiasaan yang baik untuk anak," katanya.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.