Sukses

Mpok Atiek, 16 Kali Angkat Silikon

Untuk menjadi cantik, Mpok Atiek rela melakukan suntik silikon atas ajakan temannya. Selama 23 tahun wanita yang berprofesi sebagai pelawak ini hidup dengan silikon yang tertanam pada wajahnya.

Hal yang dilakukannya membuat wanita kelahiran Cirebon, 28 Februari 1956 ini harus melakukan 16 kali operasi pengangkatan silikon yang ada pada wajahnya.

"Setelah berkonsultasi dengan dokter bedah, dikatakan ini harus diangkat, karena berbahaya enggak berani sebenarnya tapi itu harus. Pas 15 tahun pemakaian sebenarnya sudah merasa aneh, dan ini sudah 16 kali operasi karena sudah bengkak dan merah," katanya.

Mpok Atiek menjalani proses operasi di dagu, bibir, kelopak mata dan hidung, menurutnya proses operasi tidak berlangsung lama. "Operasinya sebentar banget oleh dokter bedah, enggak lama pokoknya enggak sampai tiga jam. Sudah 16 kali operasi, habis di dagu beberapa bulan silikon masih bertahan gede lagi potong lagi, dagu sendiri empat kali operasi buang silikon, bibir tiga kali, tiga kali hidung kemudian kelopak mata," kata artis yang terkenal dengan latahnya ini.

Menurut Ahli Bedah Plastik dari Ultimo Clinic Aestetic & Dental Center, dr. Enrina Diah SpBP walaupun telah dilakukan operasi pengangkatan berkali-kali, silikon tersebut ada yang sudah menyatu dengan jaringan. "Itu tidak akan hilang semuanya karena ada yang sudah menyatu, untuk itu silikon cair tidak dianjurkan untuk bedah plastik," katanya saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (19/11/2013).

Operasi pengangkatan tersebut membuat Mpok Atiek harus menghindari makanan yang amis. "Sebenarnya tidak ada pantangan yang berarti, yang penting jangan yang amis-amis karena jahitannya takut gatal," ujarnya.

Mpok Atiek mengaku menyesal tidak berkonsultasi kepada dokter bedah sebelum penyuntikan silikon. "Salahnya saat itu udah langsung suntik saja, tidak tanya dokter bedah dulu," katanya.

Untuk menghindari masalah yang akan terjadi, dr. Enrina menyarankan bila ingin melakukan operasi plastik tidak menggunakan silikon cair dan ditangani oleh dokter bedah plastik.

"Silikon cair tidak dianjurkan untuk bedah plastik, kalau payudara biasanya implan silikon gel dan kalau hidung pakai silikon padat atau filler itu aman. Dan bukan di sembarang tepat tetapi di dokter bedah plastik," ucap dr. Enrina.

(Mia/Abd)