Sukses

Menkes dan Jokowi Ajak 1100 Anak Cuci Tangan Pakai Sabun

Kebiasaan yang sebenarnya sederhana seperti mencuci tangan pakai sabun kerap disepelekan padahal berdampak besar pada kesehatan.

Kesadaran akan pentingya perilaku higienis dan sanitasi di Indonesia masih relatif sangat rendah. Kebiasaan yang sebenarnya sederhana seperti mencuci tangan pakai sabun kerap disepelekan padahal berdampak besar pada kesehatan.

Untuk itu Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengajak 1100 anak Indonesia membiasakan mencuci tangan dengan sabun di Area Plaza Barat Senayan, Jakarta, Minggu (20/9/2013).

"Sebenarnya ini sederhana namun sering dilupakan padahal berdampak besar pada kesehatan untuk mencegah kumas masuk ke dalam tubuh," ungkap Menkes.

Jokowi juga mengingatkann anak-anak  perlu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah beraktifitas.

"Biasakan cuci tangannya pakai sabun dan air mengalir agar terhindar dari sumber penyakit," tutur Jokowi. Acara ini sebagai bentuk peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) yang ke 6.

HCPTS bertujuan untuk menciptaka kebiasaan hidup sehat di kalangan masyarakat Indonesia akan pentingnya cuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-hari.

"Semoga ada perubahan perilaku dari masyarakat dengan membiasaka mencuci tangan sebelum makan, setelah buang air, setelah memegang hewan dan saat menyajikan makananpada anak," ungkap Menkes. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.