Sukses

Yoga Bukan Cuma Meditasi, Tapi Bantu Jernihkan Hati

Menurut pakar yoga, Pujiastuti Sindhu dalam melakukan yoga harus pakai hati.

Yoga bukan sekadar meditasi tanpa arti, tetapi latihan ini membantu untuk menjernihkan hati. Menurut pakar yoga, Pujiastuti Sindhu dalam kelas heart yoga for compasion di PermataBank Namaste Festival 2013 dalam melakukan yoga harus pakai hati.

"Dengan yoga seperti meditasi membuka pikiran dan menjernihkan emosi. Sebelum yoga pikiran dan hati seperti kolam yang tidak terlihat dasarnya, dengan yoga seperti melemparkan filter pada kolam tersebut sampai jernih dan mampu melihat dasarnya, untuk itu perlu pakai hati kalau yoga," kata Pujiastuti, Sabtu (30/11/2013).

Wanita yang akrab disapa Ujie ini mengatakan dengan hati maka seseorang dapat melakukan sesuatu dengan lancar dan mampu merespon positif masalah yang ada.

Ujie menambahkan yoga tidak hanya diperuntukkan untuk orangtua atau wanita kurus tetapi semua orang bisa melakukan yoga.

Gerakan yoga sangat banyak variasinya, mulai dari yang sederhana, hingga yang sangat rumit. "Dalam yoga terdapat 840.000 asana. Semua ini bisa dipilih anak-anak hingga manula bahkan perempuan hamil. Paling bagus yoga itu ada pendamping ahli," ujar wanita yang juga pimpinan Yoga Leaf di Bandung ini.

Ujie menambahkan untuk pemula, diperlukan seorang yogi atau guru yoga sebagai pemandu. Yogi akan memandu para pemula, memberi pengetahuan tentang gaya hidup sehat, serta mampu memberi bimbingan ketika bermeditasi. Manfaat berlatih yoga adalah meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin di dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh dan otak, serta membentuk postur tubuh yang lebih tegap.

"Selain itu yoga juga membuat otot lebih lentur dan kuat, meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernapas, dan membuang racun dari dalam tubuh.Yoga juga memperlambat penuaan, memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang punggung, mengurangi ketegangan tubuh, pikiran dan mental, serta lebih kuat saat menghadapi stres," kata Ujie.

Di Namaste festival Uji mengisi kelas yoga tiga hari berturut-turut yaitu 29, 30 November dan 1 Desember 2013.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini