Sukses

Vaksin Cacar yang Sempat Hilang, Kini Muncul Lagi

Vaksin Varicella yang beberapa waktu lalu dikabarkan mengalami kekosongan selama 4 bulan secara Nasional, kini sudah sudah kembali lagi.

Vaksin Varicella yang beberapa waktu lalu dikabarkan mengalami kekosongan selama 4 bulan secara Nasional, kini sudah sudah kembali lagi.

Kabar gembira ini tim Health Liputan6.com dapatkan, dari kicauan akun @RumahVaksinasi, yang diketahui milik Rumah Vaksinasi Pusat.

"Tweeps, kabar gembira, alhamdulillah vaksin variecella sdh ada di @rumahvaksinasi pusat kr jati dan cabang2nya yaa. Cc @dr_piprim," tulis pemilik akun.

Sewaktu tim kami coba mengonfirmasi langsung kepada Dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA (K), Konsultan Jantung Anak Hermina Bekasi dan Rumah Vaksinasi, membenarkan bahwa vaksin yang dapat mencegah anak-anak dari cacar itu memang sudah ada lagi.

"Benar sudah ada, tapi jumlahnya belum banyak. Yang jelas di Rumah Vaksinasi sendiri jumlahnya sekitar 50-an. Nanti itu akan didistribusikan," kata Dr. Piprim Basarah, saat diwawancarai tim Health Liputan6.com, Jakarta, Selasa (1/10/2013)

Karena sempat menghilang selama beberapa bulan, Dr Piprim menyarankan kepada seluruh orangtua untuk segera membawa anaknya untuk divaksin. Pasalnya, vaksin varicella sendiri belum tentu bulan depan ada, bisa saja vaksin ini hanya ada di bulan ini.

"Bawa saja ke Rumah Vaksinasi. Tapi harus buruan, soalnya bulan depan belum tentu ada. Harganya sendiri, Rp. 400 ribu," ungkapnya.

Vaksin Varicella sendiri berfungsi melindungi anak dari cacar air. Dan cacar air sendiri merupakan penyakit menakutkan bagi balita.

Campak merupakan infeksi yang terjadi di masa kanak-kanak, disebabkan oleh virus Varicella. Tapi sekarang, campak dapat dicegah dengan vaksin. Tanda dan gejala campak termasuk batuk, pilek, radang mata, sakit tenggorokan, demam dan merah, ruam kulit berjerawat.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini