Sukses

Remas Lengan Anak, Teknik Pijat Sehat Bayi

Kali ini kami akan membahas tahapan pijat sehat pada lengan yang dianjurkan oleh praktisi neurosains terapan, Anne Gracia.

Bunda sudah mencoba pijat sehat wajah dan dada pada bayi? Kali ini kami akan membahas tahapan pijat sehat pada lengan yang dianjurkan oleh praktisi neurosains terapan, Anne Gracia.

Anne mengatakan, stimulus pada lengan juga tak kalah penting. Pijatan lengan ini berguna saat anak mulai menggengam, aktif mengangkat benda-benda berat dan ketika ia mulai belajar menulis dan mengetik.

"Pijatan di telapak tangan misalnya ini bermanfaat untuk menghilangkan refleks spontan bayi menggenggam saat tersentuh jarinya. Refleks ini harus hilang sebelum usia satu tahun, agar anak luwes saat menggenggam dengan telapak tangan dan memegang dengan ujung jari. Refleks yang tertinggal akan menyulitkan anak saat menulis," kata Anne dan ditulis Selasa (26/11/2013).

Anne juga menyampaikan bahwa pemijatan lengan ini berupa remasan yang bermanfaat bagi kelenturan otot bahu dan tengkuk anak.

Penasaran bagaimana teknik pijatannya? tapi sebelumnya jangan lupa ya, untuk setiap gerakannya lebih baik diulangi sebanyak 3 - 6 kali.

1. Dimulai dari bahu remas lembut ke lengan atas, lakukan gerakan memutar seperti meremas agar lengan berputar sedikit pada poros sendi bahu.

2. Turun meremas ke lengan bagian bawah

3. Pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang lengannya dengan tangan yang lain.

4. Pijat turun naik mulai dari ujung bahu sampai ke pangkal lengan.

5. Lakukan putaran remasan lembut di pergelangan tangan.

6. Pijat telapak tangannya terutama di bawah pangkal jari dan tekan, lalu tarik setiap jari. Ulangi pada lengan yang lain.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini