Sukses

Orang Gemuk Badannya Lebih Fleksibel Saat Yoga

Orang yang memiliki berat badan berlebih ternyata badannya lebih fleksibel saat melakukan gerakan yoga.

Banyak masyarakat yang beranggapan hanya orang kurus yang bisa melakukan yoga, namun menurut pakar yoga Arif Sentosa hal ini tidak sepenuhnya benar.

"Siapa bilang orang gemuk tidak bisa lakukan gerakan yoga, itu bisa aja kok. Kalau ada yang berpikir nanti saja deh kalau kurus atau nanti deh kalau badan sudah fleksibel. Itu semua yang tidak benar, lakukan dan cobalah justru orang gemuk yang lebih fleksibel," kata Arif yang juga ikut andil mengisi kelas yoga di PermataBank Namaste Festival 2013, Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Menurut Arif untuk orang yang memiliki berat badan berlebih lakukan gerakan yoga yang sesuai dengan kemampuan tubuhnya.

"Gerakan yoga itu kan banyak yah jadi bisa dipilih yang sesuai kemampuan, biasanya guru atau pelatih akan memberikan latihan yang tidak mengandalkan tumpuan di salah satu anggota badan. Misalnya orang gemuk berdiri satu kaki, kaki itu akan menumpu dua kali berat badan jadi itu bahaya," ujarnya.

Menurut Arif, yoga akan sangat cocok untuk orang-orang gemuk karena dapat membakar kalori tanpa membuat mereka kehabisan tenaga. Gerakan-gerakan yoga dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan yang berefek ke cepatnya proses metabolisme tubuh.

Selain itu juga dapat melatih keelastisan otot tubuh. Ketika orang gemuk tidak pernah melakukan olahraga maka dapat mengurangi masa otot yang berefek pada kekakuan dan kepadatan otot.

Latihan yoga akan membantu melenturkan otot anda dan menambah masanya sehingga anda tak perlu lagi takut bergerak. (Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini