Sukses

Labu Bagus Buat Diet, Hebat untuk Anti HIV

Buah labu seringkali dijadikan santapan menyehatkan penduduk asli Amerika. Maka itu, orang Amerika percaya labu termasuk buah yang lezat dan aman dikonsumsi sekalipun sedang diet.

Masih kurang yakin dengan manfaat labu bagi kesehatan? seperti dilansir Care2, Sabtu (12/10/2013) coba cek kesembilan manfaat labu berikut.

1. Sumber karbohidrat kompleks

Labu merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat membantu memberikan energi bagi tubuh.

2. Kaya serat

ILabu memiliki banyak serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Perlu diketahui, satu cangkir labu memiliki tiga gram serat.

3. Diet efektif

Kandungan serat tinggi juga dapat membantu penurunan berat badan.

4. Memiliki beta karoten yang tinggi

Warna oranye yang brilian menunjukkan kandungan beta karoten yang tinggi. Beta karoten adalah prekursor (bentuk tidak aktif) vitamin A. Artinya, selain baik untuk mata, labu juga baik untuk menjaga sistem imun tubuh.

5. Dapat menyamarkan bekas luka

Labu dapat membantu penyembuhan kulit seperti melindungi kerusakan akibat sinar matahari dan bahkan dapat membantu menyamarkan bekas luka.

6. Mengurangi risiko kanker

Beta karoten pada labu dapat mengurangi risiko kanker. Diet tinggi beta karoten telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, leher rahim (serviks) dan kanker kulit.

7. Tetap fit

Labu dapat membantu keseimbangan elektrolit setelah latihan. Ini karena labu berisi lebih banyak kalium dibandingkan pisang (perbandingannya, 564 miligram potasium pada labu dan 422 miligram pada pisang).

8. Menangkal flu

Labu dapat membantu menangkal pilek dan flu. Labu masak mengandung 11 miligram vitamin C.

9. Anti HIV

Beta karoten dalam labu ternyata juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Dalam penelitian yang dilakukan pada orang yang menderita HIV, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi rutin labu, mengalami penurunan risiko infeksi HIV.

(Fit/Igw)
  • HIV atau Human Immunodeficiency Virus menyerang sistem kekebalan tubuh, yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi.
    HIV
  • Diet
  • Labu